Beranda > Gaya Hidup > Ternyata, Ini 5 Manfaat Detoks Media Sosial, Kamu Harus Coba!

Ternyata, Ini 5 Manfaat Detoks Media Sosial, Kamu Harus Coba!

Ternyata, Ini 5 Manfaat Detoks Media Sosial, Kamu Harus Coba!watermark

TUNAIKU.COM – Coba perhatikan, berapa banyak waktu yang kamu habiskan untuk scrolling linimasa media sosial dalam sehari? Mantengin media sosial memang mengasyikkan. Lewat layar ponsel, kamu bisa dengan mudah terhubung dengan orang lain, menuliskan gagasan-gagasan, serta mengetahui kabar-kabar terkini.

 

Tapi, media sosial juga punya sejumlah sisi negatif yang nggak boleh diabaikan, lho. Mulai dari bikin produktivitasmu menurun, membuatmu kurang bergaul dengan sekitar, sampai racun-racun cyber-bullying dan hoaks. Hal ini jelas dapat mempengaruhi kesehatan mental dan fisik, antara lain seperti stres, gangguan tidur, hingga kecanduan.

 

Makanya, sesekali kamu mesti detoks dari media sosial. Coba deh habiskan sehari tanpa menyentuh media sosial sama sekali. Ini dia manfaat dari detoks media sosial yang bakal kamu rasakan.

 

1. Bikin kamu lebih percaya diri

Menurut penelitian, kebanyakan orang yang terlalu sering memantau media sosial pasti akan membandingkan dirinya dengan kehidupan orang lain yang biasa mereka lihat. Padahal, orang-orang yang kamu lihat cenderung cuma memamerkan sisi baik mereka. Semua disaring sedemikian rupa untuk memposisikan citranya di mata orang lain.

 

Kamu nggak perlu membandingkan dirimu dengan orang lain, karena setiap orang punya jalan hidup dan rezeki masing-masing. Apa yang temanmu tampilkan di medsos belum tentu semuanya nyata, bisa saja itu hanya pencitraan.

 

Dengan menutup medsos sementara waktu, kamu akan lebih percaya diri, kamu bisa mensyukuri karunia Tuhan. Kamu pun punya kesempatan untuk melihat orang lain secara langsung di kehidupan nyata.

 

Artikel terkait: Menjaga kesehatan mental.

  1. 10 Cara Menjaga Kesehatan Mental, Bantu Lawan Depresi dan Stres
  2. Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental di Lingkungan Kantor
  3. Agar Gangguan Mental Nggak Berdampak pada Kehidupanmu, Ini Cara Murah untuk Menanganinya!

 

2. Membuat mood-mu lebih baik

Di media sosial, orang bisa dengan bebas memuntahkan isi kepalanya. Jadi nggak heran kalau kamu dapat dengan mudah menjumpai status atau komentar yang bikin emosi dan memicu debat kusir, terlebih kalau lagi ngomongin agama dan politik. Semua itu menghasilkan bad vibes bagi suasana hatimu.

 

Nah, lewat social media detox, kamu bakal terbebas dari hal-hal semacam itu. Dijamin mood-mu bakal lebih baik dan kamu bisa memandang dunia lebih positif, deh!

 

3. Menikmati momen bersama orang terdekat

Lama nggak ketemu teman lama, bukannya asik ngobrol tapi malah asyik cari angle foto terbaik. Ditambah cari pose lucu untuk Boomerang di Instagram Stories. Secara nggak sadar, kalian terlalu sibuk dengan media sosial sampai lupa bahwa tujuan pertemuan kalian adalah temu kangen, bukan foto-foto buat medsos.

 

Dengan menahan diri dari media sosial, kamu punya lebih banyak waktu untuk ngobrol dengan orang-orang di sekitarmu. Cobalah untuk meletakkan ponsel ketika bersama sahabat, hargai dia yang menyempatkan waktu untuk bertemu denganmu. Apalah artinya eksis di medsos kalau di kehidupan nyata, kamu nggak punya teman dekat?

 

4. Lebih Produktif

Mungkin hanya 5 sampai 10 menit kamu buka media sosial. Tapi, berapa kali dalam sehari kamu membukanya? Kalau dikalkulasi, rata-rata orang menghabiskan 2 sampai 3 jam untuk berselancar di dunia maya.

 

Waktu yang ada seharusnya bisa kamu manfaatkan untuk membaca buku, belajar memasak, atau melakukan pekerjaan sampingan. Nah, cobalah untuk menutup medsos dan menggunakan waktumu untuk hal-hal yang lebih produktif. Siapa tahu, kamu bisa mendapatkan uang tambahan.

 

Artikel terkait: Bijak menggunakan medsos.

  1. Waspada, Ini 5 Modus Penipuan Lewat Media Sosial yang Kerap Nggak Kamu Sadari!
  2. Hati-Hati, Posting Hal Berikut di Media Sosial Bisa Membahayakan Kariermu
  3. Hati-hati! Ini 5 Kebiasaan di Media Sosial yang Bisa Bikin Hubungan Suami Istri Hancur

 

5. Bikin mentalmu lebih sehat

Depresi dan anxiety adalah beberapa penyakit mental yang timbul akibat kecanduan media sosial. Gejalanya yaitu sering gelisah, tidak fokus, hilang semangat dan percaya diri, serta malas beraktivitas. Penyakit mental tersebut seringkali diabaikan, padahal jika dibiarkan terus menerus bisa berbahaya bagi kejiwaanmu, lho.

 

Kalau kamu sudah mulai mengalami gejala yang saya sebutkan di atas, mendingan segera lakukan detoks media sosial dengan menghapus medsos selama seminggu atau sebulan. Walapun kelihatannya berat, puasa medsos membantu menyehatkan mentalmu.

 

Nah, detoks media sosial ternyata punya banyak manfaat, kan? Coba lakukan selama beberapa hari. Setelahnya, usahakan untuk menjadwal interaksi kamu di medsos, misalnya sehari sekali. Pastinya kamu bakal lebih sehat dan produktif!

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

KTA, tunaiku, pinjaman tunai, pinjaman online, pinjaman mudah dna cepat, pinjaman tanpa agunan, pinjaman tanpa jaminan, amar bank indonesia, kredit mudah dan tanpa agunan, kredit tanpa jaminan, lokasi prewedding di jakarta, lokasi prewedding instagramable, lokasi prewedding gratis di jakarta

 

 

 

 


PAULUS RISANG

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett