Beranda > Gaya Hidup > 9 Gerakan Ringan untuk yang Sering Duduk Sepanjang Hari

9 Gerakan Ringan untuk yang Sering Duduk Sepanjang Hari

DEWI AYU NURJANAHDewi Ayu Nurjanah
9 Gerakan Ringan untuk yang Sering Duduk Sepanjang Hariwatermark

TUNAIKU.COM-Buat kamu yang sering duduk sepanjang hari karena tuntutan pekerjaan, harus lebih sering melakukan gerakan ringan, lho. Saya yang sehari-hari biasa duduk selama 8—12 jam, sering mengalami nyeri punggung. Mau nggak mau, saya pun mulai mengubah pola hidup, yakni dengan sering melakukan olahraga.

 

Beberapa gerakan ringan ini ternyata memberikan dampak yang besar pada tubuh. Saya jarang banget sakit punggung, tubuh lebih bugar, dan jarang bad mood. Buat kamu yang juga sering duduk sampai berjam-jam, bisa nyobain gerakan ringan rekomendasi dari Bustle.com berikut ini.

 

1. Berenang

Setiap minggu, saya selalu menyempatkan diri untuk berenang. Berenang adalah olahraga favorit yang bisa bikin saya bugar sepanjang hari. Saat berenang, seluruh bagian tubuh akan bergerak. Hal ini punya dampak positif pada otot, meningkatkan ketahanan tubuh pada air sampai meningkatkan detak jantung. Cocok banget untuk kamu yang sering duduk.

 

2. Lari

Olahraga lari banyak disukai para karyawan karena punya banyak manfaat bagi tubuh dan juga murah meriah. Kamu nggak perlu mengeluarkan duit untuk biaya keanggotaan untuk lari di sekitar rumah, bukan? Hehehe.

 

Artikel Terkait: Pilihan Workout yang Layak untuk Dicoba

  1. Ini Dia Program Workout Buat Pemula
  2. 5 Workout Ringan Rekomendasi Personal Trainer Buat Kamu yang Sibuk
  3. Lakukan Workout Ini untuk Menunjang Rasa Percaya Dirimu

 

Apalagi, lari bisa dijadikan meditasi penghilang stres, lho! Saat kamu lari, seluruh tubuh akan bergerak dan detak jantung meningkat. Hal ini yang bisa bikin tubuh bugar dan sehat. Meski sangat baik untuk kesehatan, jangan sampai lupa pemanasan dulu sebelum lari. Hal ini bisa menekan risiko cidera pada otot.

 

3. Yoga

Ini dia olahraga yang tengah digandrungi pelbagai kalangan di masyarakat, yaitu yoga. Kalau kamu sering mengalami pegal pada bagian bawah tubuh, yoga sangat disarankan. Yoga nggak hanya membuat seluruh bagian tubuh bergerak, tetapi juga bisa mengurangi ketegangan pada pinggul. Gerakan dalam yoga bisa menekan nyeri punggung pada bagian bawah.

 

4. Pilates

Selain bikin tubuh seksi, pilates juga sangat disarankan untuk kamu yang sering duduk. Sebaiknya, pilates dilakukan setelah duduk seharian. Gerakan pada pilates akan membuat ototmu kuat. Satu lagi, pilates juga bisa memperbaiki postur tubuhmu yang nggak lagi bagus karena terlalu lama duduk. Dengan rutin melakukan pilates, kamu akan terhindar dari nyeri punggung.

 

5. Spinning

Kalau terlalu lama duduk tanpa melakukan gerakan lain, kamu akan terserang berbagai penyakit. Solusinya, kamu bisa melakukan spinning atau bersepeda. Tujuannya, agar otot tubuh lebih kuat dan detak jantung akan meningkat.

 

Terpenting, jangan duduk dengan satu posisi dalam waktu yang lama. Dan sering-sering lakukan peregangan saat duduk agar tubuh nggak kaku.

 

6. Jalan kaki

Jalan kaki? Ya, bener banget! Kamu bisa dapat manfaat dari gerakan ringan yang satu ini, lho. Kalau terlalu lama duduk maka harus perbanyak jalan kaki dong. Dengan jalan kaki, kamu bisa menggerakan seluruh bagian tubuh. Dan tentu saja, bisa meningkatkan aliran darah.

 

Sehingga pasokan oksigen di kepala selalu tercukupi. Sesekali lakukan jalan cepat agar bagian bawah tubuh seperti pinggul, tulang belakang dan lutut lebih sehat.

 

7. Barre

Setelah capek kerja seharian, kamu bisa mencoba gerakan ringan barre. Barre dipercaya baik untuk membangun kekuatan otot inti dan glutes. Dengan rutin melakukan barre, kamu bisa melatih ketahanan otot tubuh. Duduk berjam-jam pun nggak jadi soal karena otot tubuh telah terlatih. Usahakan untuk melakukan barre secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya.

 

8. Angkat beban

Konon, orang yang terlalu lama duduk, punya risiko osteoporosis yang tinggi. Makanya, kamu harus mengantisipasi kemungkinan buruk ini dengan angkat beban. Lantas, apa hubungan angkat beban dan antisipasi osteoporosis?

 

Artikel Terkait: Manfaat Yoga Bagi Tubuh

  1. Mengatasi Nyeri Punggung dengan Cepat, Coba Lakukan Posisi Yoga Ini
  2. Ini Penjelasan Ahli Soal Hubungan Yoga dengan Kulit yang Lebih Sehat dan Cantik!
  3. Benarkah Yoga Mengatasi Mata Minus? Cek Infonya Disini

 

Kalau terlalu lama duduk, kepadatan tulang akan berkurang. Ini dia penyebab dari kemungkinan terserang osteoporosis. Dengan angkat beban bisa membuat tulangmu dalam kondisi prima dan kepadatannya nggak mudah berkurang, gengs!

 

9. High Intensity Interval Training (HIIT)

Apakah kamu pernah mendengar istilah High Intensity Interval Training? Olahraga ini cocok untuk kamu yang ingin berolahraga dalam waktu yang singkat. Meski nggak memakan banyak waktu, tapi tetap berkhasiat untuk kesehatan tubuh, kok!

 

HIIT sangat bagus untuk meningkatkan detak jantung ketika kamu melatih kekuatan tubuh. Latihan HIIT fokus pada pinggul, punggung atas dan bahu.

 

Dengan melakukan gerakan ringan di atas, duduk berjam-jam nggak lagi masalah. Terpenting, ubah gaya hidupmu agar bisa sehat dan bugar setiap saat.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett