Beranda > Gaya Hidup > Kiat Bakar Lemak dengan Rutin Berjalan Kaki

Kiat Bakar Lemak dengan Rutin Berjalan Kaki

KENNY CAROLINEKenny Caroline
Kiat Bakar Lemak dengan Rutin Berjalan Kakiwatermark

TUNAIKU.COM – Saya memiliki seorang teman yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Semua usaha ia lakukan kecuali olahraga. Padahal olahraga kan salah satu bagian penting yang harus kamu jalani bila ingin mencapai berat badan impian. Olahraga membantu prosesnya berjalan dengan efektif dan sehat.

 

Setelah saya ulik, ternyata teman saya gampang lelah ketika berlari atau jogging. Dia mengaku karena cepat lelah, lalu berhenti begitu saja kemudian memesan ojek daring untuk pulang. Saya cuma bisa meringis mendengar ceritanya. Setelah ngobrol-ngobrol, akhirnya sebuah ide tercetus. Bagaimana kalau dia jalan kaki saja? Namun, jalan kaki yang dimaksud itu dijadikan olahraga untuk mendukung dietnya.

 

Setelah baca sana-sini, ternyata berjalan kaki memang bisa menjadi olahraga dan bisa efektif membantu menurunkan berat badan. Hanya saja, ada beberapa trik yang perlu kamu ketahui agar tujuan kamu tercapai. Berikut rahasianya.

 

1. Berjalan sendiri

Berolahraga dengan beberapa teman bisa jadi seru. Namun, seringkali berakhir dengan ngobrol, tertawa, dan nongkrong. Saya pernah mengalaminya. Seru sih bisa sehat ramai-ramai, tapi ya selalu ada kemungkinan enggak mencapai tujuan. Hal yang sama pun bisa terjadi saat kamu berjalan kaki. Karena itu, saya sarankan kamu berjalan kaki sendiri saja. Dengan begitu, kamu bisa lebih fokus untuk mengatur langkah kaki. Begitu juga dengan ritme, kecepatan, dan rute.

 

Artikel Terkait: Trik saat sakit.

  1. 10 Tips Ampuh Mencegah Radang
  2. Waspada, Masalah Kesehatan Ini Kerap Menyerang Ibu Rumah Tangga!
  3. Musim Penghujan, Begini Cara Ampuh Cegah Penyakit Langganannya

 

2. Menambah kecepatan

Saat berjalan kaki dijadikan olahraga, ritme atau kecepatan itu menjadi penting. Bukan jalan loyo ya! Kamu bisa mulai berjalan kaki dengan kecepatan rendah, sedang, hingga cepat. Cara ini lebih efektif untuk membakar lemak menggemaskan di tubuh kamu. Kamu juga harus melakukan hal yang sama saat hendak mengakhiri olahraga jalan kaki. Lakukan secara bertahap. Ini juga baik untuk napas kamu.

 

3. Nggak anti tanjakan

Saat kamu sudah terbiasa berjalan kaki dengan cepat dan napas kamu sudah cukup kuat, kamu bisa menambah porsi: yakni dengan mencoba berjalan di tanjakan. Melalui rute ini, kamu dapat memperoleh manfaat lain. Otot kamu jadi terlatih, begitu juga pernapasan dan jantung kamu. Namun, jangan langsung jor-joran ya! Jangan sampai tubuh kamu kaget dan jadi gampang capek. Santai saja. Lakukan secara bertahap. Biarkan tubuh kamu beradaptasi. Selamat mencoba.

1

Mobile Site CTA

4. Rutin berjalan kaki

Seperti hal-hal lain, kamu juga harus olahraga jalan kaki dengan teratur. Kamu harus melakukannya dengan rutin dan disiplin. Sama saja seperti diet sehat atau program penurunan berat badan lainnya. Tujuannya ya agar hasilnya maksimal, hingga target berat badan yang kamu inginkan tercapai. Jangan berhenti saat kamu sudah mendapatkan berat proporsional. Lanjutkan untuk mempertahankan berat badan tersebut. Enggak ada ruginya kan, toh buat kesehatan kamu juga.

 

5. Mengubah rute

Ketika kamu melakukan sesuatu dengan teratur, apalagi dengan jalur atau tempat yang sama, ada kalanya kamu bakal merasa bosan. Hal ini juga berlaku dengan olahraga jalan kaki. Kalau kamu melalui rute yang sama terus menerus, bisa saja kamu akan menjalani fase yang stagnan dan membosankan. Kemungkinan besar ini bakal berpengaruh terhadap semangat kamu. Karena itu, pilih rute secara selang-seling. Pilihlah pantai bila kamu tinggal di pesisir, atau sesekali berjalan di jalur trekking juga seru.

 

Artikel Terkait: Memulai hidup sehat.

  1. Millenial, Yuk Benahi Pola Hidupmu Agar Terhindari dari 5 Penyakit Ini
  2. 5 Tips Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pekerja Millenial
  3. Nggak Perlu ke Gym, Lakukan 7 Tips Ini agar Tubuh Tetap Sehat dan Bugar!

 

Menurunkan berat badan itu enggak kaya sulap alias instan. Semuanya butuh proses. Selain itu kemauan yang kuat dan disiplin juga dibutuhkan bila kamu ingin mencapai berat badan ideal. Kamu pun perlu melakukan beberapa trik seperti di atas agar proses yang kamu jalani menyenangkan sekaligus efektif. Semoga berhasi!

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett