Beranda > Finansial > Tren Investasi SBN, Untung atau Nggak?

Tren Investasi SBN, Untung atau Nggak?

PAULUS RISANGPaulus Risang
Tren Investasi SBN, Untung atau Nggak?watermark

TUNAIKU.COM – Investasi semakin digemari publik. Banyak instrumen investasi yang bisa kita pilih sesuai profil masing-masing. Saat ini yang sedang tren adalah investasi Surat Berharga Negara (SBN), mulai dari SBR002, SBR003, hingga SBR005. Investasi ini dianggap aman karena minim risiko dan terjangkaunya nilai pemesanan minimalnya.

 

Motivasi lain yang menjadikan orang-orang saat ini berinvestasi SBN adalah untuk membantu pemerintah membiayai pembangunan. Lalu apakah benar investasi SBN ini menguntungkan? Yuk, simak serba-serbi tentang keuntungan investasi ini!

 

Artikel Terkait: Investasi untuk Anak Muda

  1. Anak Muda, Yuk, Beli SBR 005 untuk Investasi Masa Depan!
  2. Untung Besar dengan Investasi Modal Kecil, Yuk Dicoba!
  3. Kenalan dengan Investasi Obligasi, Ini Plus Minusnya

 

1. Tren investasi SBN mengubah mindset masyarakat

Investasi SBN ini diharapkan oleh pemerintah agar rakyat Indonesia nggak hanya menjadi masyarakat yang menyimpan uangnya dalam bentuk tabungan, tetapi juga mulai mengubah mindset akan pentingnya berinvestasi. Kampanye pemerintah bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga membuat SBN semakin meyakinkan sebagai instrumen yang baik untuk berinvestasi.

 

2. SBN diminati karena rendah risiko

SBN sendiri belakangan ini makin diminati karena memang terkenal rendah risiko. SBN diterbitkan pemerintah dalam bentuk Saving Bond Retail (SBR). Instrumen yang paling banyak diminati misalnya SBR002 dengan nilai minimal Rp5 juta, SBR003 dengan nilai minimal Rp1 juta, hingga SBR005 dengan nilai minimal pemesanan juga Rp1 juta. Dijamin oleh negara dan dapat membantu pembangunan negara menjadikan SBN sebagai salah satu instrumen investasi yang digemari bahkan oleh millennials. Daripada coba-coba investasi bodong, lebih baik gunakan investasi yang dijamin oleh negara, bukan?

 

3. Sudah tersedia secara online

SBN sendiri sejak bulan Mei tahun lalu sudah dapat dibeli secara online atau disebut sebagai E-SBN. Hal ini semakin membuat SBN menjadi instrumen investasi yang menyenangkan untuk kita karena mudah diakses. Penjualan SBN secara online ini melalui bank-bank besar seperti Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, Bank BCA, Bank Permata dan Bank DBS. Selain itu, pemerintah juga bekerjasama dengan perusahaan fintech yang sudah terdaftar di OJK, sehingga semakin aman untuk bertransaksi.

 

4. Seberapa banyak keuntungan yang bisa didapat dari SBN?

Pemerintah sejak awal peluncuran SBN sudah menjanjikan bahwa suku bunga SBN lebih tinggi daripada rata-rata bunga deposito Bank BUMN. Lalu berapakah perkiraan keuntungan berinvestasi SBN?

 

Jika kita mengambil contoh perhitungan SBR002, tingkat bunga SBR002 menurut Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan adalah 7,5%. Nah, jika membeli SBN sebesar Rp20 juta, investor akan mendapatkan keuntungan 7,5% per tahun dari dana investasi. Setiap tahunnya investor akan mendapatkan uang sejumlah Rp1,5 juta, sehingga totalnya selama dua tahun menjadi Rp3 juta. Lalu setelah tenor selesai, uang sejumlah Rp20 juta akan kembali kepada pemegang SBN. Wah, menarik, ya!

 

Artikel Terkait: Tips Mencoba Investasi Properti

  1. 5 Jenis Properti yang Bisa Kamu Coba Kalau Ingin Berinvestasi
  2. Mau Coba Investasi Rumah? Ada Tipsnya, Nih!
  3. 5 Panduan Pilih Lokasi Investasi Properti Tanpa Bingung dan Bikin Untung

 

5. SBN bisa menjadi instrumen investasi yang digemari millennials

Millennials saat ini memang menjadi generasi yang diharapkan sebagai pembangun bangsa. Dari data Kemenkeu, ternyata pembeli SBR005 terbanyak datang dari generasi millennials dengan persentase 50,61%, diikuti oleh generasi X dengan persentase hanya 27,56%. Hal ini membuktikan bahwa kesadaran masyarakat untuk mengubah mindset agar nggak hanya menyimpan uang, tapi juga menginvestasikannya dapat tercapai melalui generasi millennials yang sudah melek teknologi. Kemudahan bertransaksi untuk membeli SBN secara online ditambah dengan keuntungan yang didapat mampu menambah keinginan generasi millennials dan generasi setelahnya untuk lebih giat berinvestasi.

 

Nah, itulah hal-hal yang berkaitan dengan keuntungan berinvestasi SBN dan kemudahannya dalam berinvestasi. Apakah kamu sudah mulai berinvestasi SBN?

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 

 

CTABARU1

 

 

Mobile Site CTA

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett