Beranda > Gaya Hidup > Layanan Paspor Online Terganggu, Kamu yang Hendak Mengurusnya Wajib Tahu!

Layanan Paspor Online Terganggu, Kamu yang Hendak Mengurusnya Wajib Tahu!

Layanan Paspor Online Terganggu, Kamu yang Hendak Mengurusnya Wajib Tahu!watermark

TUNAIKU.COM – Bagi yang pernah mengurus paspor secara manual di kantor imigrasi, pasti paham banget bagaimana mengularnya antrean di kantor pelayanan publik yang satu ini. Untuk mendapatkan pelayanan yang lebih awal, tak jarang kita harus rela antre sejak pagi-pagi buta.

Hadirnya layanan pengurusan paspor online menjadi salah satu solusi jitu dalam mengurai antrean panjang di kantor imigrasi. Kamu cukup duduk manis di depan laptop untuk mengisi formulir pengajuan yang tersedia serta mengunggah berkas-berkas yang diperlukan. Setelah itu, barulah kamu datang ke kantor sebanyak dua kali. Yang pertama untuk verifikasi data plus foto dan wawancara, sementara yang kedua untuk pengambilan paspor.

Namun, belakangan ini layanan paspor secara online tidak lagi dapat diakses. Kamu yang hendak mengurus paspor pun mungkin jadi ketar-ketir. Sebenarnya ada apa dengan situs Ditjen Imigrasi? Biar ada titik terang, yuk simak dulu penjelasan berikut ini!

 

Artikel terkait: Layanan paspor online

  1. 3 Keuntungan yang Kamu Dapat Ketika Pakai e-Paspor
  2. Pengen Traveling Tapi Belum Punya Paspor ? Yuk, Intip Langkah Membuat Paspor Online Ini!
  3. Persiapkan 5 Hal Penting Ini Sebelum Datang ke Travel Fair!

 

Ditjen Imigrasi tengah melakukan perbaikan dan pemindahan data

Berdasarkan pengumuman yang dirilis lewat situs resminya pada tanggal 22 Maret lalu, Ditjen Imigrasi ternyata tengah melakukan peremajaan perangkat dan pengembangan kesisteman Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian (SIMKIM) serta pemindahan data dari database lama ke database baru.

Hal ini berimbas pada terganggunya kelancaran pelayanan paspor online. Pelayanan paspor online memang tidak dapat diakses, bahkan dihapus dari situs imigrasi untuk sementara waktu sampai layanan ini bisa digunakan kembali.

Tujuan dilakukannya peremajaan dan pengembangan Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian tentu nggak lain adalah demi pelayanan yang lebih baik ke depannya. Jadi, kamu diharapkan untuk menunggu dengan sabar, ya!

 

Sementara ini, pembuatan dan perpanjangan paspor mesti dilakukan secara manual

Hingga layanan paspor online kembali aktif, pelayanan pembuatan maupun perpanjangan paspor seluruhnya akan dilakukan secara walk-in ke kantor imigrasi maupun Unit-unit Layanan Paspor (ULP).

Jadi, jika kamu hendak ke luar negeri dalam waktu dekat dan ingin membuat paspor, datang saja langsung ke kantor imigrasi terdekat. Proses pelayanan paspor dimulai sejak pukul 07.30 pagi. Kalau mau cepat dilayani, pastikan kamu datang sejak pagi!

 

Artikel terkait: Traveling ke luar negeri

  1. 9 Negara Ini Bisa Kita Kunjungi Tanpa Visa, Lho!
  2. Jalan-jalan ke Thailand dengan Budget 3 Juta? Bisa Banget!
  3. Berencana Umroh Ke Tanah Suci? Ini Perkiraan Biayanya!

 

Nah, mudah-mudahan informasi di atas dapat menjelaskan kenapa saat ini layanan paspor online tidak dapat diakses. Semoga bermanfaat!

 

Selagi kamu di sini…

Kami punya informasi singkat yang sayang sekali dilewatkan. Sudahkah kamu tahu tentang Tunaiku? Tunaiku merupakan pinjaman cepat, mudah, tanpa agunan, tanpa kartu kredit. Tunaiku bisa jadi solusi finansial bagi kebutuhan-kebutuhanmu. Kebutuhan dadakan? Atau, butuh tambahan dana untuk kebutuhan tertentu? Kamu bisa ajukan Tunaiku!

Nggak mau ribet dan nggak pakai lama ajukan pinjaman? Klik di sini.

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett