Beranda > Gaya Hidup > 4 Film Dokumenter Inspiratif yang Cocok untuk Perempuan

4 Film Dokumenter Inspiratif yang Cocok untuk Perempuan

TimotiusTimotius
4 Film Dokumenter Inspiratif yang Cocok untuk Perempuanwatermark

TUNAIKU.COM – Apakah kamu pernah menonton film dokumenter? Film dokumenter adalah film yang menampilkan kembali fakta atau kenyataan yang ada dalam kehidupan. Biasanya film dokumenter diproduksi untuk menggambarkan dan mengupas lebih dalam mengenai sisi lain kehidupan yang belum banyak diketahui orang. Di sisi lain, film ini juga menyingkapkan fakta baru dari suatu hal yang dianggap tabu oleh masyarakat.

 

Untukmu perempuan Indonesia, ada baiknya jika kamu menonton film-film dokumenter inspiratif berikut ini. Bukan hanya sekadar menambah pengetahuan, film-film ini dapat membuatmu mengerti tentang perjuangan wanita di seluruh dunia dalam melawan perilaku seksisme dan kekerasan seksual, serta memperjuangkan akses pendidikan maupun hukum agar memiliki kedudukan yang setara dengan laki-laki.

 

Artikel Terkait: Inilah Sejumlah Film yang Akan Tayang Tahun 2018 Ini

  1. Yuk, Ajak Keluarga Nonton 5 Film Disney yang Akan Tayang di Tahun 2018 Ini
  2. 10 Film Romantis Indonesia yang Tayang di 2018, Mana Favoritmu?
  3. Siap-Siap! 5 Film Horor Hollywood Ini Bakal Bikin Kamu Sport Jantung di Tahun 2018!

 

1. Audrie & Daisy (2016)

Film dokumenter berjudul Audrie & Daisy ini berkisah tentang dua anak SMA asal Amerika Serikat bernama Audrie Pott dan Daisy Coleman setelah menjadi korban kekerasan seksual. Audrie bunuh diri setelah pelaku menyebarkan foto saat dia diperkosa. Sementara itu, Daisy dan keluarganya berusaha untuk bertahan di tengah cercaan masyarakat saat pihak kepolisian justru memutuskan untuk mengabaikan kasus pemerekosaan. Tidak heran, sebab pelaku pemerekosaan merupakan pemuda kebanggaan daerah setempat.

 

Kisah Audrie dan Daisy memang nggak terkait satu sama lain. Namun, yang terjadi pada mereka berdua adalah potret nyata dari sangat minimnya sistem perlindungan bagi korban kekerasan seksual dan betapa kejamnya tindakan victim shaming dalam masyarakat. Meskipun bukan terjadi di Indonesia, hal ini sangat relevan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Semoga setelah menonton film ini kamu tergerak untuk bisa membantu memperjuangkan hak-hak perempuan Indonesia, ya!

 

2. Miss Representation (2011)

Miss Representation adalah film dokumenter yang menceritakan tentang citra atau image perempuan yang ditampilkan secara buruk dan diskriminatif oleh media massa dalam bentuk cetak, TV, atau online. Isi media massa selalu memberitakan bahwa perempuan dapat dikatakan sempurna apabila diukur dari kecantikan dan bentuk tubuh, dibandingkan dengan kecerdasan, karakter, dan ambisi positifnya. Tanpa disadari, isi media massa ini telanjur “meracuni” seluruh lapisan masyarakat baik laki-laki maupun perempuan.

 

Film ini sangat penting untuk kamu para perempuan Indonesia. Terlebih, kamu dapat menyadari bahwa kecantikan dan bentuk tubuhmu bukanlah hal utama yang harus kamu miliki untuk menjadi wanita seutuhnya. Sebaliknya, kecerdasan, karakter, dan perjuanganmulah yang menentukan kualitas diri yang sebenarnya. Biarpun secara fisik mungkin kamu penuh dengan kekurangan, tetapi jangan menjadikan itu penghambat untuk kamu bisa maju ke depannya.

 

3. Hot Girls Wanted (2015)

Disutradarai oleh salah satu aktris terkemuka yaitu Rashida Jones, Hot Girls Wanted menceritakan tentang beberapa wanita muda yang berasal dari kota kecil dan berambisi menjadi orang terkenal. Kemudian mereka diajak untuk masuk dalam produksi video porno profesional pada sebuah situs. Salah satu dari mereka bahkan menjadi sangat terkenal dengan video yang dilihat sebanyak 41 juta kali setiap bulannya. Namun, akhirnya mereka sadar bahwa mereka terjebak dalam gemerlapnya dunia prostitusi online.

 

Melalui film ini, kamu dapat melihat seluk beluk prostitusi online dari berbagai sisi serta hal-hal lain yang belum banyak diketahui orang. Semoga kamu dapat belajar untuk menjaga diri dan lebih bertanggung jawab lebih atas dirimu. Pasalnya, setiap keputusan di masa muda akan sangat berdampak bagi masa depanmu.

 

Artikel Terkait: Inspirasi Sukses dari Tokoh Wanita Paling Berpengaruh di Dunia

  1. 7 Tips Sukses dari Michelle Obama yang Sangat Menginspirasi
  2. Yuk, Ikuti 10 Tips dari Victoria Beckham Agar Jadi Wanita Karier yang Sukses
  3. Tiru 7 Tips Sukses dari Sophia Amoruso #GIRLBOSS agar Berhasil dalam Karier

 

4. It’s a Girl: The Three Deadliest Words in the World (2012)

Film ini memaparkan fakta bahwa orang-orang India dan Tiongkok sudah mengaborsi, membunuh, atau mengasingkan bayi perempuan dalam jumlah sangat besar tiap tahunnya. Bahkan, jumlahnya lebih besar dari jumlah anak yang lahir pada Amerika Serikat dalam kurun waktu satu tahun. Fakta mengerikan ini dilandasi oleh alasan yang nggak kalah mengerikannya yaitu hanya karena bayi-bayi tersebut berjenis kelamin perempuan. Anak laki-laki dianggap lebih membawa keberuntungan dan lebih mampu mengubah status ekonomi keluarga dibandingkan dengan anak perempuan yang nantinya akan dinikahkan saja.

 

Sadarkah kamu, pemikiran konservatif seperti ini masih merajalela pada masyarakat Indonesia, meskipun secara pelaksanaannya nggak seperti di India dan Tiongkok. Nah, sudah saatnya bagi kamu dan seluruh perempuan Indonesia untuk berjuang bersama-sama dalam menegakkan kesetaraan gender dalam hidup masyarakat Indonesia.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 

2

 

Mobile Site CTA


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett