Beranda > Gaya Hidup > 6 Hal yang Membuktikan Bahwa Hobimu adalah Passion-mu

6 Hal yang Membuktikan Bahwa Hobimu adalah Passion-mu

WINNY WITRA MAHARANI TUNAIKUWinny Witra Maharani
6 Hal yang Membuktikan Bahwa Hobimu adalah Passion-muwatermark

TUNAIKU.COM – Apa hobimu? Kulineran, nge-blog, melukis? Bagi sebagian orang, hobi itu nggak lebih dari sekadar kegiatan yang mereka lakukan di waktu senggang. Sebagai cara bersantai, melepas penat dari rutinitas sehari-hari yang melelahkan.

 

Namun, ada pula yang menganggap hobi mereka lebih serius lagi. Yang menganggap hobi adalah salah satu cara untuk mengenali diri sendiri. Melihat potensi dan passion, yang mungkin tanpa disadari mereka miliki.

 

Artikel terkait: Inspirasi dari hobimu.  

  1. Kamu Suka Binatang? Pekerjaan ini Sangat Cocok Bagi Kamu!
  2. Ini Suka-Duka Buat Kamu yang Hobi Banget Dandan
  3. 10 Ide Kreasi Benang Wol untuk Percantik Rumah

 

Misalnya nih, hobi saya adalah jalan-jalan sendirian, mengamati interaksi orang-orang dengan situasi di sekeliling mereka. Singkatnya, menjadi observer. Nah, dari sini, sebenarnya bisa jadi passion saya ada di bidang riset sosial. Mengenali passion, dapat membuka cakrawala baru untuk menetapkan bidang pekerjaan yang tepat untukmu.

 

So, apa saja tanda-tanda kalau hobimu itu bisa jadi adalah passion-mu yang terpendam?

 

1. Kamu melakukannya dengan sepenuh hati, alias all out

Saat kamu melakukan hobimu itu, kamu akan melakukannya dengan sepenuh hati, penuh energi dan antusiasme. Nggak perlu tuh, menunggu untuk disuruh-suruh atau diingatkan. Seratus persen karena ya kamu memang mau melakoninya atas kemauanmu sendiri.

 

Kamu jadi lupa waktu. Bahkan nggak merasa lelah setelah seharian berkutat di dapur, ditemani dengan tepung, telur, mentega, dan kawan-kawan. Baking, adalah passion-mu!

 

2. Ada rasa bahagia saat kamu melakukannya

Ada perbedaan antara merasa ikhlas melakukan sesuatu, dan merasakan kebahagiaan. Dan, jika saat sedang mengasuh keponakanmu, atau sedang ngobrol dengan anak-anak, hatimu merasa bahagia, well, mungkin menjadi seorang nanny atau seseorang yang berinteraksi dengan bocah-bocah setiap harinya adalah passion­-mu.

 

3. Nggak keberatan saat harus mengeluarkan effort lebih

Biasanya nih, orang-orang akan batal mengerjakan sesuatu yang butuh effort. Effort untuk menyediakan peralatan tertentu, misalnya. Namun, kalau sudah passionate, jangankan harus membeli, kamu nggak keberatan lho mencari item itu sampai blusukan ke pasar-pasar –nggak sekadar beli online.

 

4. Kamu merasakan adanya kemajuan dan peningkatan di bidang ini

Kalau sekadar hobi, mungkin kamu nggak akan merasa tuh adanya kemajuan di petikan gitarmu. Karena kamu nggak berniat untuk memperbaiki skill, dan karena gitaran ya sekadar pengisi waktu senggang.

 

Lain halnya kalau musik, terutama gitar adalah passion­-mu. Kamu akan merasa perlu untuk meningkatkan kemampuan. Kamu pun secara sadar berlatih lebih sering, mencari tahu tips dan trik, dan akhirnya melihat ada kemajuan. Yang awalnya hanya bisa gonjreng lagu Pelangi-Pelangi Alangkah Indahmu, menjadi bisa memainkan lagu-lagunya The Beatles.

 

5. Ada rasa bangga dan pencapaian saat kamu melakoninya

Semua orang, tentunya bisa sukses melakukan sesuatu jika mereka berusaha. Namun, nggak semua hal yang sukses dilakukan, memberikan rasa bangga dan pencapaian. Ataupun menjadi alasan untuk menjadi lebih dan lebih.

 

Beda halnya jika hobimu adalah passion-mu. Saat kamu menulis dan berhasil dipublikasikan di di media baik cetak maupun online lantas dibaca banyak orang dengan respon positif, serta merta aka nada rasa bangga yang terselip. Yang rasa-rasanya nggak bisa diganti dengan hal-hal lain meskipun ya bisa jadi sama suksesnya. Lama kelamaan, kamu akan paham, bahwa menulis adalah true calling yang harus kamu sahut.

 

6. Tidak menempatkan uang sebagai tujuan utama

Tentu saja akan sangat menyenangkan, apabila hobi yang kamu lakoni dapat menghasilkan uang. Namun, untuk hobi yang kamu lakukan dengan passion, hal ini bisa jadi nggak terlintas di benakmu. Kamu akan tetap menjadi relawan di shelter hewan, meskipun nggak digaji. Kamu tetap merajut tas, baju, atau boneka meskipun bukan jadi barang yang dijual.

 

Uang, bukanlah ultimate goal. Karena, bukan di situ motivasimu. Motivasimu melakukannya nggak terletak di materi, tapi memang datang dari perasaan bahagia, antusias, dan kepuasan dari sekadar melakukannya.

 

Bagaimana? Setelah membaca daftar di atas, kira-kira ada sesuatu yang terlintas di benakmu, kah?

 

Artikel terkait:  Untuk mendukung hobimu

  1. Hobi Baru yang Patut Kamu Coba di Tahun 2019 Berdasarkan Zodiak
  2. Doyan Membaca? 6 Jurusan Ini Dapat Kamu Pilih untuk Mengembangkan Hobimu!
  3. 5 Rekomendasi Kelas Teater di Jakarta untuk Calon Aktor Masa Depan

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett