SWARA – Setiap harinya, kita disibukkan dengan berbagai aktivitas. Baik itu kuliah maupun pekerjaan, keduanya sama-sama menguras waktu. Sampai-sampai, kamu jadi lupa untuk berolahraga. Padahal, olahraga itu penting banget untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Lagipula, kesehatan adalah modal utama untuk menjemput rezeki, β€˜kan?

 

Meski hampir nggak ada waktu untuk berolahraga, kamu sebaiknya menyempatkan barang sejenak, lho. Nggak perlu olahraga yang berat dan eksklusif atau menjadi member di pusat kebugaran dengan harga mahal. Kamu bisa melakukan olahraga ringan berikut ini, kok.

 

1. Jogging

Jogging nggak perlu biaya dan waktu yang banyak. Cukup lakukan dilakukan selama 30 menit setiap hari untuk membuat tubuhmu terasa lebih bugar. Jalurnya pun bisa kamu tentukan sendiri, lho. Kalau tempat kerjamu dekat dengan tempat tinggal, kamu bisa memanfaatkan jarak tersebut untuk jogging sampai ke kantor. Saat jogging, pastikan perut kamu nggak penuh makanan. Namun, jangan dibiarkan kosong juga, ya.

 

Artikel terkait: Tips berolahraga

  1. Menurut Ahli, Ini Durasi Olahraga Kardio yang Tepat untuk Tubuh
  2. Kurang Suka Berlari? Olahraga Ini Bisa Jadi Alternatifnya
  3. Lakukan 10 Gerakan Olahraga Ringan Ini di Pagi Hari Agar Semangat Sepanjang Hari

 

2. Bersepeda

Nggak berbeda dengan jogging, bersepeda juga menjadi olahraga yang sederhana dan relatif terjangkau, kecuali kamu harus membeli sepedanya terlebih dulu yang harganya variatif mulai dari yang murah sampai yang mahal. Kalau jaraknya memungkinkan, sepeda juga bisa menjadi pengganti transportasimu ke kantor.

 

Di akhir pekan, nggak sedikit orang yang memanfaatkannya untuk bersepeda. Jadi kamu bisa sekalian cari teman berolahraga, deh. Selain memperkuat napas dan kaki, olahraga ini juga punya impact yang lebih rendah dari jogging, jadi lebih aman buat kamu yang memiliki masalah pada persendian.

 

3. Naik turun tangga

Tinggal di apartemen atau berkantor di tower? Kamu bisa melakukan olahraga sederhana ini setiap hari sambil lalu, yaitu naik turun tangga. Kebanyakan orang akan lebih memilih lift karena alasan kecepatan dan mobilitas. Kalau untuk urusan kerjaan, okelah. Namun, bila kamu memiliki waktu yang cukup luang, ada baiknya kamu berjalan lewat tangga. Setidaknya untuk 4β€”5 lantai saja. Hindari juga untuk naik satu lantai dengan menggunakan lift. Dengan begitu, fisikmu akan lebih terlatih dan nggak gampang capek.

 

4. Lompat tali

Olahraga lompat tali nggak butuh ruangan luas. Kamu bisa melakukannya di mana saja, termasuk dalam kamar. Alatnya pun murah dan mudah didapatkan. Lompat tali juga praktis karena hanya butuh 10β€”30 menit dengan menghitung berapa kali kamu melakukan lompatan. Meski terkesan sepele, olahraga ini mampu melatih otot seluruh tubuh dan membakar kalori cukup banyak, lho!

 

Artikel terkait: Biar lebih semangat berolahraga

  1. 5 Spot Jogging di Surabaya yang Bikin Olahraga Makin Asyik dan Seru
  2. 7 Komunitas yang Bikin Olahraga Makin Semangat, Gabung dan Nikmati Keseruannya!
  3. Benarkah Millennials Lebih Banyak Menghabiskan Uang untuk Olahraga di Gym?

 

5. Yoga

Kamu bisa melakukan yoga di rumah atau di tempat lain ketika kamu tidak punya waktu banyak untuk berolahraga di luar. Yoga dipercaya mampu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, sekaligus melatih pernapasan. Meskipun terkesan ringan, siap-siap saja merasakan tubuh berkeringat!

 

Ketika kamu yoga, kamu tidah hanya mengolah tubuh. Kamu juga melakukan meditasi. Meditasi penting untuk menenangkan pikiran akibat stres yang dialami selama bekerja. Jadi, nggak cuma kebugaran fisik, kamu juga menjaga kesehatan mental.

 

Itulah contoh olahraga yang bisa kamu lakukan tanpa membuang waktu banyak. Walaupun disibukkan dengan banyaknya aktivitas, tetap jangan melupakan kesehatan, karena kesehatan itu mahal harganya.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


PAULUS RISANGPAULUS RISANG