Beranda > Gaya Hidup > Benarkah Yoga Mengatasi Mata Minus? Cek Infonya Disini

Benarkah Yoga Mengatasi Mata Minus? Cek Infonya Disini

AGUSTO REYNALDOAgusto Reynaldo
Benarkah Yoga Mengatasi Mata Minus? Cek Infonya Disiniwatermark

TUNAIKU.COM – Lho, apa hubungannya penglihatan dengan yoga?Bagi yang masih asing dengan olahraga ini maka kamu akan mendapatkan berbagai informasi kelebihan yoga. Beberapa gerakan yoga ditujukan untuk meningkatkan fungsi-fungsi dari organ tubuh. Termasuk bagian penglihatan yaitu mata.

 

Yoga bahkan memiliki beberapa gerakan yang bisa meningkatkan fungsi mata dan “menyembuhkan” beberapa masalah penglihatan, seperti myopuia (rabun jauh), hypermetropia (rabun dekat) hingga gangguan penglihatan lainnya.

 

Tetapi berbeda dengan gangguan penglihatan seperti katarak dan glaukoma, yang terjadi karena infeksi dari bakteri. Dalam hal ini gangguan penglihatan terjadi karena rusaknya otot mata yang timbul akibat masalah mental atau emosi. Nah, beberaa gerakan yoga ini jika rutin dilakukan maka dapat membantu penglihatanmu menjadi lebih baik.

 

Penasaran, seperti apa gerakan yoga yang dapat membantumu mengatasi gangguan pada mata?

 

Artikel terkait: Berolahraga itu perlu lho!

  1. Yuk, Lakukan Kegiatan Ini, Tanpa Disadari Seperti Berolahraga!
  2. Kata Zodiak, Ini Jenis Olahraga yang Cocok dan Pas Buatmu
  3. Ingin Punya Perut Rata, 10 Hal Ini Wajib Kamu Lakukan

 

Oh iya, sebelum melakukan gerakan-gerakan berikut ini, sebaiknya basahi dulu mata dengan air dingin. Jangan lupa untuk tetap menjaga kepala dan leher tetap lurus sepanjang gerakan.

1. Palming

Duduk dengan tenang dengan mata tertutup, dan ambil nafas untuk menenangkan dirimu terlebih dahulu.Seperti duduk saat bermeditasi.Gosok punggung tanganmu sampai terasa agak panas, dan letakkan punggung tanganmu di matamu. Resapi panas yang ada di tanganmu berpindah ke matamu. Tahan posisi ini sampai panas di tangan hilang. Ulangi gerakan ini sebanyak 3 kali.

 

2. Berkedip

Kalau yang ini cukup mudah. Duduk tenang dengan mata terbuka, berkediplah secara cepat sebanyak 10 kali. Setelah itu, tutup matamu dan rilekslah selama 20 detik. Dalam kurun waktu itu, kamu bisa memainkan nafasmu. Ulangi gerakan ini sebanyak 5 kali.

 

3. Lirik ke samping

Duduk dengan kedua kakimu memanjang. Angkat kedua tanganmu dengan posisi tangan mengepal, sejajar dengan kakimu. Lalu, perhatikan ruang yang tercipta dari jarak antara kedua tanganmu, berhenti dan diam. Itu adalah titik awalmu, posisi netral. Dari situ, kamu pindahkan pandanganmu ke tangan kiri, balik lagi ke posisi netral, pindah ke tangan kanan, dan balik lagi ke posisi netral. Beri waktu tiap pandangan selama 3 detik. Itu merupakan 1 putaran. Ulangi gerakan tersebut hingga 20 putaran. Setelah selesai, tutup matamu dan istirahatlah sejenak. Oh iya, jangan lupa mainkan pernafasanmu. Tarik nafas saat di posisi netral, buang saat melihat ke kiri atau kanan.

 

4. Lihat ke samping bawah

Enggak jauh berbeda dengan gerakan sebelumnya, bedanya kalau tanganmu di gerakan sebelumnya diam di udara, di sini kamu meletakkan tanganmu di kaki. Jadi, duduk dengan kedua kakimu memanjang. Letakkan kedua tanganmu dalam posisi mengepal di kedua kaki, tangan kiri di kaki kiri dan tangan kanan di kaki kanan. Tengah adalah posisi netral. Dari situ, lihat ke tangan kiri, netral, lihat ke tangan kanan, dan netral. Sama, beri waktu tiap pandangan selama 3 detik.

Ulangi gerakan tersebut hingga 20 putaran. Kalau sudah selesai, tutup mata dan istirahatlah sejenak. Jangan lupa teknik pernafasannya ya.

 

5. Lakukan gerakan berputar

Masih enggak jauh berbeda. Duduk dengan kedua kakimu memanjang, letakkan tangan kirimu di kaki kiri, angkat tangan kananmu sejajar dengan kaki kanan, dalam posisi tangan mengepal. Tahan posisi, fokuskan matamu ke tangan kanan. Buat lingkaran menggunakan tangan kananmu, tapi sikunya jangan sampai bergerak. Lakukan gerakan ini sebanyak 10 kali di tiap tangan. 5 kali putarannya searah jarum jam dan 5 kali lagi melawan jarum jam.

 

6. Latih mata ke arah atas bawah

Duduk dengan kedua kakimu memanjang. Letakkan kedua tanganmu di kedua kakimu, dengan tangan dalam posisi mengepal. Lihat ke tangan kananmu. Angkat perlahan-lahan tangan kananmu setinggi mungkin. Kalau sudah maksimal, letakkanlah secara perlahan. Ikuti gerakan tanganmu tadi dengan matamu tanpa menggoyangkan kepalamu. Lakukan gerakan ini sebanyak 5 kali di setiap tangan. Ingat, kepala dan leher harus tetap tegak. Teknik pernafasan di sini adalah menghirup nafas ketika mata naik ke atas dan membuang nafas ketika mata turun ke bawah.

 

Artikel terkait: Info tentang fasilitas kesehatan

  1. Begini Langkah Melakukan Klaim BPJS Kesehatan pada Saat Keadaan Darurat
  2. Begini Cara Pendaftaran dan Manfaat Kartu Jakarta Sehat
  3. Yuk, Ketahui Perbedaan Antara BPJS Kesehatan dan Asuransi Swasta

 

7. Fokus dititik hidung

Boleh duduk atau berdiri, yang penting tegak dan tenang. Fokuskan penglihatanmu ke ujung hidung. Tahan selama 10 detik. Ulangi sebanyak 20 kali. Setelah kamu melakukan gerakan di atas, berbaringlah sejenak dan buat dirimu rileks. Bernafas secara teratur, dan jangan melawan perasaan atau sensasi yang dihasilkan dari gerakan-gerakan di atas.

 

Lakukan 7 gerakan di atas secara rutin dan kamu akan mendapatkan hasil yang semakin maksimal. Selamat mencoba!

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku.

Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!

KTA

 

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett