Beranda > Gaya Hidup > Hati-Hati! 7 Hal yang Biasa Ditemui Saat Kerja Ini Ternyata Bisa Memengaruhi Kesehatan!

Hati-Hati! 7 Hal yang Biasa Ditemui Saat Kerja Ini Ternyata Bisa Memengaruhi Kesehatan!

PAULUS RISANGPaulus Risang
Hati-Hati! 7 Hal yang Biasa Ditemui Saat Kerja Ini Ternyata Bisa Memengaruhi Kesehatan!watermark

TUNAIKU.COM – Menjalani rutinitas di kantor itu, sejujurnya, nggak enak. Bahkan meski kamu mengerjakan sesuatu yang menjadi passion-mu, rasa jenuh dan stres pasti menyerang. Tapi, demi rezeki yang menghidupi diri dan keluarga sehari-hari, semua itu wajib dilakoni dan dinikmati.

 

Untuk melakukan pekerjaan sehari-hari, kesehatan adalah modal utama. Tapi, tahukah kamu jika hal-hal sepele yang biasa kita temui di tempat kerja ternyata berpengaruh negatif terhadap kesehatan? Jadi, jangan sampai, deh, rutinitas pekerjaan yang sudah menguras mental juga mengganggu kesehatanmu!

 

Lalu apa aja sih hal yang biasa ditemui saat kerja yang bisa memengaruhi kesehatan? Nah, simak hal-hal di kantor yang bisa memengaruhi kesehatan berikut ini!

 

1. Memangku laptop

Ya, meski laptop memang didesain untuk dipangku (lap-top = di atas pangkuan), tapi tetap saja kebiasaan ini bisa berdampak negatif bagi kesehatan. Laptop yang panas bisa menyebabkan masalah pada kulit. Yang lebih buruk, hal ini juga bisa menurunkan kuantitas sperma pada pria. Kalau kamu biasa memangku laptop, nggak ada salahnya membeli meja kecil untuk laptopmu untuk melindungi “masa depanmu”.

 

Artikel terkait: Waspadai pengaruh pekerjaan terhadap kesehatan.

  1. Waspada, Ini 7 Risiko Terlalu Lama Duduk Bagi Kesehatanmu
  2. Kenali Computer Vision Syndrome, Penyakit Akibat Lama Menatap Komputer
  3. Kantor Terlalu Jauh dari Rumah, Ini 8 Risiko yang Mengancam Kesehatan

 

2. Atasan yang menyebalkan

Nggak sedikit dari kita yang dipimpin oleh atasan yang menyebalkan. Tapi, hati-hati menjaga emosi terhadap sikap bosmu. Pasalnya, menurut sebuah studi pada tahun 2009, atasan yang buruk bisa meningkatkan risiko penyakit jantung pada bawahannya. Mungkin inilah yang biasa kita sebut sebagai ‘makan hati’.

 

3. Paparan printer dan fax

Kalau kamu terbiasa bekerja dengan mesin printer, faksimili, dan fotokopi, agaknya kamu patut lebih berhati-hati. Kalau filter mesin fotokopi kantor nggak diganti secara berkala, ozon yang dikeluarkan dari mesin ini bisa mengganggu kesehatan. Printer laser juga sama. Ditambah, partikel tonernya bisa masuk ke paru-paru dan menimbulkan penyakit.

 

4. Kurang tidur

Sering begadang gegara lembur? Coba bikin hidup dan kerjaan lebih seimbang, deh. Selain bikin kamu kekurangan energi, kurang tidur juga dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular sampai 60 persen, lho.

 

KTA, tunaiku, pinjaman online, pinjaman tunai mudah dan cepat tanpa agunan, pinjaman tanpa jaminan, amar bank indonesia, kredit mudah dan cepat tanpa agunan, kredit tanpa jaminan, kesehatan, hal yang punya dampak negatif pada kesehatan, di saat kerja

 

5. Melewatkan sarapan

Karena buru-buru di pagi hari, kamu mungkin terbiasa menggabungkan sarapan dan makan siang. Padahal, sarapan itu penting. Ketika kamu melewatkan sarapan, tubuh jadi gampang stres dan proses metabolisme pun jadi terganggu. Ujungnya, hal ini dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, obesitas, dan masalah pada jantung.

 

6. Duduk terlalu lama

Berapa jam yang kamu habiskan untuk duduk dalam sehari? Duduk lebih dari 8 jam sehari bisa meningkatkan risiko sejumlah penyakit, termasuk kegemukan, diabetes tipe 2, penyakit jantung, hingga kanker usus besar. Kalau kamu biasa kerja di belakang meja, sering-seringlah bangkit untuk berjalan-jalan atau melakukan peregangan.

 

Artikel terkait: Tetap sehat di kantor.

  1. Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental di Lingkungan Kantor
  2. Yuk, Lakukan 6 Kebiasaan Sederhana Ini Setiap Hari agar Lebih Sehat!
  3. 5 Tips Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pekerja Millenial

 

7. Menggunakan keyboard dalam jangka waktu lama

Jika bergelut dengan komputer dalam jangka waktu lama seperti saya, kamu mesti lebih berhati-hati dengan keyboard. Sering-seringlah cuci tangan setelah menyentuh keyboard, karena benda ini adalah sarang bakteri.

 

Selain itu, menggunakan keyboard dalam jangka waktu lama juga dapat menimbulkan carpal tunnel syndrome yang dapat menimbulkan kerusakan pada saraf di tangan. Untuk mencegahnya, posisikan keyboard secara ergonomis dan sering-seringlah mengistirahatkan tanganmu.

 

Nah, mudah-mudahan kamu lebih waspada dengan hal-hal di atas agar mereka nggak mengganggu kesehatanmu. Selamat bekerja!

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett