Beranda > Gaya Hidup > 9 Ide Liburan Adventure di Sumba yang Menantang Adrenalin

9 Ide Liburan Adventure di Sumba yang Menantang Adrenalin

SWARA TUNAIKUSwara
9 Ide Liburan Adventure di Sumba yang Menantang Adrenalinwatermark

TUNAIKU.COM – Bukan hanya Pulau Flores dan Pulau Komodo, NTT juga menyimpan banyak tempat menarik untuk dijelajahi di Pulau Sumba. Buat kamu yang berkeinginan liburan adventure di Sumba, nanti kita bahas masing-masing tempatnya. Berhubung pengetahuan saya masih terbatas, inilah 9 tempat yang cocok untuk petualang sepertimu jika pergi ke Pulau Sumba.

 

Artikel Terkait: Lakukan Ini Ketika Kamu Kehilangan Paspor

  1. Lakukan Hal Ini Kalau Kehilangan Paspor di Luar Negeri
  2. Tenang dan Jangan Panik Jika Paspormu Hilang di Luar Negeri, Ini Solusinya
  3. Layanan Paspor Online Terganggu, Kamu yang Hendak Mengurusnya Wajib Tahu!

 

1. Jelajah Rumah Budaya di Waitabula

Tanggung rasanya jika petualang tanpa disertai pelajaran budaya dari bagian Tanah Air ini. Di dalam Rumah Budaya ini, terdapat sekitar 500 artefak yang lahir sejak abad ke-16. Pada mulanya, Rumah Budaya Waitabula digagas oleh Robert Ramone alias sang pastor Katolik pada zamannya. Ada penginapan, ruang pertemuan, dan transportasinya lancar, kok.

 

2. Belajar menenun di Kampung Tarung

Melihat namanya, bukan berarti memiliki tontonan seperti pertarungan, ya. Justru kampung ini sangat damai. Berbagai hewan-hewan di sana didesain ala hewan suku. Itulah uniknya. Para wanitanya juga memiliki keahlian menenun kain secara halus. Jika mau, kamu pun bisa belajar langsung dari ahli tenun yang berada di Kampung Tarung ini.

 

3. Belajar menganyam di Waikabubak

Begitu masuk ke kawasan Waikabubak, saya terpesona dengan bentuk bangunan rumah mereka. Sama sekali jauh dari kesan modern seperti rumah minimalis, pagar, dan sebagainya. Atap-atap rumah yang ada terbuat dari bahan anyaman jerami. Udaranya sangat asri. Ditambah, tersedianya pelajaran menganyam serat melinjo untuk yang mau belajar.

 

4. Berburu spot di Bukit Warinding

Mau merasakan sensasi berlarian atau duduk santai di padang rumput yang hijau nan luas? Ke Bukit Warinding saja. Bukit ini akan menghijau alami ketika tiba bulan November hingga bulan Mei. Bulan-bulan berikutnya akan mengubah dedaunan hijau itu jadi serba keemasan layaknya langit senja. Semua titik di Bukit Warinding sangat cocok untuk foto-foto.

 

5. Menyorot Air Terjun Kanabu Wai

Benar-benar surga. Cukup banyak alternatif tempat untuk liburan adventure di Sumba. Salah satunya air terjun yang cantik ini. Jika disorot dari atas, polanya mirip sekali dengan anak tangga. Hanya saja berbentuk air mengalir dan dipisahkan oleh tempiasnya. Sumbernya bukan hanya satu, tetapi dari banyak celah bebatuan yang bikin siapa pun pasti terpesona.

 

6. Jelajah di Pantai Mangrove Walakiri

Jelajah pepohonan mangrove juga bagus untuk kesehatan mata. Inilah sisi lain dari keindahan Pantai Mangrove Walakiri, selain deburan ombak yang ramah dan desir anginnya. Jarak antara pohon mangrove dengan lainnya cukup berpaut. Jadi, nggak terlalu rapat. Selain pohon mangrove, pemandangan dengan adanya pohon kelapa juga bagus untuk diabadikan.

 

7. Berburu foto keren di Pantai Watu Parunu

Kali ini bukan pohon mangrove ataupun pohon kelapa yang jadi sorotan. Namun, lebih kepada karang dan pasir pantai yang menakjubkan. Sepanjang garis pantai, warna pasirnya putih agak kekuningan. Sedangkan karangnya tegak di atas permukaan laut. Bisa juga tuh dinaikin sambil selfie, tapi tetap harus hati-hati. Berselancar di sana juga cukup bagus dan keren.

 

8. Menelusuri jejak makam megalitik di Gallu Bakul

Megalitik atau zaman batu besar juga masih berjejak di Pulau Sumba. Misalnya dalam bentuk lempeng batu tegak. Di dalam lempengan itu terdapat ukiran bergambar kepala suku dan istrinya. Kemungkinan besar, begitulah cara orang dahulu menghormati pemimpinnya. Selain itu, ada pula jejak megalitik seperti kubur dari batu besar di Gallu Bakul.

 

Artikel Terkait: Mau Tahu tentang Paspor Elektronik? Kenali Hal-hal Berikut Ini!

  1. Apa Beda Paspor Biasa dan Elektronik? Lebih Baik Mana?
  2. 3 Keuntungan yang Kamu Dapat Ketika Pakai e-Paspor
  3. Layanan Paspor Online Terganggu, Kamu yang Hendak Mengurusnya Wajib Tahu!

 

9. Bersantai di Laguna Weekuri

Keindahan laguna ini paling tampak pada airnya. Ketika dalam keadaan biasa, warna airnya kebiru-biruan. Namun, ketika Matahari terbenam, warnanya berubah jadi keemasan. Jika berenang di sana dan dipotret, kesannya kamu seperti berenang mengarungi danau emas. Epik sekali, kan? Udaranya juga sejuk.

 

Kalau baru pertama kali liburan adventure di Sumba, saya sarankan untuk selalu mengaktifkan fitur GPS di smartphone-mu. Lebih-lebih kalau menyewa kendaraan bermotor untuk kebutuhan road trip. Jangan lupa untuk membawa teman seperjalanan. Masa bertualang sendirian, sih? Seru juga sih kalau sendiri, asalkan kamu siap saja.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 

CTABARU1Mobile Site CTA


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett