Beranda > Karier Sukses > Seluk Beluk Jurusan Teknik Planologi Plus Rincian Biaya yang Disiapkan

Seluk Beluk Jurusan Teknik Planologi Plus Rincian Biaya yang Disiapkan

Artikel ini ditulis oleh:
Seluk Beluk Jurusan Teknik Planologi Plus Rincian Biaya yang Disiapkanwatermark

TUNAIKU.COM – Tertarik kuliah di jurusan teknik planologi? Sepengetahuan saya, jurusan ini memiliki fokus bahasan tentang perencanaan wilayah dan tatanan kota. Kalau ingin masuk dan menemui kendala soal biaya, ada baiknya dengan mengambil jalan alternatif pinjaman modal untuk kuliah kredit online terbaik via Tunaiku. Berikut ini ada beberapa kampus yang jadi rekomendasi untuk kamu pilih :

Artikel terkait: rekomendasi SMK/SMIP Pariwisata terbaik di kota besar Indonesia

  1. SMIP/SMK Pariwisata Terbaik yang Ada di Semarang
  2. SMIP/SMK Pariwisata Terbaik yang Ada di Bandung
  3. SMIP/SMK Pariwisata Terbaik yang Ada di Yogyakarta

 

1. Universitas Diponegoro

Sebagai universitas negeri ternama di Semarang, tentu banyak peminatnya. Salah satunya jurusan teknik planologi. Jika kamu memilih kampus ini maka kamu sudah mengambil keputusan yang tepat. Pasalnya, jurusan ini juga telah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT sejak tahun 2008. Fokus studi yang dipelajari meliputi desain, struktur tanah, morfologi kota, transportasi, serta dasar-dasar perencanaan kota di sekitar Semarang.

Setiap lulusannya berkesempatan menduduki posisi penting sebagai planner. Minimal kamu mampu mempelajari proses planning, actuating, organizing, dan controlling. Jurusan planologi di UNDIP sudah berdiri sejak tahun 1992. Untuk total biaya pendidikan jurusan planologi di UNDIP sekitar Rp 25,5 juta. 

2. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Soal jurusan teknik planologi terbaik, tentu perguruan tinggi ini masuk garis depan. Ketika kamu sudah diterima sebagai mahasiswa ITS, bakal sering-sering tuh presentasi, bikin peta, survei, atau dengan kata lain terjun ke lapangan. Soalnya tugas seorang planner memang khusus mengkaji kehidupan kaum urban. Jadi enggak cuma duduk-duduk saja di bangku kuliah.

Di ITS, kalau durasi kuliah penuhnya 2-3 jam, maka sisanya adalah diskusi. Hampir enggak ada suasana di ruangan yang sunyi atau terlalu serius. Semua bisa dipelajari dengan cara yang serba menyenangkan. Prospek kerjanya cukup luas. Nantinya kamu bisa jadi PNS, urban planning, map analyze, dan lain-lain. Biayanya disesuaikan dengan kemampuan ortu

CTABARU3

Mobile Site CTA

3. Institut Teknologi Bandung

ITB bisa dibilang sekolah untuk jurusan teknik terbaik di Indonesia. Termasuk jurusan teknik planologi. Mulai tahun 2018, biaya UKT di ITB sebesar Rp 12,5 juta. Namun ada subsidi khusus untuk kalangan yang ekonominya minim. Lewat aplikasi kredit online alternatif pinjaman modal untuk kuliah teknik planologi ini, kuliah di ITB pun jadi lancar.

Lagi pula, di Tunaiku menerapkan pinjaman dengan suku bunga 3%. Sedangkan tenor paling lamanya adalah 20 bulan. Teknik planologi merupakan program studi yang sudah berdiri sejak 14 September 1959. Fokus studinya meliputi ilmu teknik & sosial ekonomi, pengantar ekonomika, perencanaan, hingga pengembangan komunitas.

4. Universitas Brawijaya

Sekolah terfavorit di Malang ini juga ada jurusan teknik planologinya. Pada tanggal 26 Februari 2015, jurusan planologi di Universitas Brawijaya resmi mendapat akreditasi A dari BAN-PT. Pada tahun 2018 ini, mahasiswa PWK di Universitas Brawijaya berhasil meraih 2 medali emas pada gelaran Korea International Women’s Invention Exposition 2018.

Lalu, apa saja sih yang dipelajari oleh anak-anak FWK-UB? Sesuai dengan visi-misinya, para mahasiswanya diharapkan mampu menjadi praktisi di bidang perencanaan wilayah dan kota. Kemudian mahasiswa pun diarahkan untuk berlatih swasta dan non-profit maupun ranah publik. Biaya kuliah jurusan planologi di Universitas Brawijaya sebesar Rp 30 juta.

Artikel terkait: pilihan sekolah bulu tangkis terbaik di kota besar Indonesia beserta biayanya

  1. 6 Pilihan Sekolah Bulutangkis Terbaik di Bandung
  2. Empat Sekolah Bulutangkis di Yogyakarta dan Kisaran Biayanya
  3. Ini Dia Sekolah Bulutangkis di Jabodetabek Beserta Kisaran Biayanya

5. Universitas Bosowa

Belajar di perguruan tinggi asal Makassar ini sangat menyenangkan. Soalnya kamu bakal belajar tentang perencanaan ruang, sistem infrastruktur, sampai manajemen pembangunan dan sosial. Setiap lulusannya akan ditempatkan pada posisi planner, map analyze, modelling, dan masih banyak lagi. Biaya kuliahnya sekitar 24 juta Rupiah. Belum termasuk SPP.

Masa depan memang harus direncanakan sejak dini. Sayang kalau hanya gara-gara kurang biaya harus mengorbankan masa muda untuk belajar di perguruan tinggi. Lewat alternatif pinjaman modal untuk kuliah kredit online terbaik dari Tunaiku, tiap persoalan finansial bisa terpecahkan. Tugasmu tinggal tekun belajar selama kuliah di jurusan teknik planologi.

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett