Beranda > Gaya Hidup > Weekend Getaway ke Cirebon, Solusi Liburan Murah Meriah

Weekend Getaway ke Cirebon, Solusi Liburan Murah Meriah

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
Weekend Getaway ke Cirebon, Solusi Liburan Murah Meriahwatermark

TUNAIKU.COM – Saya sering mendengar curhatan dari teman yang merantau di Jakarta. Intinya, dia begitu merindukan kota asalnya, Yogyakarta. Soalnya di sana dia bisa liburan dengan jenis objek wisata beragam dan bisa dilakukan kapan pun tanpa perlu merogoh kantong terlalu dalam. Sementara di Jakarta dia merasa nggak bisa melakukan itu.

 

Padahal menurut saya, di Jakarta pun sebenarnya bisa liburan murah meriah. Bahkan, dia bisa melakukannya dalam waktu satu hari (one day trip) saja. Saya pun menyarankan dia untuk liburan ke Cirebon.

 

Ya, belakangan ini nama Kota Cirebon justru lagi ramai diperbincangan sebagai destinasli liburan ala weekend getaway oleh orang-orang Jakarta atau sekitarnya, karena jaraknya yang dekat.

 

Selain itu, banyak teman-teman backpacker yang berbagi cerita pengalamn serunya liburan di Cirebon melalui media sosial atau blog. Maka nggak heran kalau sampai ada artis yang membuka usaha oleh-oleh kekinian di kota ini.

 

“Apa menariknya Cirebon?” tanya teman saya. Jangan salah! Meskipun kecil, Kota Cirebon punya beragam objek wisata, seperti wisata sejarah, budaya, kuliner, hingga kerajinan serta alam. Selain itu, liburan ke Cirebon bisa dilakukan satu hari saja buat mereka yang di Jakarta. Itu artinya bisa memangkas biaya penginapan dan menekan biaya makan.

 

Ya, menurut saya weekend getaway ke Cirebon bisa banget jadi solusi liburan murah meriah. Untuk itu saya ingin merekomendasikan beberapa lokasi wisata yang harus kamu kunjungi kalau mau liburan ke Cirebon. Tentunya, murah meriah!

 

Objek wisata sejarah & budaya

1. Wisata keraton

 

Kota Cirebon memiliki tiga keraton, Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman, dan Keraton Kacirebonan. Untuk masuk di Keraton Kasepuhan kamu harus membayar Rp20 ribu. Lalu kamu pun bisa menyusuri keraton, melihat barang antik milik keraton, kereta kencana, dan lain-lain.

 

Buat kamu yang ingin mendapatkan penjelasan dari guide, kamu bisa membayar seikhlasanya dengan iuran bersama temanmu. Namun, ada tips yang lebih irit lagi. Kamu langsung bergabung dengan rombongan yang sedang diberikan penjelasan oleh guide, alias nguping. He-he-he.

 

Tapi kamu perlu tahu bahwa saat memasuki beberapa kawasan objek wisata dalam keraton biasanya kamu akan dimintai sumbangan. Memang seikhlasnya, tapi kalau dikumpulkan sebenarnya lumayan juga. Totalnya bisa jadi lebih mahal dari biaya tiket masuknya. Jadi pintar-pintar memilih saja ya. He-he.

 

Artikel terkait: Tips liburan singkat dan seru

  1. Sisa Cuti Habis, Bisa Liburan Murah ala ‘One Day Trip’
  2. 5 Solusi Liburan Lebaran di Jakarta Buat yang Tidak Mudik
  3. Persiapkan 5 Hal Penting Ini Sebelum Datang ke Travel Fair!

 

2. Goa Sunyaragi

#goasunyaragi #cirebon

A post shared by goa sunyaragi (@goa_sunyaragi) on

Goa Sunyarangi merupakan salah satu peninggalan bersejarah di Kota Cirebon. Untuk masuk ke objek wisata ini kamu harus membayar Rp10 ribu. Bangunannya terbuat dari batu dan mirip seperti bekas candi. Kawasannya cukup luas. Kamu bisa puas bikin foto-foto yang aesthetic di sekitar bangunan goa-nya.

 

3. Cirebon Waterland


Cirebon Waterland atau Ade Irma Suryani Waterland jadi salah satu tempat yang nggak boleh kamu lewatkan saat liburan di Cirebon. Kalau mau ke sini lebih baik saat malam hari. Dari cerita teman-teman backpacker, mereka sangat puas menghabiskan malam minggu dengan makan malam di restoran yang berbentuk kapal ini. Untuk biaya makan tempat fancy ini, per orang cukup mengeluarkan sekitar Rp50 ribu.

 

4. Batik Trusmi

Ayoo berwisata ke Kawasan batik trusmi cirebon dan berkunjung di BT batiintrusmi cirebon #cirebontravelling #batiktrusmi

A post shared by ADIKI JAYA KAROMAH (@adika.aj24) on

Nggak harus ke Jogja, Pekalongan atau Solo untuk bisa belanja batik sepuasnya. Di Batik Trusmi ini kamu bisa berbelanja batik dengan kualitas bagus dan harga yang terjangkau. Untuk batik dewasa dihargai mulai dari Rp20.000.

 

Wisata kuliner yang bikin nagih

1. Empal Gentong

#empalgentongmangdarma

A post shared by Lia Saksana (@liasaksana) on


Ada banyak Empal Gentong yang terkenal di Cirebon, salah satunya empal gentong Mang Darma yang berlokasi di depan Stasiun Cirebon. Untuk Empal Gentong yang ditambah nasi dan disajikan lezat ini, kamu cukup mengeluarkan uang sebesar Rp20 ribu. Perut kenyang, dompet tenang.

 

2. Nasi Lengko

Nasi lengko merupakan nasi yang dicampuri, toge mentah, timun, tempe, dan tahu ribus dengan kuah kacang. Harga nasi lengko bekisar Rp10.000.  Kamu bisa coba nasi Lengko H. Barno di Jl. Pagongan No.15B.

 

3. Sega Jamblang atau Nasi Jamblang

Nasi yang dibungkus daun jati ini seperti halnya nasi kucing kalau di Jogja. Satu bungkusnya seharga Rp2.000 saja. Kemudian kamu bisa memilih sendiri lauk-pauk yang disajikan prasmanan.  Kamu bisa nemukannya di berbagai warung pinggir jalan atua pasar. Tapi kalau ingin yang cukup banyak direkomendasikan, kamu bisa coba Nasi Jamblang Ibu Nur di Jl. Cangkring 2 No.34.

 

Transportasi cukup mudah

Selama berkeliling Kota Cirebon, kamu bisa menggunakan angkot atau becak mengingat jarak antar objek wisata nggak begitu jauh. Untuk angkot, dengan jarak jauh dikenakan Rp4.000 sedangkan jarak dekat Rp3.000.

 

Untuk becak sendiri cukup relatif, tergantung tawar-menawarmu. Jika memang jaraknya nggak begitu jauh kamu bisa menawar hingga Rp.5000, tapi kalau kamu mau sekalian sedekah mau RP10.000 pun nggak jadi masalah. He-he.

 

Artikel terkait: Tips liburan seru dan terjangkau

  1. Pengeluaran yang Biasanya Dikeluarkan Generasi Millenial Selama Liburan
  2. Supaya Bisa Liburan Akhir Tahun dengan Uang Sendiri, 5 Cara Ini Bisa Kamu Coba!
  3. Simak 5 Tips Supaya Tetap Bisa Liburan Walaupun Tabungan Menipis!

 

Untuk liburan murah meriah di Cirebon (dari Jakarta) untuk satu hari, berikut bayangan biayanya.

  • Tiket kereta PP Stasiun Pasar Senen-Cirebon Rp170.000
  • Transportasi selama di Cirebon Rp30.000 (atau kalau mau sewa motor Rp50.000 + bahan bakar = Rp70.000)
  • Masuk objek wisata Rp50.000
  • Biaya makan/wisata kuliner Rp 60.000

          Total: Rp310.000

 

Sebenarnya untuk liburan di Kota Cirebon, satu hari saja cukup. Namun, jika ingin dua hari, tenang saja karena di Corebon sudah banyak penginapan, seperti hotel dan losmen. Untuk tarif hotel standar adalah Rp200 ribu. Sedangkan untuk tarif backpacker, losmen menawarkan harga mulai dari Rp40.000 saja.

 

Jadi bagaimana, tertarik untuk liburan weekend getaway ke Cirebon? Selamat mencoba ya!

 

Lalu untuk kamu yang sedang butuh pinjaman uang cepat dan mudah, coba ajukan ke Tunaiku.

 

Ya, butuh pinjaman tunai tanpa ribet? Ajukan pinjaman tunaimu di sini!

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett