Beranda > Gaya Hidup > 7 Cara Merawat Mobil di Musim Hujan Agar Kondisinya Prima

7 Cara Merawat Mobil di Musim Hujan Agar Kondisinya Prima

NESA WILDA MUSFIANesa Wilda Musfia
7 Cara Merawat Mobil di Musim Hujan Agar Kondisinya Primawatermark

TUNAIKU.COM – Musim hujan sudah datang lagi nih. Seperti namanya, tentu intensitas curah hujan yang turun lebih tinggi dari biasanya. Mungkin hampir setiap hari bisa turun hujan.

 

Ya, hujan memang bisa menjadi sumber berkah, tapi kalau tidak hati-hati dan melakukan persiapan yang baik, hujan bisa membawa kerugian bagimu. Nggak hanya jemuran yang nggak kering-kering, lebih parahnya adalah banjir di mana-mana.

 

Bagi kamu yang memiliki mobil mungkin akan lebih menguntungkan karena dapat terlindung dari air hujan. Tapi, terguyur hujan tentu akan ada pengaruhnya buat kondisi fisik mobilmu, kan?

 

Nah, supaya mobilmu selalu dalam kondisi prima saat musim hujan, coba deh lakukan 7 cara merawat mobil berikut ini. Bukan saja kamu akan terlindung dari guyuran hujan, tetapi juga dari hal-hal yang tidak diinginkan akibat kondisi mobil yang kurang prima.

 

1. Cek Suspensi

Memeriksa suspensi mobilmu bertujuan untuk mengetes apakah mobilmu dapat melaju dengan prima dalam kondisi jalan yang basah dan licin atau nggak. Kamu bisa mengeceknya lebih rinci di bengkel langgananmu.

 

Artikel terkait: Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Motor

  1. Jangan Keliru! Ini 5 Kesalahan Ketika Membeli Sepeda Motor yang Kerap Dilakukan
  2. Butuh Sepeda Motor Untuk Bekerja? Ini Kiat Beli Motor Kredit Pakai Tunaiku!
  3. 5 Motor Bebek Ini Dikenal Paling Irit Bensin! Apa Saja?

 

2. Cek Wiper dan Washer

Wiper dan washer adalah komponen paling penting pada mobil. Washer berguna untuk menyemprotkan air dan wiper akan menghapus curah hujan di kaca mobil. Di musim penghujan seperti ini, pastikan wiper dan washer mobilmu berfungsi dengan baik, ya.

 

3. Periksa Sistem Pengapian

Kamu perlu memeriksa kondisi koil, platina dan juga busi mobilmu. Jangan sampai busi mobilmu tertutup banyak debu dan kotoran. Selain itu, kamu juga perlu mengecek adanya elektroda yang aus dan terbakar. Lalu, pastikan nggak ada air hujan yang menetes pada sistem kelistrikan mobilmu karena ini akan menyebabkan adanya konsleting listrik di mesin mobilmu. Kamu nggak mau tiba-tiba ada api dan asap keluar dari mobilmu, kan?

 

4. Cek Dynamo Starter

Dinamo adalah bagian terpenting dari sistem mobil. Ini akan menentukan mobilmu dapat dinyalakan atau nggak. Kalau mobilmu nggak bisa dinyalakan, berarti ada kemungkinan air hujan sudah merusak dynamo starter mobilmu.

 

KTA, tunaiku, pinjaman tunai, pinjaman online, pinjaman tanpa agunan, pnjaman tanpa jaminan, pinjaman mudah dan cepat, amar bank indonesia, cara merawat mobil di musim hujan

 

5. Jangan Tunggu Sampai Kering

Kalau mobilmu terguyur air hujan, bilaslah segera setelah kamu sampai di tempat tujuan. Jangan tunggu sampai mobilmu kering. Karena ini akan membuat cat mobilmu cepat mengelupas. Bilas dan cucilah segera setelah mobilmu terguyur hujan. Setelah membilas mobilmu pastikan kamu juga mengelapnya dengan lap kering, ya.

 

6. Jangan Sepelekan Kaki-kaki Mobil

Kalau kamu tengah membilas mobilmu jangan lupa kaki-kaki mobilmu juga, ya. Ini bagian yang paling rentan karena bagian ini lah yang menerjang air hujan secara langsung. Kamu bisa menyiram bagian bawah mobil dengan air bertekanan tinggi untuk membersihkannya dari kotoran dan bekas air hujan.

 

Artikel terkait: kewajiban-kewajiban lainnya untuk pemilik kendaraan pribadi

  1. Mengurus Balik Nama Mobil, Berapa Biayanya?
  2. Mau Beli Kendaraan Bekas? Simak Langkah Mengurus Balik Nama Beserta Estimasi Biayanya Berikut Ini
  3. Belajar dari Heboh Mobil Mewah Raffi Ahmad, Ini Hal yang Harus Kamu Ketahui Soal Pajak Kendaraan Bermotor!

 

7. Siapkan P3K

Kamu nggak tau apa yang akan terjadi ketika berkendara di tengah hujan yang lebat. Jalanan licin dan pandangan yang berkabut sangat berisiko mengakibatkan kecelakaan. Pastikan kamu sudah menyiapkan P3K untuk berjaga-jaga jikalau hal buruk terjadi.

 

Nah, itu dia 7 tip merawat kendaraan di musim hujan. Jaga mobilmu dari dampak negatif air hujan yang dapat merusak mobil, ya.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett