Beranda > Gaya Hidup > Menurut Ahli, Ini Durasi Olahraga Kardio yang Tepat untuk Tubuh

Menurut Ahli, Ini Durasi Olahraga Kardio yang Tepat untuk Tubuh

DEWI AYU NURJANAHDewi Ayu Nurjanah
Menurut Ahli, Ini Durasi Olahraga Kardio yang Tepat untuk Tubuhwatermark

TUNAIKU.COM – Olahraga kardio memang punya segudang manfaat sehingga banyak sekali peminatnya. Saya pun termasuk penggemar berat olahraga kardio. Alasan utamanya adalah olahraga ini bikin saya merasa benar-benar berolahraga sampai serasa kehabisan napas.

 

Namun, nggak semua orang suka olahraga kardio, lho. Apalagi, kalau belum tahu berapa lama waktu ideal untuk olahraga kardio. Membayangkan saja saja sudah capek, apalagi kalau benar-benar dipraktikkan? Padahal, kalau dilakukan dengan benar, olahraga kardio banyak manfaatnya, lho.

 

Dikutip dari Elitedaily.com, ini dia pendapat para ahli tentang perlu dan nggaknya olahraga kardio dan berapa lama waktu ideal untuk melakukannya di bawah ini!

 

Artikel Terkait: Pelbagai Pilihan Olahraga

  1. 4 Olahraga Ringan Praktis yang Bikin Tubuh Lebih Fit, Yuk Cobain!
  2. Yuk Kenalan dengan Triathlon, Gabungan 3 Olahraga Sekaligus
  3. 5 Gerakan Olahraga Ringan Saat di Mobil, Cocok Dilakukan Saat Terjebak Macet

 

1. Jeff Monaco (Education Manager Gold’s Gym Fitness Academy)

Seorang education manager bernama Jeff Monaco membeberkan sisi positif dari olahraga kardio. Menurutnya, olahraga ini bisa digunakan sebagai langkah antisipasi penyakit diabetes dan serangan jantung, lho. Penjelasannya pun sangat masuk akal.

 

Saat kamu melakukan olahraga kardio, maka tubuh akan mengambil banyak oksigen. Oksigen ini pun akan melewati otot. Otot yang memiliki stok oksigen yang banyak mampu membakar lemak dengan baik. Sehingga, olahraga kardio ini dipercaya bisa menjaga kadar gula dalam tubuh. Orang yang mempunyai kadar gula yang seimbang bisa terhindar dari sakit diabetes.

 

2. Phil Timmons (Program Manager Blink Fitness)

Jika memimpikan kesehatan fisik dan mental, kamu harus memasukkan olahraga kardio dalam workout rutinmu. Menurut Phil Timmons, olahraga kardio adalah salah satu komponen penting agar tubuh tetap sehat dan fit.

 

Menurutnya, dengan olahraga kardio, bisa memberikan efek positif pada mood, pikiran dan metabolisme tubuh. Kok bisa, ya? Saat berolahraga, tubuh akan menghasilkan hormon endorfin yang membuat seseorang lebih bahagia.

 

Jika kamu bahagia, rasa stres pun hilang. Dari sini, kamu akan mendapatkan manfaat dari olahraga kardio. Meski hanya lari di treadmill selama 10 menit saja, efek positif ini bisa kamu dapatkan, kok.

 

Artikel Terkait: Tips Bugar

  1. Kurang Suka Berlari? Olahraga Ini Bisa Jadi Alternatifnya
  2. Lakukan 10 Gerakan Olahraga Ringan Ini di Pagi Hari Agar Semangat Sepanjang Hari
  3. 5 Tips Seleb yang Menyukai Hobi Olahraga Ekstrem Triathlon, Tiru Caranya!

 

3. Astrid Swan (Instruktur Utama Barry’s Bootcamp)

Lalu, berapa lama waktu ideal buat olahraga kardio? Apakah harus satu jam sampai berkeringat dan napas ngos-ngosan? Mungkin gagasan dari seorang instruktur utama Barry’s Bootcamp yakni Astrid Swan ini bisa dijadikan pertimbangan.

 

Menurutnya, waktu ideal untuk olahraga kardio tergantung pada tujuan dan tingkat kebugaran seseorang. Terpenting, setiap olahraga kardio harus dimulai dengan pemanasan dan ditutup dengan pendinginan sekitar 3 sampai 5 menit.

 

Untuk kamu yang bukan atlet, bisa dimulai dengan olahraga kardio selama 10 sampai 20 menit. Bisa dilakukan selama 4 hingga 5 kali dalam seminggu.

 

Tertarik untuk melakukan olahraga kardio secara rutin? Bisa dilakukan mulai dari sekarang, ya. Kalau buat kesehatan, apa, sih, yang nggak?

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

CTABARU1 Mobile Site CTA


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett