Beranda > Gaya Hidup > 7 Cara Mudah Mengurangi Dampak Radiasi Gadget!

7 Cara Mudah Mengurangi Dampak Radiasi Gadget!

KENNY CAROLINEKenny Caroline
7 Cara Mudah Mengurangi Dampak Radiasi Gadget!watermark

TUNAIKU.COM – Manusia zaman sekarang nggak bisa lepas dari gadget. Saya sendiri, walau bukan pecandu gadget, tetap nggak bisa keluar rumah tanpa membawa gadget. Nggak heran karena gadget menunjang pekerjaan dan hidup kita sehari-hari. Contohnya saya nih, saya butuh gadget untuk mengakses berita, update pekerjaan dalam grup kantor, hingga memesan makan atau memesan ojek online.

 

Sayangnya, selain bermanfaat, gadget juga memiliki dampak negatif pada tubuh jika digunakan secara berlebihan. Dalam jangka panjang, penggunaan gadget bisa menyebabkan berbagai penyakit akibat radiasi ponsel (radio frequency). Berbagai artikel menyebutkan radiasi gadget bisa menyebabkan gangguan mental, kanker, masalah reproduksi, dan kerusakan otak secara permanen. Duh, serem banget.

 

Situasi ini jelas serba salah. Gadget kan sudah menjadi kebutuhan primer. Nggak mungkin tiba-tiba kita mengasingkan diri dan nggak pakai gadget untuk menghindari radiasinya.

 

Setelah membaca beberapa artikel, saya pun mengetahui bahwa penggunaan ponsel itu harus bijak. Berikut adalah cara mudah mengurangi dampak radiasi gadget yang bisa kamu lakukan.

 

1. Gunakan headset saat menelpon

Gadget mengeluarkan lebih radiasi dalam mode panggilan. Karena itu, kamu sebaiknya kamu menggunakan headset saat sedang berbicara di telepon. Terkena radiasi gadget dalam jangka panjang bisa memicu kerusakan pada jaringan otak, lho. Jadi, mulai dari sekarang pergunakan headset-mu ya.

 

Artikel Terkait: Aplikasi yang berguna buat kamu.

  1. Jangan Manual, Nih Ada Aplikasi yang Bikin Hitung-Hitungan Patungan Dengan Teman Jadi Lebih Mudah
  2. Persiapkan Aplikasi Ini di Saat Darurat Sebelum Bencana
  3. Calon Pengantin Wajib Punya 7 Aplikasi Smartphone Ini. Penting!

 

2. Jangan mengantongi ponsel

Walau sedang nggak pakai gadget, kamu tetap rentan terhadap radiasi karena gadgetmu terus mengeluarkan radiasi walau dalam jumlah sedikit. Karena itu, hindari mengantongi gadget. Sebaliknya, simpanlah di tempat yang aman seperti di tas.

 

3. Komunikasi lewat teks

Komunikasi lewat teks (SMS atau aplikasi percakapan) bakal menghindarkanmu dari pancaran radiasi yang lebih banyak. Tubuhmu juga bakal punya jarak dari gadget bila kamu memilih jenis komunikasi ini. Dengan demikian, kamu menerima radiasi yang lebih sedikit. Bonusnya, biaya komunikasi lewat gawaimu jadi lebih murah.

 

4. Batasi penggunaan gadget dalam kendaraan

Banyak orang yang memakai gadget saat sedang dalam mobil atau kereta untuk mengusir kebosanan dan membunuh waktu. Namun tahukah kamu? Tindakan itu kurang bijak dan bisa mengancam kesehatanmu. Penggunaan gadget dalam kendaraan yang bergerak cepat bisa memicu ponsel untuk menangkap sinyal dari satu tower ke tower lainnya. Hasilnya, radiasi yang dikeluarkan gadget-mu pun menjadi lebih banyak.

 

5. Musik dan video offline

Salah satu cara mudah mengurangi radiasi gadget adalah membatasi mendengarkan musik atau menonton video secara online. Unduhlah terlebih dahulu lagu atau file yang kamu inginkan. Selain itu, kamu bisa meminimalisir radiasi dengan mengaktifkan airplane mode saat mendengarkan musik atau menonton video. Toh, kamu nggak butuh sinyal juga. Untuk standar zaman sekarang, hal ini memang terdengar ribet. Tapi demi kesehatan, kenapa nggak?

 

Artikel Terkait: Hal-hal yang harus dipahami pengguna android.

  1. 5 HP Android Layar Besar yang Cocok Untuk Para Gamers
  2. 7 Kesalahan yang Tanpa Disadari Bikin HP Android Cepat Rusak
  3. HP Android Murah dengan Kamera Malam Terbaik

 

6. Jauhkan ponsel dari kepala saat tidur

Jangan pernah meletakkan gagdet di dekat kepalamu saat hendak tidur. Sebab, gawaimu bakal tetap mencari sinyal walau nggak kamu gunakan. Meletakkannya dekat kepala bukanlah pilihan bijak. Sebaiknya, pasang airplane mode atau nonaktifkan ponsel. Toh, kamu nggak memakainya saat tidur. Cara ini juga bisa membantumu tidur nyenyak.

 

KTA, tunaiku, pinjaman tunai, pinjaman online, pinjaman mudah dan cepat, pinjaman tanpa agunan, pinjaman tanpa jaminan, amar bank indonesia, kredit mudah tanpa agunan, kredit online, kredit tanpa kartu kredit, gadget, radiasi gagdet, cara mengurangi radiasi gadget

 

7. Lepaskan headset

Saat kamu nggak menggunakan headset, pisahkan benda tersebut dari ponselmu. Sebab, headset yang tersambung dengan ponsel itu mengeluarkan radiasi, terutama bluetooth headset.

 

Ternyata cara untuk mengurangi radiasi ponsel itu cukup gampang ya. Saya sudah siap-siap untuk menjalankannya nih. Ponsel memang penting, tapi kesehatan jauh lebih penting. Karena itu gunakan gadget-mu dengan lebih bijak dari sekarang ya.

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku. Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett