Beranda > Gaya Hidup > 7 Aplikasi yang Nggak Penting dan Bikin Boros Daya Baterai Smartphone

7 Aplikasi yang Nggak Penting dan Bikin Boros Daya Baterai Smartphone

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
7 Aplikasi yang Nggak Penting dan Bikin Boros Daya Baterai Smartphonewatermark

TUNAIKU.COM – Daya baterai smartphone-mu cepat habis dan boros kuota? Setiap akan memfoto, harus rempong menghapus foto yang berasal dari kiriman WhatsApp group karena memory space yang semakin terbatas? Kalau iya, kamu mengalami hal yang serupa dengan saya, hehe.

 

Artikel terkait: Pahami ini buat kamu pengguna android

  1. 5 HP Android Layar Besar yang Cocok Untuk Para Gamers
  2. 7 Kesalahan yang Tanpa Disadari Bikin HP Android Cepat Rusak
  3. HP Android Murah dengan Kamera Malam Terbaik

 

Kendala yang saya alami di atas sebenarnya bersumber pada adanya banyak aplikasi di smartphone saya. Kalau dipikir-pikir, sebenarnya ada beberapa aplikasi yang nggak begitu penting dan akan lebih baik jika dihapus saja. Karena aplikasi yang nggak penting ini justru sering bikin boros daya baterai smartphone.

 

Beberapa aplikasi yang nggak penting dan bikin boros daya baterai dan juga memory space antara lain:

 

1. Aplikasi browser bawaan andorid

Dalam berselancar di mesin pencari, ada bermacam-macam aplikasi browser yang bisa digunakan. Saran saya sih, kamu cukup menggunakan Chrome saja. Jadi kamu bisa mulai menghapus aplikasi browser bawaan android. Fitur ini bisa menghemat data hingga 34%, lho.

 

2. Aplikasi pembersih dan peningkat kinerja

Cara kerja aplikasi pembersih semacam Clean Master  adalah pembersihan aplikasi dan meningkatkan performa smartphone. Sayangnya, aplikasi yang dihapus kadang masih menyisakan data tersembunyi (cached data) yang juga memakan memori. Belum lagi ada iklan in apll yang menghabiskan kuota. Daripada menggunakan aplikasi ini, lebih baik beralih ke cara manual untuk membersihkan dengan settings >> apps >> Download, tekan salah satu aplikasi lalu clear chace. Dengan menghapus Clean Master kamu sudah menghemat space sekitar 17 MB.

 

3. Aplikasi anti virus gratis

Sebenarnya kalau kita bisa menggunakan smartphone secara bijak, aplikasi ini nggak akan dibutuhkan dan justru hanya akan membuat daya baterai semakin boros. Setelah menghapus aplikasi ini, kamu memang dituntut untuk lebih hati-hati saat mengunduh aplikasi.

 

Tapi Google juga sudah semakin tanggap kok dalam mengidentifikasi dan menghapus aplikasi berbahaya dari Google Play Store, kok. Ukuran Antivirus Android umumnya 18MB, tapi ada juga Kaspersky Mobile 40MB. Lumayan, kan?

 

4. Aplikasi cuaca

Pembaruan berkala dari aplikasi ini sangat bikin boros daya baterai smartphone kamu. Padahal, untuk megetahui informasi seputrar cuaca bisa menggunakan fitur Google Now yang pasti nggak memakna daya baterai dan RAM terlalu banyak. Kamu bisa menghemat 5,9 MB sampai 11 MB, lho.

 

Artikel terkait: Aplikasi yang mempermudah kegiatanmu

  1. Jangan Manual, Nih Ada Aplikasi yang Bikin Hitung-Hitungan Patungan Dengan Teman Jadi Lebih Mudah
  2. Persiapkan Aplikasi Ini di Saat Darurat Sebelum Bencana
  3. Calon Pengantin Wajib Punya 7 Aplikasi Smartphone Ini. Penting!

 

5. Facebook

Aplikasi ini cukup memakan banyak kuota dan daya baterai setiap harinya. Space-nya pun menghabiskan cukup banyak RAM. Padahal, kalau dipikir-pikir nggak tiap hari saya membuka Facebook. Cukup membuka saat butuh melalui Google pun sebenarnya bisa. Akhirnya saya menghapus aplikasi ini dan memberikan ruang lebih sekitar 62 MB pada ponsel dan daya baterai smartphone saya pun jadi lebih hemat.

 

KTA, tunaiku, pinjaman tunai, pinjaman online, pinjaman mudah dan cepat, pinjaman tanpa agunan, pinjaman tanpa jaminan, amar bank indonesia, kredit tanpa agunan, kredit tanpa jaminan, kredit mudah dan cepat, aplikasi bikin boros daya baterai, aplikasi smartphone

 

6. Facebook Messenger

Saya pernah meng-install aplikasi ini, tapi nggak lama kemudian langsung saya hapus. Selain menghabiskan space, daya baterai saya cepat habis karena seringnya chat masuk. Akhirnya demi kenyamanan saya lebih prefer untuk melakukan chating via WhatsApp saja. Dengan menghapus aplikasi ini saya pun menghemat ruang sekitar 56 MB.

 

7. WhatsCall

Kelebihan aplikasi ini adalah kamu bisa mendapatkan kredit gratis kalau bisa mengundang teman atau melihat iklan. Itu kalau kamu lagi beruntung, ya. Kalau nggak, bukannya untung, kamu bisa buntung karena cepat kehabisan baterai, kuota, dan RAM karena memakan 28 MB sendiri. Toh panggilan bisa dilakukan pakai WhatssApp biasa.

 

Bagaimana denganmu? Dari 7 aplikasi di atas, mana yang kamu punyai? Kalau dirasa nggak begitu butuh, saran saya sih, dihapus saja karena dengan begitu kamu bisa menghemat daya baterai sekaligus memory space di smartphone kamu.

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku. Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett