Beranda > Finansial > Ingin Merasa Aman secara Finansial? Ikuti 5 Aturan Ini

Ingin Merasa Aman secara Finansial? Ikuti 5 Aturan Ini

SHELY NAPITUPULUShely Napitupulu
Ingin Merasa Aman secara Finansial? Ikuti 5 Aturan Iniwatermark

TUNAIKU.COM – Sudah kerja 5 tahun, tapi kok belum punya rumah. Jangankan rumah, cicilan mobil dan tagihan kartu kredit pun masih belum lunas. Belum lagi biaya untuk arisan yang harus dikeluarkan setiap bulan. Duh, terima gaji setiap bulan tapi kok nggak jelas alirannya ke mana saja, sih?

 

Kalau berbagai kekhawatiran di atas juga menyerangmu, jangan buru-buru meratapi nasib. Daripada sibuk merenung, yuk, mulai berdisiplin soal keuangan dengan menerapkan 5 hal di bawah ini!

 

1. Siapkan tabungan hari tua

Salah satu risiko foya-foya di masa muda adalah lupa menabung untuk hari tua. Padahal nih, ketika tua nanti tenagamu akan berkurang, kesehatanmu pun pasti nggak seprima sekarang. Masa kamu masih mau memaksakan diri untuk bekerja sih, gara-gara nggak punya tabungan finansial?

 

Coba deh, mulai memanfaatkan fitur deposito atau investasi yang ditawarkan bank untuk menabung. Setelah punya anak dan nggak aktif bekerja lagi, tabungan ini bisa kamu pakai untuk memenuhi kebutuhan sehari-harimu. Misalnya, untuk buka usaha atau berlibur ke destinasi liburan impianmu.

 

2. Siapkan pos kebutuhan mendadak

Menyiapkan tabungan jangka pendek juga nggak kalah pentingnya, lho. Setidaknya, pastikan kamu menabung untuk 3-6 bulan ke depan untuk berjaga-jaga seandainya ada kebutuhan mendadak yang membutuhkan banyak uang, misalnya pindah tempat tinggal atau memperbaiki AC yang rusak.

 

Artikel Terkait: Pinjaman Tunaiku untuk bantu pengeluaran tak terduga

  1. Butuh Dana Mendesak? Coba Ajukan Pinjaman Uang Online di Tunaiku!
  2. E-KTP Belum Jadi, Bisakah Mengajukan Pinjaman Tanpa Agunan di Tunaiku?
  3. Kamu Bisa Manfaatkan Pinjaman Online untuk 4 Situasi Genting Ini!

 

3. Buat catatan keuangan

Biasakan diri untuk mencatat rencana pengeluaran di awal bulan. Ini perlu kamu lakukan untuk memperkirakan bujet investasi atau membeli hadiah untuk dirimu sendiri di akhir bulan. Dengan memiliki catatan keuangan, pengeluaranmu pasti akan jauh lebih terkontrol.

 

Kalau malas mencatat secara manual, sebagian besar ponsel pintar sudah menyediakan aplikasi “buku keuangan” digital yang bisa kamu manfaatkan, lho. Percaya deh, metode ini bakal sangat membantumu untuk berdisiplin secara finansial.

 

4. Cerdik dan cerdas dalam mengatur pengeluaran

Membeli tas baru atau berlibur ke destinasi yang sedang populer sering kali merusak prioritas anak zaman sekarang. Boleh kekinian, tapi pastikan prioritasmu jelas. Rajin-rajinlah membandingkan harga. Toh, sekarang sudah banyak toko online yang menjual barang berkualitas dengan harga lebih murah. Harus cerdas ya, dalam mengatur pengeluaran!

 

Artikel Terkait: Pentingnya keuangan yang stabil dan sehat

  1. Apakah Keuanganmu Tergolong Sehat? Cek 5 Hal Ini!
  2. 5 Nasihat Keuangan Paling Penting Untuk Buah Hatimu si Generasi Millenial
  3. 10 Tanda Kalau Kamu Sudah Jago Mengelola Keuangan

 

5. Ingat harta yang terlupakan

Sering lupa siapa saja teman yang pernah berutang ke kamu? Buang jauh-jauh deh, kebiasaan begitu. Siapa tahu jumlah uang yang kamu pinjamkan ternyata bisa menambah modal liburanmu? Makanya, coba ingat-ingat lagi deh, harta-hartamu yang terlupakan seperti utang teman atau invoice yang belum ditransfer dari kerjaan sampinganmu.

 

Nggak susah kan, merasa aman secara finansial? Nah, seandainya kamu ada kebutuhan mendadak tapi nggak mau mengganggu tabunganmu, coba deh ajukan pinjaman tanpa agunan ke Tunaiku!

 

pinjaman tanpa agunan

 

 

 

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!
Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp 15 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett