Beranda > Karier Sukses > 10 Kampus Terbaik Jurusan Seni Musik, Labuhan Hati Pencinta Musik

10 Kampus Terbaik Jurusan Seni Musik, Labuhan Hati Pencinta Musik

HENDRATANU WIJAYAHendratanu Wijaya
10 Kampus Terbaik Jurusan Seni Musik, Labuhan Hati Pencinta Musikwatermark

TUNAIKU.COM – “Musik” itu ibarat “bahasa” yang nggak terikat oleh aksara untuk bisa dipahami setiap individu. Nggak heran kalau semua orang pasti bisa menikmati musik. Bahkan saya yakin, tidak ada satu orang pun yang dapat melakukan aktivitasnya tanpa mendengarkan musik.

Sayangnya, hal ini justru berbanding terbalik dalam dunia pendidikan seni khususnya jurusan seni musik. Meski musik sangat diapresiasi oleh seisi bumi, jurusan seni musik malah masih dipandang sebelah mata. Contoh paling sederhana adalah ketika kamu antusias mendalami musik sebagai destinasi kuliah, cibiran “mau jadi apa setelah lulus” akan semakin akrab di telinga kamu.

Padahal, karier di bidang musik juga nggak kalah menjanjikan jika dibandingkan dengan jurusan-jurusan populer lainnya, lho. Alasan paling sederhananya adalah, industri musik semakin ke sini, semakin berkembang. Ada banyak pilihan karier “beken” yang siap menyambut kamu saat kamu memutuskan untuk seratus persen terjun di dunia musik.

Sebut saja agen dan manajemen artist, accompanist, instruktur teknik musik, arranger, music director, pengajar, penampil, hingga musisi itu sendiri. Dari contoh-contoh di atas masih banyak pula divisi-divisi yang membutuhkan suntikan lulusan-lulusan jurusan musik kompeten yang bisa kamu isi.

Soal pilihan karier ternyata nggak sesempit yang dunia pikir, sekarang soal jalur karier. Sama seperti jurusan-jurusan lainnya, jalur kesuksesan nggak hanya dipengaruhi oleh nilai ujian saat kamu kuliah. Prestasi saat kamu kuliah memang akan sangat membantu kariermu, tapi jangan lupakan relasi dan jaringan.

Karier dalam dunia seni musik juga nggak hanya akan dipengaruhi oleh skill saja, relasi dan jaringan juga akan sangat berperan untuk membantumu mencapai sukses. Nah, untungnya dunia seni musik ini ít’s all about networking, jadi kamu nggak perlu khawatir akan kesulitan setelah lulus nanti, ada jaringan yang siap membantu kamu.

Sudah dapat gambaran kan tentang jurusan seni musik? Kalau kamu tertarik untuk lebih mendalami musik di jenjang perkuliahan, berikut ini 10 rekomendasi kampus yang bisa kamu jadikan pelabuhan passion di bidang musik.

 

Artikel Terkait: Biaya Kuliah Di Indonesia

  1. Biaya Kuliah 10 Universitas Swasta Favorit di Indonesia
  2. Prediksi Biaya Kuliah di Tahun 2025 dan Cara Menyiasatinya
  3. Berapa Biaya Kuliah di 10 Universitas Favorit di Indonesia?

 

1. Institut Kesenian Jakarta (IKJ)

Salah satu kampus yang paling sering dijadikan labuan seniman-seniman di Indonesia untuk mendalami passion-nya di bidang seni, khususnya seni musik ini cukup sering melahirkan musisi-musisi andal lho. Cotohnya ; Naif dan White Shoes and The Couples Company. Jurusan S1 seni musik IKJ berada di bawah naungan Fakultas Seni dan Pertunjukan, bersama dengan jurusan seni tari, seni teater, etnomusikologi, dan antropologi tari.

Kalau kamu tertarik untuk berlabuh di sini, langsung saja kamu tengok website resmi IKJ di ikj.ac.id atau langsung mampir ke Kompleks Taman Ismail Marzuki, Jalan Cikini Raya 73, Jakarta Pusat. Kalau ingin tanya-tanya via telepon bisa juga, hubungi ke 021-31934102.

 

2. Institut Seni Indonesia Padang Panjang

Kampus jurusan seni musik berikutnya terletak di Sumatera Barat. Berdiri sejak 1956, Institut Seni Indonesia Padang Panjang (ISI Padang Panjang) merupakan salah satu kampus negeri di Sumatera yang punya jurusan seni musik. S1 seni musik di ISI Padang Panjang berada di bawah naungan Fakultas Seni Pertunjukan, bersama dengan seni tari, seni karawitan dan seni teater.

Kalau kamu tertarik untuk berlabuh di sini, langsung saja kamu tengok website ISI Padang Panjang di isi-padangpanjang.ac.id. Jurusan yang sudah mengantongi akreditasi B ini terletak di Jalan Bahder Johan, Guguk Malintang, Padang Panjang Tim, Kota Padang Panjang, Sumatera Barat 27118. Kalau ingin tanya-tanya via telepon bisa juga, hubungi ke 0752-82077.

 

3. Institut Seni Indonesia Yogyakarta (ISI Yogyakarta)

Kalau kampus yang satu ini paling identik dengan jurusan-jurusan kesenian. Terletak di Yogyakarta, yang notabene merupakan gudangnya seniman-seniman Indonesia, ISI Yogyakarta juga merupakan kampus negeri jurusan kesenian tertua di Indonesia. Selain itu, banyak seniman-seniman kondang Indonesia lahir dari kampus ini. Sebut saja, Edhi Sunarso, Didik Nini Thowok, Butet Kertaredjasa, Djaduk Ferianto, Oni Krisnerwinto, dan masih banyak seniman besar lainnya.

Di bidang seni musik, jurusan S1 Seni Musik ISI Yogyakarta ada di bawah payung di bawah Fakultas Seni Pertunjukan dengan deretan jurusan seni lainnya, seperti etnomusikologi, karawitan, pendalangan, penciptaan musik, sendratasik, tari dan teater. Kalau kamu tertarik berkuliah di sini, langsung saja tengok website resmi ISI Yogyakarta di isi.ac.id untuk mendapatkan informasi lainnya.

 

4. Universitas Negeri Semarang (UNNES)

Universitas Negeri Semarang (UNNES) memiliki program cukup lengkap untuk jurusan Pendidikan Seni Musik lho, mulai dari program sarjana, magister hingga doktor. Selain itu, UNNES pun juga menjalin kerjasama internasional di bidang seni dengan Bangkok Faculty Exchange Academy, Taipei National of Art dan negara Australia.

 

Nah, kamu bisa mulai menjajaki website resmi UNNES di unnes.ac.id untuk menggali informasi lebih dalam atau melalui line telepon di 024-8508074 kalau tertarik berkuliah di sini.

 

5. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Selain ISI, Yogyakarta juga memiliki satu destinasi kampus seni musik lainnya di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menawarkan program S1 Pendidikan Seni Musik. Lulusannya nggak hanya menjadi pengajar, tetapi juga dapat menjadi seorang profesional di bidang musik.

 

Langsung saja kunjungi UNY lewat psm.fbs.uny.ac.id untuk mendapatkan info lainnya ya.

 

6. Universitas Pasundan (Unpas)

Universitas Pasundan (UNPAS) merupakan salah satu kampus swasta di Bandung yang juga memiliki jurusan S1 di bidang Seni Musik. Selain seni musik, UNPAS juga mempunyai jurusan seni lainnya seperti Desain Komunikasi Visual, Fotografi & Film dan Sastra Inggris, semuanya berada di bawah payung Fakultas Ilmu Seni dan Sastra.

 

fiss.unpas.ac.id atau langsung datangi di Jalan Dr. Setiabudhi No. 193, Bandung, Jawa Barat 140154 kalau kamu tertarik berkuliah di sini ya.

 

7. Sekolah Tinggi Seni Musik Bandung (STiMB)

Selain Unpas, Bandung juga masih memiliki destinasi lainnya untuk jurusan seni musik di Sekolah Tinggi Seni Musik Bandung (STiMB). STiMB menawarkan 2 program studi seni musik, yakni D3 Penyaji Musik Populer dan S1 Seni Musik.

 

Kamu bisa membedah jurusan seni musik di STiMB lewat sekolahtinggimusik.com untuk info lebih jelasnya.

 

8. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Kampus ini merupakan salah satu universitas negeri di Bandung yang memiliki jurusan Seni Musik sebagai salah satu program studinya. Jurusan seni musik di UPI berada di bawah naungan Fakultas Pendidikan Seni dan Desain yang di dalamnya juga terdapat jurusan S! Pendidikan Senik Musik, Pendidikan Seni Rupa, dan Pendidikan Seni Tari.

 

Kamu bisa mengunjungi website terkait di upi.edu.

 

9. Universitas Pelita Harapan (UPH)

Universitas Pelita Harapan (UPH) mempunyai jurusan S1 Seni Musik dengan berbagai program studi yang bisa kamu ambil, meliputi: Classical Performance, Jazz & Pop Music Performance, Music Education, Music Therapy, Church Music Ministry, Performing Arts Production & Management, Sound Design & Music Production dan Music Composition & Film Scoring.

Kalau kamu berkuliah di seni musik UPH, nantinya kamu akan ditempatkan di Gedung D lantai 1, Jalan M.H. Thamrin Boulevard, Tangerang, Banten 15811. Tertarik? Langsung saja tengok music.uph.edu untuk informasi lainnya.

 

10. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

Destinasi berikutnya datang dari Ibukota Indonesia, UNJ. Salah satu kampus yang paling diminati di Indonesia khususnya Jakarta untuk jurusan seni musik ini juga nggak kalah beken untuk urusan melahirkan seniman kondang. Di bidang musik, kita mengenal seorang Sundari Soekotjo yang namanya sudah nggak asing di dunia seni musik Indonesia.

Meskipun bergerak di ranah pendidikan, banyak pula lulusan UNJ yang punya karir cemerlang di luar bidang pendidikan.

Jurusan seni musik UNJ terletak Kampus A Gedung E, Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka, Jakarta Timur 13220. Kamu juga bisa mengunjungi website resmi UNJ di fbs.unj.ac.id atau melalui line telepon di 021-4895124.

 

Artikel Terkait: Pilihan Jurusan Kuliah yang Punya Prospek Kerja Bagus

  1. Pilih Kuliah D3, Ini 5 Jurusan yang Lulusannya Paling Banyak Dicari
  2. 7 Jurusan Kuliah dengan Potensi Gaji Besar tapi Sepi Peminat
  3. Ini 10 Jurusan Kuliah yang Dapat Membahagiakanmu!

 

Nah, itulah 10 kampus dengan jurusan seni musik terbaik di Indonesia yang bisa kamu jadikan pelabuhan passion bermusik.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

1


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett