SWARA – Banyak yang bilang kalau Capricorn adalah pekerja keras, ambisius, dan cerdas. Karena dikenal cukup cerdik, Capricorn juga punya cara cerdik untuk berbelanja. Capricorn adalah tipe yang nggak mau ribet, tetapi tetap mendapatkan keuntungan dalam berbelanja. Selain itu Capricorn juga menjadikan belanja sebagai pengalaman yang harus diselesaikan dengan cara yang terbaik. Nggak heran, Capricorn terobsesi dengan belanja pintar untuk mendapat harga dan kualitas terbaik. Berikut beberapa cara belanja pintar ala Capricorn yang bisa kamu tiru.

 

Artikel Terkait: Tips Cerdas Berbelanja Online

  1. Kamu Hobi Belanja Online? Yuk, Ikuti Tipsnya Agar Nyaman!
  2. Mengenali Kebiasaan Belanja Para Millennial
  3. Tips Cerdas dan Bijak dalam Berbelanja Online Jelang Raya

 

1. Prinsip 4 W dalam berbelanja

Saat akan berbelanja Capricorn akan menentukan list 4W yaitu what, when, why, dan who. Hal ini dikarenakan Capricorn membutuhkan jawaban pasti apa yang akan dibeli, kapan akan dipakai, mengapa harus dibeli, dan siapa yang akan memakai barang tersebut. Kalau 4W itu tidak terjawab, nggak ada alasan untuk Capricorn mengeluarkan uang belanjanya.

 

2. Memakai uang tunai bukan kartu

Capricorn lebih senang untuk membeli barang dengan uang tunai, ketimbang dengan kartu kredit. Hal ini dikarenakan pengalaman untuk mengeluarkan uang tunai membuat dompet menjadi lebih tipis sehingga Capricorn akan berpikir ulang tentang urgensi dari berbelanja.

 

3. Mendapatkan harga terbaik

Demi mendapat harga terbaik Capricorn rela untuk pergi dari toko satu ke toko yang lainnya untuk membandingkan harga barang yang sama. Hal ini juga termasuk dalam pertimbangan tentang fluktuasi, promosi, ongkos kirim, dan lain sebagainya. Jadi, Capricorn menemukan harga terbaik yang bisa ia pilih.

 

4. Menulis daftar belanjaan

Untuk menghindari sifat impulsif dan boros dalam berbelanja, Capricorn wajib untuk menuliskan daftar barang belanjaan yang memang dibutuhkan. Dengan begitu, Capricorn hanya akan membeli barang-barang yang dibutuhkan bukan barang yang diinginkan.

 

5. Makan sebelum berbelanja

Kalau berbelanja secara langsung di supermarket atau mal, Capricorn memilih untuk makan terlebih dahulu sebelum berbelanja. Hal ini dilakukan untuk menghindari rasa lapar setelah lelah berkeliling saat belanja. Dengan makan sebelum berbelanja, Capricorn telah menghemat uang yang jika digunakan untuk makan di kafe atau restoran Mall akan menghabiskan bujet yang cukup banyak.

 

Artikel Terkait: Cerdas dalam Pengelolaan Finansial

  1. Tiru 5 Keputusan Finansial yang Diambil Para Perempuan Cerdas
  2. 6 Alasan Penting Perempuan Wajib Mandiri Secara Finansial
  3. 8 Langkah Mengatur Keuangan saat Pertama Kali Mencoba Budgeting

 

6. Jangan tanya penjual

Kalau kamu berpikir untuk bertanya ke penjual atau ke pegawai toko terkait barang yang akan kamu beli, lebih baik ikuti cara Capricorn untuk nggak bertanya pada penjual atau pegawai toko sama sekali. Capricorn lebih memilih berkeliling untuk lihat-lihat lagi sekitar 30 menit untuk mempertimbangkan lagi pilihan yang akan dibeli. Soalnya, penjual punya 1001 cara untuk membuat kita membeli barang, yang sebetulnya mungkin nggak perlu-perlu amat.

 

7. Memanfaatkan voucher

Pintar dalam menggunakan voucher artinya kamu bisa melakukan penghematan besar di setiap belanja. Sebagai seorang yang pintar dalam berbelanja, Capricorn memang rajin berburu voucher belanja baik online maupun voucher cetak dalam majalah.

 

Nah itu  dia cara pintar berbelanja ala Capricorn. Sebagai seorang Capricorn kamu pastinya seperti ini, bukan? Buat kamu yang bukan berzodiak Capricorn harus tiru berbelanja pintar ala Capricorn.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 

Tunaiku