Beranda > Finansial > Awal Bulan Sudah Bokek? Simak 7 Tips Ini!

Awal Bulan Sudah Bokek? Simak 7 Tips Ini!

dhandyDhandy
Awal Bulan Sudah Bokek? Simak 7 Tips Ini!watermark

TUNAIKU.COM – Awal bulan seperti hari ini seharusnya kamu masih memiliki banyak cadangan tabungan di rekeningmu. Karena, biasanya untuk para pekerja, mereka akan mendapatkan gaji dari perusahaan pada akhir bulan yang lalu. Tapi, apabila di awal bulan seperti ini, tabunganmu sudah mulai menipis, pasti ada yang salah dari dirimu!

 

Setiap orang berhak untuk menentukan gaya hidupnya. Tapi, jangan sampai kita hanya mengikuti arus tanpa melihat apa yang kita miliki sesungguhnya. Kita harus pandai-pandai dalam mengelola keuangan pribadi.

 

Belakangan ini, banyak budaya baru yang bermunculan di masyarakat kita, khususnya yang tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Apa saja sih memangnya?

 

Sudah banyak tempat-tempat cozy yang sengaja dibuat khusus untuk para milenial untuk bisa menghabiskan waktunya bersama teman-teman. Selain itu, aktivitas pekerjaan hingga bisnis pun bisa dilakukan di tempat-tempat seperti itu.

 

Tempat-tempat cozy? Yap! Tempat-tempat seperti kedai kopi menjadi salah satu primadona yang sangat digandrungi akhir-akhir ini. Hingga muncul istilah, “ngopi-ngopi cantik”.

 

Istilah tersebut bisa muncul ke permukaan karena semakin bertambahnya intensitas dalam pemanfaatan kedai kopi sebagai tempat beraktivitas, tempat berkumpul, tempat numpang wi-fi, hingga sekadar sebagai tempat numpang update status Instagram.

 

Kan keren tuh kalau di Instagram Story bisa update foto segelas kopi yang ada tulisan Setarbak.

 

Tidak ada yang salah memang dari semua aktivitas itu. Hanya saja, buat kamu yang memiliki kantong terbatas, harus bisa pandai-pandai dalam mengeluarkan kocek. Mungkin niatnya adalah supaya bisa blending dengan teman-teman dan juga bisa menambah relasi. Tapi, jangan sampai niat baikmu tadi malah buat kamu kelabakan gara-gara tabunganmu yang semakin menipis di awal bulan.

 

Sebenarnya, ada trik khusus jika kamu menemui situasi seperti ini. Berikut adalah beberapa solusi jika tabunganmu sudah menipis di awal bulan.

 

1. Kurangin deh ngopi-ngopi cantikmu itu!

 

Kejadian seperti ini mungkin adalah teguran Tuhan buat kamu. Waduh! Terlihat berlebihan nggak sih?

 

Memang terlihat berlebihan, tapi ini akan menjadi situasi yang berbahaya jika kamu selalu menemui situasi seperti ini pada setiap awal bulan. Kamu harus bisa lebih hemat dan juga lebih prihatin dengan kondisi keuanganmu.

 

Kamu harus coba mulai menghitung, berapa jumlah maksimal intensitas kedatanganmu ke tempat-tempat seperti itu. Misal, kamu punya perkiraan maksimal hanya datang 10 kali di setiap bulannya. Ya mau nggak mau, kamu harus bisa pegang komitmenmu itu.

 

Perlu diingat, hidupmu tak hanya sebatas ngopi-ngopi cantik!

 

2. Kamu bisa bawa makanan atau minuman sendiri

 

Jangan pernah malu buat bawa bekel makanan sendiri ke tempat-tempat nongkrong. Belakangan ini, tempat-tempat cozy seperti kedai kopi menjadi tujuan utama bagi para milenial untuk berkumpul, bekerja, hingga rapat dengan relasi bisnis. Hal-hal seperti ini tidak mungkin bisa kamu hindari.

 

Oleh karena itu, solusinya adalah kamu bisa bawa makanan dan minuman sendiri dari rumah. Tapi, tipsnya adalah kamu pakai tempat makananmu sendiri. Kenapa? Biasanya di beberapa restoran atau kedai kopi, kalau mau membawa makanan dari luar dan masih menggunakan kemasan asli dari restorannya, kamu tidak akan diperkenankan untuk membawanya masuk ke dalam tempat tersebut.

 

Dengan solusi yang sudah dijelaskan tadi, kamu tetap bisa melakukan aktivitas harianmu tanpa harus merogoh kocek yang lebih dalam. Intinya adalah jangan pernah malu dengan hal positif!

 

Artikel Terkait: Buat Kamu Pecinta Kopi, Coba Lihat Artikel Ini!

  1. Buat Kamu Pecinta Kopi, Yuk Kenalan Lebih Dekat dengan Jenis-Jenis Kopi Khas Nusantara
  2. Benarkah Minum Kopi Membuat Kulit Lebih Cantik? Ini Alasannya!
  3. 5 Kedai Kopi di Jakarta dengan Harga Terjangkau dan Diburu Penikmat Kopi

 

3. Hitung sisa uangmu dan atur supaya bisa cukup hingga akhir bulan

 

Kalau terpaksa menemui kondisi menipisnya tabungan di awal bulan, kamu harus segera melakukan antisipasi darurat!

 

Kamu harus hitung berapa sisa uangmu di tabungan, kemudian kamu bagi atau alokasikan sesuai kebutuhan di setiap harinya. Pada saat-saat seperti ini, kamu harus bisa menurunkan sedikit egomu dalam berbagai hal. Contohnya, kamu yang biasa pakai taksi online, kemudian ubah menjadi pakai ojek online. Tujuannya sama kan?

 

4. Coba makanan yang lebih merakyat!

 

Ini adalah saat yang tepat untuk merakyat. Setelah kamu berbulan-bulan menikmati kehidupan ala-ala, ini saatnya kamu mencoba hidup yang lebih “Indonesia”. Kamu bisa coba makan di Warteg (Warung Tegal), atau makan makanan di pinggir jalan, seperti ketoprak, sate atau pecel lele.

 

Jangan salah! Biasanya makanan seperti itu memiliki kenikmatan yang tiada tara, lho! Kenapa? Karena enak dan murah meriah!

 

5. Cari promo-promo makanan dan minuman

 

Hampir semua milenial pasti menggunakan smartphone sekaligus memiliki dan menggunakan aplikasi penyedia makanan yang bisa dikirim ke tempat. Nah, kalau kamu tetap menginginkan makan enak dan sesuai selera, kamu bisa lihat di kolom promo!

 

Biasanya, selalu ada promo di setiap harinya. Karena itu adalah cara mereka untuk meningkatkan jumlah pembeli di setiap harinya. Kamu bisa cek tuh, ada promo apa di hari itu!

 

6. Mungkin ini panggilan alam untuk kamu …..

 

Disaat-saat seperti ini, mungkin saja ini adalah panggilan alam untukmu. Panggilan alam?

 

Yes! Mungkin ini saatnya kamu melakukan aktivitas lain yang lebih positif dan tanpa mengeluarkan uang banyak tentunya. Contohnya, mungkin kamu harus mencoba berolahraga setelah pulang kerja.

 

Mungkin yang biasanya setelah kamu pulang kerja, langsung ikut nongkrong bareng teman-teman kamu di mal ataupun kedai kopi, di saat seperti ini kamu bisa membuat alternatif lain. Kamu bisa pergi ke tempat-tempat seperti stadion ataupun gelanggang olahraga.

 

Kali aja, kamu malah jadi ketagihan kan buat olahraga setiap harinya!

 

Artikel Terkait: Buat Kamu Pecinta Olahraga, Coba Liat Ini!

  1. Buat Kamu Pecinta Olahraga, 6 Destinasi Seru ini Wajib Kamu Kunjungi!
  2. 5 Tips Aman Berolahraga yang Sesuai dengan Usia
  3. Alasan Mengapa Hobi Berolahraga Bisa Membuat Hidup lebih Bahagia

7. Introspeksi buat bulan depan

 

Ada pepatah, “Janganlah jadi orang yang merugi”.

 

Maksudnya adalah jangan sampai hari esok menjadi lebih buruk dari hari ini. Kamu harus bisa introspeksi diri atas kesalahanmu hari ini, agar tidak terulang di kemudian hari. Kamu bisa mulai membuat perencanaan keuangan yang lebih matang di bulan depan. Semua demi kebaikanmu juga kok!

 

Itu tadi adalah beberapa solusi yang bisa kamu lakukan saat menemui situasi menipisnya tabungan di saat awal bulan. Pesan penting dari masalah ini adalah nikmati saja kesulitanmu hari ini, agar bisa menjadi pelajaran berharga untuk hidupmu.

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!

Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett