Beranda > Gaya Hidup > 5 Aktivitas Harian yang Ternyata Bisa Meningkatkan Risiko Kesehatan, Perhatikan!

5 Aktivitas Harian yang Ternyata Bisa Meningkatkan Risiko Kesehatan, Perhatikan!

HENDRATANU WIJAYAHendratanu Wijaya
5 Aktivitas Harian yang Ternyata Bisa Meningkatkan Risiko Kesehatan, Perhatikan!watermark

TUNAIKU.COM – Banyak orang yang kini berusaha untuk mengubah gaya hidup untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat dan berkualitas. Bahkan nggak sedikit yang rela mengganti menu makannya dengan sayur dan buah, serta lebih disiplin untuk berolahraga. 

Sayangnya pola hidup seperti itu nggak cukup untuk membuat tubuhmu lebih sehat. Mengapa? Sebab, pola hidup sehat nggak hanya dipengaruhi gaya hidup yang kamu jalani, melainkan juga kebiasaan yang sering kamu lakukan. Lantas, kebiasaan apa sih yang ternyata berbahaya bagi kesehatan, padahal kelihatan sepele?

 

Artikel terkait: Yuk olahraga!

  1. Lakukan 10 Gerakan Olahraga Ringan Ini di Pagi Hari Agar Semangat Sepanjang Hari
  2. Yuk, Lakukan Kegiatan Ini, Tanpa Disadari Seperti Berolahraga!
  3. Kiat Bakar Lemak dengan Rutin Berjalan Kaki

 

1. Nggak pakai tabir surya

Sudah jadi rahasia umum kalau bumi tempat kita tinggal ini makin tua, ancaman kesehatan karena terpapar sinar matahari terlalu lama semakin besar karena menipisnya lapisan ozon yang berfungsi untuk mengikis radiasi sinar ulraviolet.

Malas memakai tabir surya mungkin terdengar sepele, tapi mungkin kamu lupa kalau terpapar sinar ultraviolet terlalu lama dapat meningkatkan risiko terserang kanker kulit. Pemakaian tabir surya dengan SPF 15 atau lebih dapat menurunkan risiko kanker kulit hingga 50%.

 

2. Minum kopi langsung setelah bangun tidur

Kopi sudah menjadi bagian dari masayarakat Indonesia sejak dulu. Katanya biar “melek”, alias menangkal kantuk. Selain itu kopi memang memiliki khasiat untuk menangkal diabetes dengan cara memperlancar metabolisme tubuh.

Nggak ada yang salah dari mengkonsumsi kopi, tapi sebaiknya kamu lebih perhatikan waktu meminumnya. Menurut ahli nutrisi Eliza Savage, tubuh manusia nggak menerima asupan air selama tidur sehingga mengalami dehidrasi ringan. Oleh karena itu, jika langsung meminum kopi setelah bangun tidur justru akan semakin memperparah kondisi ini.

Tunaiku, KTA

Mobile Site CTA

3. Terlalu sering buka ponsel

Nah kalau ini kebiasaan yang rasanya sangat sulit dilawan dewasa ini. ponsel pintar atau smartphone kini sudah semakin melekat di berbagai kegiatan manusia. Bahkan ada pula yang sampai mengidap ketakutan nggak bisa mengakses ponsel, nomophobia.

Padahal, terlalu sering menghabiskan waktu bersama ponsel dapat mengakibatkan kecanduan dan ketergantungan, yang pada akhirnya dapat memengaruhi aktivitas fisik serta kesehatan mental.

 

4. Duduk sepanjang hari

Terlalu lama duduk merupakan satu penyebab dari masalah kesehatan yang kerap kali ditemui kalangan pekerja kantor. Rata-rata waktu duduk dari pekerja kantor bisa mencapai 13 jam sehari, mulai dari duduk di transportasi, duduk saat makan, duduk di depan meja kerja, hingga duduk di rumah.

Senior Manager Riset Faktor Manusia dan Ergonomika dari Ergotron Carrie Schmitz mengungkapkan bahwa kebiasaan duduk terus-menerus ini dapat menimbulkan efek negatif terhadap kesehatan fisik dan mental. Mulai dari penurunan fokus dan produktivitas hingga peningkatan resiko kanker, diabetes dan penggumpalan darah.

Untuk mnyiasati hal ini, sisipkan aktivitas berjalan kaki di sela-sela kegiatan, misalnya berdiri ketika menonton iklan atau berjalan kaki naik turun tangga.

 

5. Kurang tidur

Aktivitas dan tuntutan pekerjaan seringkali membuat seseorang lupa waktu yang kemudia mengakibatkan kurangnya jam tidur. Hal ini sangat berbahaya dan dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, peradangan di dalam tubuh, diabetes, depresi, penyakit jantung, kurang optimalnya kinerja otak, hingga obesitas.

 

Artikel terkait: Pekerja, jangan abaikan kebutuhan tubuhmu untuk tetap sehat!

  1. Hati-Hati! 7 Hal yang Biasa Ditemui Saat Kerja Ini Ternyata Bisa Memengaruhi Kesehatan!
  2. Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental di Lingkungan Kantor
  3. 5 Tips Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pekerja Millenial

 

Nah, itulah sedikitnya lima kebiasaan yang mungkin terdengar sepele, namun dapat membahayakan kondisi kesehatanmu. Hati-hati ya!

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!

Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett