Beranda > Gaya Hidup > Doyan Membaca? 6 Jurusan Ini Dapat Kamu Pilih untuk Mengembangkan Hobimu!

Doyan Membaca? 6 Jurusan Ini Dapat Kamu Pilih untuk Mengembangkan Hobimu!

Setyo Kinanthi Setyo Kinanthi 
Doyan Membaca? 6 Jurusan Ini Dapat Kamu Pilih untuk Mengembangkan Hobimu!watermark

TUNAIKU.COM – Membaca sejatinya adalah kegiatan yang menyenangkan. Apalagi, membaca selalu melibatkan kegiatan berimajinasi. Seorang kutu buku biasanya menghabiskan waktu luang dengan tumpukan, buku, majalah, bahkan mengulang bacaan yang sama tanpa bosan. Karena hobi ini, kamu mungkin punya pikiran untuk bekerja di bidang yang masih berkaitan.

 

Harus diketahui, pekerjaan yang berkaitan dengan membaca cukup banyak, lho. Barangkali kamu belum punya gambaran tentang apa saja pekerjaan yang cocok untuk si kutu buku. Berikut pilihannya!

 

Artikel Terkait: Kenali Lebih Dalam Beberapa Jurusan Teknik!

  1. Ini Dia Perbedaan Antara Jurusan Teknik Sipil dengan Arsitek
  2. 8 Prospek Kerja Lulusan Teknik Perminyakan Plus Skill yang Akan Dikuasai
  3. Seluk Beluk Jurusan Teknik Planologi Plus Rincian Biaya yang Disiapkan

 

1. Content editor
Tugas yang dilakukan oleh content editor secara garis besar yaitu, mencari konten yang menarik untuk pembaca sesuai dengan target yang sudah ditentukan perusahaan media, penerbitan, atau brand tertentu. Tulisan kemudian diolah dan disusun ulang menjadi tulisan yang menarik, serta ideal sesuai dengan standar yang ditetapkan perusahaan. Menjadi content editor enggak hanya perlu skill membaca, tetapi juga kemampuan untuk memainkan kata dan menyuguhkan bacaan yang menarik.

 

2. Copy editor

Untuk melamar posisi ini, dibutuhkan seseorang yang memiliki ketelitian tinggi. Seorang copy editor harus jeli memeriksa dan menemukan kesalahan yang ada pada naskah, kemudian memperbaikinya. Kesalahan yang diperiksa meliputi EYD, struktur kepenulisan, tanda baca, dan memastikan gaya bahasa konsisten sampai akhir. Perbaikan naskah disesuaikan dengan ketentuan dari penerbit.

 

3. Penerjemah
Selain gemar membaca, kamu juga harus menguasai satu atau lebih bahasa asing untuk bekerja sebagai penerjemah. Tugas seorang penerjemah adalah menerjemahkan satu bahasa ke bahasa lainnya, serta menerjemahkan naskah supaya mudah dimengerti oleh pembaca.

 

4. Acquisitions editor
Menjalani profesi ini nggak akan bikin kamu kekurangan bacaan. Acquisitions editor bekerja untuk penerbit buku. Namun, ini tergantung perjanjian, kamu bisa saja bekerja pada penerbit lain. Pekerjaan ini mengharuskan kamu untuk mencari penulis atau hasil karya tulisan yang bagus dan memiliki nilai jual. Pada umumnya, Acquisitions editor perlu mencari 15-25 hasil karya tulisan untuk diterbitkan. Pastinya ketentuan ini bisa berbeda, tergantung bagaimana perjanjianmu dengan perusahaan tempatmu bekerja.

 

5. Arsiparis
Sebagai arsiparis kamu akan banyak membaca bacaan bersifat sejarah. Dengan memperkaya pengetahuan sejarah, kamu akan lebih mudah menjalankan tugas. Seorang arsiparis bertugas menyimpan barang-barang bersejarah, menilai dokumen, mengotentifikasi, mengatur arsip museum, pemerintah, maupun institusi pendidikan. Oleh sebab itu, selain membaca kamu juga harus mempunyai ketertarikan terhadap hal-hal yang berkaitan dengan sejarah.

 

Artikel Terkait: Tips Menjaga Hubungan di Lingkungan Kerja

  1. Jaga Hubungan Baik dengan Klien dengan Cara Berikut Ini
  2. Jurus Mengenal dan Memahami Orang Lain di Lingkungan Kantor
  3. Lakukan Tips Berikut Supaya Lancar Kerja Bareng Atasan Perempuan

 

6. Grant writer

Kalau sejak awal kamu sudah hobi membaca, kamu akan lebih mudah menjalani pekerjaan sebagai grant writer. Dalam pekerjaan ini kamu diharuskan untuk melakukan banyak riset, membaca banyak berita, laporan, serta fakta yang kemudiaan dituangkan ke dalam bentuk proposal persuasif. Tugas utama grant writer adalah membuat proposal penggalangan dana untuk organisasi atau proyek.

 

Melakoni pekerjaan sesuai passion adalah hobi yang dibayar. Ini menjadi impian semua orang di masa depan. Buat kamu yang yang sudah menemukan minat dan bakat melalui hobi ini, bersyukurlah. Pekerjaan bakal semakin menyenangkan buat dijalani.
 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 

 

CTABARU1

Mobile Site CTA

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett