Beranda > Gaya Hidup > Cara Kembalikan Semangat Anak untuk Bersekolah Setelah Liburan Panjang

Cara Kembalikan Semangat Anak untuk Bersekolah Setelah Liburan Panjang

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
Cara Kembalikan Semangat Anak untuk Bersekolah Setelah Liburan Panjangwatermark

TUNAIKU.COM – Masa sekolah memang identik dengan yang namanya libur semester. Kadang jika libur semester itu bebarengan dengan libur hari raya, bisa jadi libur super panjang buat si biah hati. Alhasil buah hati jadi terlalu lama bermalas-malasan di rumah.

 

Sebenarnya libur panjang bisa diisi dengan kegiatan positif atau liburan. Namun, tetap saja terlalu lama nggak menyentuh kegiatan belajar-mengajar bisa jadi membuatnya kaget saat sekolah dimulai. Untuk itu, PR yang harus dikerjakan orang tua adalah membuatnya kembali bersemangat.

 

Artikel Terkait: Hal-hal yang Bisa Dilakukan untuk Mengisi Waktu Libur

  1. Tetap Produktif Meski Hanya di Rumah Saat Weekend dengan Melakukan Hal Ini
  2. Cari Tambahan Saat Weekend? Ini Beberapa Pilihan Untukmu
  3. Weekend Getaway ke Cirebon, Solusi Liburan Murah Meriah

 

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan orang tua untuk mengembalikan semangat anak setelah libur pajang. Sontek, yuk!

 

1. Menceritakan hal menarik saat sekolah

Selama berada di sekolah, pastilah si kecil menjalani hari-harinya dengan menyenangkan. Di sana mereka memiliki pengalaman menarik bersama teman dan gurunya. Pengalaman menarik dan menyenangkan itulah yang membuatnya rindu dengan masa sekolah. Untuk itu kamu bisa mengajak buah hati mengobrol tentang hal-hal menarik apa saja yang dialaminya di sekolah. Dengan demikian, mereka pun jadi merindukan masa-masa sekolah.

 

2. Mengajaknya bersilaturahmi ke guru atau teman sekolah

Selain membahas pengalaman selama sekolah bersama buah hati melalui obrolan, kamu juga bisa melalui cara lain. Cara lainnya adalah mengajaknya berkunjung ke rumah guru atau teman terdekatnya di sekolah. Dengan demikian, buah hati pun semakin nggak sabar bertemu teman-temannya secara lengkap di sekolah.

 

3. Beli perlengkapan sekolah baru

Membeli perlengkapan sekolah yang baru juga bisa memancing semangatnya keluar. Kamu bisa membelikan sepatu, tas, atau seragam baru. Saat berada di pusat perbelanjaan, jangan lupa untuk menjelaskan pada buah hati bahwa barang-barang tadilah yang akan digunakannya untuk sekolah nanti.

 

Artikel Terkait: Tips Belanja Agar Hemat

  1. Ikuti 7 Langkah Hemat Belanja Lebaran Tanpa Bikin Kantong Bolong
  2. Atur Belanja Baju Lebaran Lebih Hemat dengan Cara Ini
  3. Kamu Bisa Hemat Banyak lho dengan Belanja Online, Ini Tipsnya!

 

4. Tidur tepat waktu

Salah satu tantangan saat mulai masuk sekolah adalah upaya bangun pagi. Hal ini karena selama libur panjang buah hati biasanya lebih santai jadi bangun agak siang pun nggak masalah. Pasalnya, tidurnya juga jadi lebih larut dari biasanya.

 

Nah, mulai berlatihlah seminggu sebelum sekolah dimulai. Caranya adalah dengan mulai membiasakannya tidur lebih awal. Dengan tidur leibih awal, kemungkinan untuk bangun pagi pun lebih mudah.

 

5. Mulai mengevaluasi pelajaran sekolah

Libur panjang bisa saja membuat buah hati nggak siap menerima pelajaran. Kamu perlu mengajaknya belajar lagi selama di rumah. Cobalah untuk mulai me-review atau mengingat-ingat pelajaran sebelum libur. Kamu juga bisa mengajaknya untuk membaca buku cerita atau mencoba menulis cerita.

 

Itu dia yang bisa kamu lakukan agar buah hati kembali bersemangat saat sekolah setelah libur panjang. Bagaimana, cukup mudah bukan? Yuk, terapkan agar mereka kembali bersemangat!

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 

CTABARU1

Mobile Site CTA

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett