Beranda > Finansial > Mau Coba Investasi Rumah? Ada Tipsnya, Nih!

Mau Coba Investasi Rumah? Ada Tipsnya, Nih!

PAULUS RISANGPaulus Risang
Mau Coba Investasi Rumah? Ada Tipsnya, Nih!watermark

TUNAIKU.COM  – Membahas rumah memang nggak ada habisnya. Harga properti yang selalu naik dari tahun ke tahun membuat orang berlomba-lomba untuk segara memiliki rumah. Selain keuntungan yang besar, minat beli rumah semakin lama semakin tinggi. Nggak heran, banyak orang yang kini mencoba investasi rumah untuk bekal masa depan.

 

Apakah kamu salah satu orang yang ingin mencoba investasi rumah? Yuk, simak tips-tips di bawah ini sebelum memulai investasi!

 

1. Tentukan tujuan berinvestasi

Sebelum memulai sesuatu, ada baiknya kamu menentukan tujuan berinvestasi. Tentukan apakah kamu ingin berinvestasi dalam jangka panjang atau jangka pendek?

 

Investasi rumah nggak cocok untuk jangka pendek, karena prosedur jual-beli yang nggak mudah. Kamu pun perlu waktu beberapa tahun sampai mendapatkan keuntungan yang diharapkan. Kalau kamu benar-benar ingin investasi jangka pendek, kamu bisa mencoba investasi lain, seperti reksadana atau deposito.

 

Artikel Terkait: Serba-serbi Investasi Properti

  1. Ingin Investasi Properti Tetapi Modal Sedikit? Begini Cara Mengakalinya!
  2. 5 Panduan Pilih Lokasi Investasi Properti Tanpa Bingung dan Bikin Untung
  3. Tertarik Investasi Properti, Ini Serba Serbi Tentang Superblok

 

2. Pantau terus harga properti

Semua orang pasti mendambakan properti berkualitas dengan harga terjangkau. Apalagi kalau lokasinya strategis di tengah kota. Nggak mudah untuk menemukan properti sesuai kriteria di atas. Namun, bukan berarti kamu nggak bisa mendapatkannya, lho!

 

Coba berkeliling di lokasi yang kamu incar. Kamu harus jeli dan rajjin bertanya door to door agar mendapatkan rumah dengan harga supermiring. Harga yang tertera pada agen properti biasanya lebih mahal daripada jika kamu menawar sendiri ke pemilik. Jangan lupa, ikuti beberapa grup di sosial media atau marketplace yang mempertemukan penjual properti dengan calon pembeli.

 

3. Perhatikan besaran cicilan dan bunga jika kamu ingin KPR

Mahalnya harga properti membuat sebagian orang harus mencari pinjaman dana di bank. Kamu bisa memanfaatkan program Kredit Pemilikan Rumah yang memudahkanmu mencicil properti hingga 20 tahun.

 

Kalau kamu hanya ingin meminjam dana dalam jangka waktu sebentar, kamu tetap bisa meminjam uang di bank sesuai kebutuhanmu. Perhatikan besaran cicilan dan bunga, pilih bank yang menawarkan pinjaman dengan bunga terendah agar kelak keuntunganmu semakin banyak.

 

4. Observasi lokasi

Sebelum membeli rumah, kamu wajib observasi lokasi dan lingkungannya. Nggak hanya memperhatikan rumah dan desainnya, kamu juga perlu mengecek apakah ketersediaan airnya bersih, dekat tempat ibadah, atau jalan menuju lokasi rumah sudah baik?

 

Tanyakan pada tetangga sekitar lokasi juga apakah ada riwayat buruk tentang rumah second yang ingin kamu beli. Jangan sampai rumah tersebut dijual dengan harga murah karena pernah ada pembunuhan atau memang rumah berhantu. Kalau sudah begini, rumah yang kamu beli akan susah untuk dijual kembali.

 

Artikel Terkait: Tips Sebelum Mengambil KPR

  1. 7 Pertanyaan yang Wajib Diajukan saat Mengambil KPR
  2. Permudah KPR bagi Pasangan Muda dengan Kredit Online Terbaik Tunaiku
  3. 8 Strategi Memilih KPR Berdasarkan Jumlah Gaji Pas-pasan

 

5. Peka terhadap pesaing

Dunia bisnis properti memang sangat menguntungkan. Nggak heran, tingkat persaingannya tinggi. Kamu harus peka terhadap pesaing. Berikan harga yang kompetitif jika kamu berniat untuk menjual kembali propertimu.

 

Cantumkan dengan lengkap kelebihan properti yang kamu jual. Berikan kemudahan dalam pembayaran dan pengurusan surat-surat, serta layani semua pertanyaan dari calon pembeli rumahmu dengan ramah.

 

Itulah 5 tips untuk memulai ivestasi rumah bagi generasi milenial. Semoga bisnismu lancar!

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

CTABARU1

Tunaiku

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett