Beranda > Gaya Hidup > Lakukan Cara Ini Agar Kamu Berhenti Bertengkar dengan Pasangan Karena Keuangan

Lakukan Cara Ini Agar Kamu Berhenti Bertengkar dengan Pasangan Karena Keuangan

DEWI AYU NURJANAHDewi Ayu Nurjanah
Lakukan Cara Ini Agar Kamu Berhenti Bertengkar dengan Pasangan Karena Keuanganwatermark

TUNAIKU.COM – Keuangan adalah masalah klasik yang sering menjadi pemicu  pertengkaran antarpasangan. Entah kamu merasa kalau pasangan terlalu boros atau malah dia nggak jago mengatur keuangan. Persoalan seperti ini memang sulit sekali untuk dihindari.

 

Apalagi, kalau kamu dan pasangan berangkat dari background keluarga yang berbeda. Saya adalah tipe yang suka memakai uang untuk pengalaman dan keahlian. Sementara itu, ada juga orang yang lebih suka investasi daripada memakai uang untuk jalan-jalan ke tempat baru.

 

Artinya, tiap orang memiliki pandangan yang berbeda akan nilai dari uang. Bisa dipengaruhi oleh cara didik keluarga, pendidikan, sampai dengan kebiasaannya selama ini. Makanya, kamu nggak bisa serta-merta men-judge pasangan saat dia memakai uang untuk hal yang nggak kamu suka.

 

Cara terbaik yang bisa dilakukan adalah melakukan antisipasi. Dikutip dari Womensweekly.com, ini dia langkah antisipasi yang bisa kamu lakukan agar nggak bertengkar dengan pasangan karena masalah uang.

 

Artikel Terkait: Tips Mempersiapkan Pernikahan

  1. Agar Proses Pernikahanmu Nggak Kacau, Hindari 10 Hal Pemicu Pertengkaran Berikut!
  2. 7 Hal Penting untuk Mempersiapkan Pernikahan yang Wajib Diperhatikan
  3. Jalani LDR di Masa Persiapan Pernikahan, Kenapa Nggak?

 

1. Pembagian tugas sesuai keahlian

Nggak semua orang dilahirkan untuk menjadi seorang pengelola keuangan yang baik. Makanya, cari tahu kelebihan diri dan pasangan sebelum membagi tugas dalam mengelola uang.

 

Jika kamu adalah tipe planner, ambil tugas mengelola uang. Seperti mengatur pemasukan dan pengeluaran, serta menyusun strategi untuk target-target keuangan.

 

2. Ingat, ini hanya persoalan uang

Karena sudah telanjur emosi, kamu pun membawa-bawa masalah lain dalam pertengkaran. Seperti pasangannya yang nggak ikut mengurus anak dan jarang membantu membersihkan rumah. Padahal, masalah ini nggak ada sangkut pautnya dengan uang, lho.

 

Ajak pasangan berdiskusi tentang satu topik saja, yaitu uang. Ungkapkan apa keluhan yang kamu punya. Misalnya, dia terlalu banyak touring  sehingga memakan banyak bujet rumah tangga.  Cara ini jauh lebih baik daripada teriak-teriak sampai membanting barang karena emosi. Apalagi kalau sampai men-judge pasangan dengan ucapan, “That’s so like you”.

 

3. Kamu dan pasangan adalah satu tim

If you have a shared goals, you’ll both focus better.

 

Saat muncul masalah keuangan, banyak yang sibuk mencari kambing hitam. Alangkah baiknya, kebiasaan seperti ini ditinggalkan. Daripada sibuk mencari siapa yang salah, akan lebih baik jika kamu segera mencari solusi.

 

Ingat, kamu dan dia adalah satu tim yang harus mencari solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah keuangan. Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah menulis tujuan finansial.

 

Sebagai contoh, “bulan depan harus membayar tumpukan cicilan”. Bisa juga, “bulan depan harus menabung 10 persen dari gaji”, dan lainnya.  Kesannya memang sepele, tetapi cara ini terbukti ampuh untuk membuatmu lebih kompak dengan pasangan.

 

Artikel Terkait: Buat Kamu yang LDR, Wajib Tahu Ini!

  1. Hati-hati, Ini yang Akan Terjadi Saat Pacaran LDR!
  2. 5 Tips Jitu untuk Pasangan Menikah yang LDR Agar Hubungan Tetap Awet
  3. Pasangan Bekerja di Luar Kota, Lakukan Tujuh Tips LDR Ini

 

4. Diskusi tentang solusi

Pilih satu hari khusus untuk mendiskusikan masalah uang. Ingat, kamu harus fokus pada solusi, bukan mencari-cari siapa pihak yang mesti disalahkan, ya. Kamu bisa mengajak pasangan ke sebuah kafe mungil yang nggak terlalu ramai. Pesan segelas Americano dan camilan, lalu diskusikan masalah yang ada.

 

Cari tahu, apa yang membuat pengeluaran keluarga membengkak. Caranya, dengan menulis semua pengeluaran. Dari sini, kamu bisa melihat kemana larinya uang. Pakai kesempatan ini untuk membahas masalah keuangan secara rinci.

 

Karena terkadang, pertengkaran itu muncul karena kurangnya komunikasi. Hal ini diamini oleh konsultan keuangan Melbourne, Sheila Freeman, “part of the problem is that we don’t talk about it enough.”

 

Semoga dengan beberapa langkah antisipasi di atas, kamu dan pasangan nggak lagi bertengkar tiap kali diterpa masalah keuangan.

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

 

 

 

 

 

1

Mobile Site CTA

 

 

 

 

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett