Beranda > Gaya Hidup > 5 Tips Bersih-Bersih HP Android yang Mulai Lemot

5 Tips Bersih-Bersih HP Android yang Mulai Lemot

5 Tips Bersih-Bersih HP Android yang Mulai Lemotwatermark

TUNAIKU.COM – Memang, Android itu merupakan handphone yang paling digandrungi oleh orang Indonesia. Pada tahun 2015, Waiwai Marketing mengumpulkan data yang hasilnya bisa memperkirakan jumlah ponsel  yang digunakan di Asia Tenggara, salah satunya jelas ada Indonesia.

 

Dan, tahukah kamu? Pengguna Android di Indonesia mencapai 94% dari jumlah keseluruhan pengguna ponsel pintar, yaitu sebanyak 41 juta pengguna. Sedangkan iOS, sistem operasi untuk Apple, hanya sebanyak 2,8 juta pengguna atau 6% saja.

 

Tentu itu bukan sesuatu yang mengejutkan. Mengingat selain harganya yang lebih terjangkau, Android juga memiliki banyak alternatif, nggak seperti iOS yang hanya ada Apple saja, fitur-fitur yang lebih oke, dan pengguna juga lebih leluasa mengkreasikan tampilan bagaimana yang dimau.

 

Tapi, di balik segala kelebihannya itu, yang sering dikeluhkan dari Android adalah kinerjanya yang semakin lama semakin lemot. Saat baru dipakai sih oke dan gaspol, tapi beberapa bulan kemudian pasti kinerjanya jadi jauh menurun.

 

Artikel terkait: Seputar teknologi yang kamu perlu tahu

  1. 5 Aplikasi Perekam Panggilan Telepon. Wajib Ada di Ponsel Android Kamu Nih!
  2. 5 Kamera Mirrorless Terbaik Saat Ini! Kamu Pilih yang Mana?
  3. Rekomendasi Laptop Untuk Anak Kuliahan Sesuai Dengan Jurusan Kuliah

 

Nah, buat kamu pengguna Android yang menemui masalah seperti ini, berikut beberapa tips yang bisa lakukan untuk mengembalikan kinerja ponsel Androidmu yang mulai lemot menjadi seperti saat baru beli lagi.

1.Selalu update sistem terbaru

Ini salah satu langkah paling penting yang bisa kamu lakukan untuk memastikan ponselmu tetap terjamin. Saat kamu menemukan ada pembaruan untuk ponselmu, segera unduh pembaruan tersebut. Selain memperbaiki kinerja ponselmu, pembaruan juga biasanya terdapat fitur-fitur baru.

 

Kalau ponsel kamu sudah nggak diberikan pembaruan lagi oleh produsennya? Itu adalah tanda kalau ponsel kamu sudah cukup tua.

 

2. Aplikasi anti virus cukup satu saja

Beberapa pengguna Android yang saya kenal punya kecenderungan memiliki aplikasi anti virus, nggak hanya satu, bahkan ada yang dua atau tiga. Hal ini selain nggak ada gunanya, aplikasi anti virus itu pun hanya menuh-menuhin ponselmu saja.

 

Sudahlah enggak ada gunanya, RAM ponselmu pun jadi boros dan performa Androidmu pun lemot. Beberapa ponsel Android yang saya tahu sudah ada aplikasi anti virus bawaan sistem, itu sudah cukup kok. Kalaupun memang belum ada ya cukup unduh saja satu.

 

3. Matikan aplikasi yang nggak terpakai

Kalau ada aplikasi yang jarang atau sama sekali enggak pernah dipakai, lebih baik dihapus saja. Karena walaupun kamu nggak memakai aplikasi itu, ruang penyimpanan dan pemprosesan ponselmu tetap saja dipakai. Jadi aplikasi tersebut sedikit banyak punya andil dalam memperlambat performamu.

 

Kalau nggak bisa dihapus karena itu merupakan aplikasi bawaan sistem, kamu bisa mematikan aplikasi tersebut supaya nggak memakan memori. Tiap Android tentu caranya berbeda, tapi kebanyakan cukup kamu ke pengaturan dan pergi ke bagian aplikasi. Di situ kamu tinggal pilih aplikasi mana yang ingin kamu matikan, dan pilih disable atau force stop. Kalau ada pilihan uninstall ya lebih baik.

 

4. Bersihkan home screen

Seperti yang saya bilang, salah satu kelebihan memakai Android adalah keleluasaan “menghias” ponselmu. Misalnya di home screen kamu bisa menaruh banyak shortcut aplikasi atau memasang wallpaper yang bergerak.

 

Hal tersebut sangat nggak direkomendasikan kalau Androidmu sudah mulai lemot. Segera besihkan semua shortcut dan ganti wallpaper bergerak yang kamu pasang kalau ponsel kamu sudah melambat, oke?

 

Artikel terkait: Seputar handphone yang perlu kamu tahu

  1. Tren Teknologi Smartphone 2018, Kamu Tertarik yang Mana?
  2. Agar Hidup Berjalan Lancar, Ini 5 Gadget yang Harus Dimiliki Perempuan Bekerja
  3. 7 Cara Mudah Mengurangi Dampak Radiasi Gadget!

5. Factory reset

Kalau kamu mau cara yang lebih mudah dan lebih pasti dalam mempercepat kinerja Androidmu, factory reset adalah cara yang paling pas. Software ponsel kamu akan kembali seperti saat kamu baru membelinya dan segala data yang ada di dalam pun dibersihkan.

 

Mungkin bagian yang bikin capeknya adalah saat kamu mengunduh ulang aplikasi dan memasukan lagi data-data ke dalam ponselmu. Selain itu, factory reset nggak ada kekurangannya lagi. Kinerja ponsel kamu akan menjadi cepat lagi seperti sediakala.

 

Nah, itu dia beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk menjaga Androidmu tetap memiliki performa yang oke dan nggak lemot. Oh iya, jangan lupa rutin bersihkan cache ponselmu ya!

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

1

 

 

 


AGUSTO REYNALDO

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett