Beranda > Gaya Hidup > Kenali Computer Vision Syndrome, Penyakit Akibat Lama Menatap Komputer

Kenali Computer Vision Syndrome, Penyakit Akibat Lama Menatap Komputer

NOBERTA JEANIENoberta Jeanie
Kenali Computer Vision Syndrome,  Penyakit Akibat Lama Menatap Komputerwatermark

TUNAIKU.COM – Sadar nggak sih, di era modern saat ini, sebagian besar waktu dalam hidup kita justru lebih banyak dihabiskan di depan komputer. Saat bekerja, misalnya, kita harus duduk bekerja depan komputer setiap hari mulai dari Senin hingga Jumat, pagi sampai malam. Belum lagi, pada akhir pekan, kamu bisa duduk berjam-jam di depan laptop atau komputer hanya untuk bermain game dan nonton film streaming.

 

Sebenarnya, kebiasaan untuk duduk berlama-lama menggunakan komputer itu nggak baik, lho. Kamu harus mulai mengurangi, atau paling nggak membiarkan matamu istirahat sebentar jika nggak mau terkena Computer Vision Syndrome.

 

Artikel Terkait: Sibuk Bekerja? Perhatikan Resikonya Bagi Kesehatanmu, ya!

  1. 5 Tips Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pekerja Millenial
  2. Kantor Terlalu Jauh dari Rumah, Ini 8 Risiko yang Mengancam Kesehatan
  3. Waspada, Ini 7 Risiko Terlalu Lama Duduk Bagi Kesehatanmu

 

Bagi kamu yang belum tahu, Computer Vision Syndrome itu adalah penyakit yang muncul jika seseorang terlalu lama menatap komputer. Jadi, di saat kamu asyik menggunakan komputer, sebenarnya otot mata kamu sedang bekerja keras untuk menyesuaikan gerakan yang terjadi pada layar.

 

Otot-otot tersebut akan merespon ketika kamu mulai mengetik atau meng-klik sesuatu. Mereka akan bergerak ke kanan-kiri, atas-bawah untuk bisa menyampaikan informasi visual ke otak.

 

Penelitian menunjukkan bahwa sekitar 50-90% pekerja yang setiap saat menggunakan komputer pernah mengalami gejala dari Computer Vision Syndrome. Tidak hanya itu, penelitian menunjukkan jika anak-anak juga punya kemungkinan mengalami gejala ini, jika mereka sudah terbiasa dengan layar komputer atau gadget lainnya.

 

Lalu, apa saja sih, gejala yang dialami ketika mengalami Computer Vision Syndrome?

 

Meski hingga saat ini belum ada penelitian yang bisa menunjukkan bahwa komputer bisa mengakibatkan gangguan pada mata dalam jangka panjang, tapi gejala-gejala berikut ini, bisa jadi dialami olehmu jika terlalu lama melihat komputer.

   Pandangan mata yang memburam

   Penglihatan ganda

   Mata yang mengering dan memerah

   Iritasi

   Sakit kepala

   Leher dan bahu terasa pegal

 

Jika kamu sudah merasakan salah satu atau beberapa gejala di atas saat menggunakan komputer, maka kamu harus berhenti dan istirahat sejenak agar terhindar dari dampak yang lebih serius.

 

Oh ya, selain itu, kamu pun bisa melakukan beberapa hal di bawah ini, untuk mengatasi Computer Vision Syndrome, lho.

 

1. Ubah pencayaan di sekitar kamu

Jika kamu merasa layar komputermu terlalu silau, maka selain mengubah pengaturan brightness cahaya monitornya, kamu juga harus mengurangi pencahayaan di ruangan kerjamu. Misalnya, tutup jendela di ruangan kamu dengan tirai, atau arahkan layar monitor, membelakangi sumber cahaya.

 

2. Atur kembali meja kerjamu

Jarak terbaik layar monitor dari tempatmu adalah sekitar 20 hingga 28 inchi. Dengan begitu, kamu nggak akan merasa kesulitan dan cepat merasa pegal ketika melihat layar monitor. Oh ya, kamu juga bisa menambahkan dudukan atau peyangga kecil di mejamu untuk menempatkan material print, lho. Tujuannya, agar ketika sedang bekerja, kamu nggak perlu bolak-balik melihat layar, lalu menunduk lagi untuk membaca material print.

 

KTA, tunaiku, pinjaman tunai, pinjaman online, pinjaman mudah dan cepat, pinjaman tanpa agunan, pinjaman tanpa jaminan, amar bank indonesia, kredit mudah dan tanpa agunan, kredit tanpa jaminan, penyakit akibat main komputer, computer visioon syndrome

 

3. Istirahatkan matamu

Pernah dengar aturan 20-20? Jika ya, pasti sudah  paham, bukan, bahwa kamu harus melihat ke sekitar selama 20 detik di setiap 20 menit kamu bekerja depan layar komputer, Oh ya, jangan lupa untuk mengedipkan mata jika kamu mulai merasa matamu sudah terlalu kering.

 

Artikel Terkait: Perhatikan Hal Ini, Ketika Ingin Mencari Kerja!

  1. Tengah Merencanakan Karier? Intip Pekerjaan Mana yang Sesuai dengan Zodiakmu!
  2. 6 Tips Sukses Saat Interview Pekerjaan Lagi Setelah Lama Berhenti Kerja
  3. 6 Pilihan Pekerjaan Potensial dan Bergaji Menarik untuk Semua Lulusan

 

Itulah beberapa informasi yang perlu kamu ketahui tentang Computer Vision Syndrome. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis mata, jika kamu merasa gejalanya semakin buruk setiap hari.

 

Jika diperlukan, pakailah kacamata atau kontak lens anti radiasi untuk mengurangi dampaknya.

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett