Beranda > Gaya Hidup > 5 Rekomendasi Kelas Teater di Jakarta untuk Calon Aktor Masa Depan

5 Rekomendasi Kelas Teater di Jakarta untuk Calon Aktor Masa Depan

WINNY WITRA MAHARANI TUNAIKUWinny Witra Maharani
5 Rekomendasi Kelas Teater di Jakarta untuk Calon Aktor Masa Depanwatermark

TUNAIKU.COM –  Bermimpi menjadi seorang aktor seni peran sehebat Tio Pakusadewo, Reza Rahadian, Adinia Wirasti, dan nama-nama besar lainnya? Kalau begitu, kamu harus benar-benar rajin mengasah bakat akting. Karena, kalau bermodalkan tampang saja nggak akan cukup untuk membawamu ke posisi seperti dua nama di atas.

Selain kebisaan akting, kamu juga harus punya ilmu seni peran lainnya seperti olah pikiran, olah suara, olah tubuh, dan unsur penunjang seni peran seperti kostum, ruang, properti, dan musikal. Wah, ternyata banyak juga ya?

 

Artikel terkait: Sekolah profesi di Indonesia

  1. Mau Jadi Atlet Sepakbola? Inilah Sekolah Sepakbola di Jabodetabek!
  2. 10 Sekolah Kuliner Terbaik di Indonesia, Cetak Chef Profesional dan Pengusaha
  3. Mau Jadi Ahli Peracik Kopi? Belajar di Sekolah Barista Saja

 

Jika kamu memang berniat mendalami seni peran, kamu bisa kok mengambil kelas teater di sela-sela kesibukan utamamu. Atau mungkin menjadikannya sebagai pendidikan utama. Di Jakarta, ada banyak kelas teater yang telah melahirkan nama-nama aktor terkemuka Indonesia. Berikut rekomendasinya dari Swara Tunaiku, ya.

 

1. Sanggar Ananda

Sanggar Ananda berdiri pada tahun 1989 dan dipimpin oleh Aditya Gumay, sutradara yang dikenal lewat Lenong Bocah (1994) dan film Emak Ingin Naik. Beberapa nama yang diorbitkan oleh sanggar ini misalnya, Dude Harlino, Indra Bekti, Ruben Onsu, dan Dhea Imut.

Untuk masalah biaya, Sanggar Ananda mematok harga sesuai kelas yang diikuti. Jika ingin mengikuti kelas reguler dengan materi akting, presenter, modeling dan modern dance, biayanya sekitar Rp 2,6 juta dengan rincian uang pangkal sebesar Rp 2 juta, iuran bulanan Rp 350 ribu per bulan dan uang seragam sebesar Rp 250 ribu per bulan.

Setelah itu, kamu hanya perlu membayar iuran bulanan sebesar Rp 350 ribu, minimal selama 6 bulan dengan 4 kali pertemuan setiap bulannya. Kelas intensif sedikit lebih mahal, Rp 3 juta dengan skema yang sama. Kelas yang ditawarkan dibagi menjadi kategori usia, yaitu 4 – 7 tahun (anak-anak), 13 – 20 tahun (remaja), dan 21– 50 tahun (dewasa).

 

2. Didi Petet Acting School (DPAS)

Almarhum Didi Petet, nggak hanya meninggalkan nama harum sebagai seorang aktor kawakan. Ia juga nggak segan-segan membagi pengetahuan dan kemampuan aktingnya melalui  Didi Petet Acting School (DPAS) yang berlokasi di Dharmawangsa Square, Jaksel

Di DPAS, materi yang diberikan meliputi Aktualisasi Diri, Konsentrasi, Imajinasi dan Penghayatan, Analisa Naskah, Analisa Peran dan Observasi, dan Menciptakan Peran. Kamu bisa memilih pilihan kelas yang ditawarkan, yang terdiri dari kelas reguler (3 bulan) dengan kisaran harga sebesar Rp 4 -5 juta, kelas privat & group (10 kali pertemuan), dan kelas eksklusif bersama Yayu AW Unru (dulunya dengan alm. Didi Petet).

Dengan usia minimal untuk masuk DPAS adalah 15 tahun, kelas ini cocok untuk remaja sampai kakek-nenek, nih. Setelah selesai masa pendidikan, para murid akan unjuk kebolehannya di graduation day.

 

3. Hollywood Acting School

Kredibilitas sekolah akting satu ini nggak perlu diragukan lagi, sih. Pasalnya, ada nama-nama besar seperti Anjasmara, Adipati Dolken, dan Shanker RS di belakangnya.  Kurikulum yang ada, disarikan langsung dari pengalaman para pendirinya. Satu hal lagi, karena dibuat dengan sistem one-stop dan bekerjasama dengan salah satu agensi, jebolan sekolah ini punya kesempatan besar untuk direkrut oleh Headline Management Artist.

Jebolannya? Ada Chicco Jerikho, Riza Shahab, Yama Carlos, dan Kevin Lukas! Biaya sekolahnya pun cukup terjangkau. Sekitar Rp 3,5 – 4 juta untuk kelas reguler. Informasi lebih detail untuk harga kelas, kamu bisa langsung mendatangi kantornya di Jl. Panjang, Jakarta Barat.

CTABARU4

Mobile Site CTA

4. Aura Entertainment

Ingin mulai belajar seni peran dari usia 4 tahun; atau bahkan baru mau mencoba saat sudah 50 tahun? Kamu bisa mendaftarkan diri ke Aura Entertainment, yang berlokasi di Jalan Kramat 2, Jakarta Barat. Aura Entertainment dua jenis kelas yaitu kelas reguler dengan biaya pendaftaran dan bulanan masing-masing sebesar Rp 500 ribu. Atau, kelas eksklusif dengan total Rp 5 juta untuk 12 bulan.

 

5. Pena Artha Cinema School

Di Pena Artha Cinema School, pelajaran yang kamu terima nggak hanya di poin kemampuan akting, tapi juga keahlian dan keterampilan lain yang memungkinkan para lulusannya bekerja di bidang perfilman. Plus, dijadikan prioritas terlibat sebagai talent dan crew produksi yang dilaksanakan oleh ARTHA Production.

Beberapa kelas yang ditawarkan yaitu, kelas akting basic dan intermediate, sinematografi dasar, sound engineering, dan cinema editing. Harga masing-masing kelas yang ditawarkan beragam, tergantung tingkatannya. Untuk informasi lebih detail, kamu bisa langsung mendatangi kantornya yang berlokasi di Senayan Trade Center lt. 1 no. 1057 – 1058A, Jl Asia Afrika Pintu IX Gelora Senayan, Jakarta Pusat.

Kesempatan berkarir di dunia seni peran itu terbuka lebar kok. Apalagi untuk kamu yang sudah yakin benar memiliki passion dan bakat. Jika serius mengembangkannya, bukan nggak mungkin kamu bisa bersanding dengan aktor favoritmu suatu hari di satu layar. Semangat untuk mewujudkan impanmu ya, selamat menjadi aktor!

 

Artikel terkait: Serba-serbi sekolah anak

  1. Wajib Tahu, Ini Bedanya Sekolah Nasional, Nasional Plus dan Internasional
  2. Para Orang Tua, Apa Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memilih Sekolah Anak?
  3. Anak Mau Masuk Sekolah? Duh, Butuh Duit Nih!

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku.

Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett