Beranda > Gaya Hidup > Alasan Mengapa Hobi Berolahraga Bisa Membuat Hidup lebih Bahagia

Alasan Mengapa Hobi Berolahraga Bisa Membuat Hidup lebih Bahagia

DEWI AYU NURJANAHDewi Ayu Nurjanah
Alasan Mengapa Hobi Berolahraga Bisa Membuat Hidup lebih Bahagiawatermark

TUNAIKU.COM-Olahraga memang memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh dan emosional. Jadi, kamu jangan merasa bosan kalau disuruh rajin olahraga sama dokter saat periksa ke rumah sakit. Nggak hanya sakit fisik saja, banyak juga kok pasien gangguan jiwa yang diminta untuk rajin berolahraga. Menurut sains, orang yang rutin olahraga cenderung lebih bahagia, lho!

 

Hal ini didukung oleh hasil penelitian dari University of Missouri Health Care. Menurutnya, kalau kamu rutin berolahraga maka akan lebih sehat dari segi fisik dan emosional. Makanya, kalau kamu merasa hidup begitu kosong, nggak bergairah, dan gampang stres, saatnya untuk memasukan olahraga dalam agenda mingguan.

 

Biar makin jelas dan tuntas, ini dia alasan mengapa olahraga bisa bikin hidup lebih bahagia dikutip dari Halodoc.com!

 

1. Punya berat badan yang ideal

Saya punya tubuh kurus kerempeng karena suka pilih-pilih kalau makan. Saat konsultasi ke dokter, saya pun diminta buat rutin olahraga. Wah, ternyata olahraga nggak hanya cocok untuk orang gemuk saja, ya? Ternyata, kalau kamu mendambakan tubuh ideal, mesti rajin olahraga, lho.

 

2. Punya teman baru

Hidup terasa kosong karena kamu terlalu lama ‘bersembunyi’ di dalam kamar. Kebiasaan nggak bagus ini, ternyata bisa membuatmu tumbuh menjadi sosok pemalas, anti sosial dan pasif.

 

Artikel Terkait: Rutin Workout Agar Lebih Sehat

  1. 3 Full Body Workout yang Akan Membuat Perut Rata Dalam Waktu Singkat
  2. 5 Workout Ringan Rekomendasi Personal Trainer Buat Kamu yang Sibuk
  3. Ini Dia Program Workout Buat Pemula

 

Sudah saatnya untuk mengubah kebiasaan buruk ini dengan berolahraga. Nantinya, kamu bisa punya teman baru saat berolahraga. Bisa teman dari klub senam, teman komunitas penggemar olahraga, atau malah dapat gebetan baru di gym?

 

3. Otot dan tulang lebih kuat

Kalau sering dilatih dengan pelbagai gerakan olahraga, kamu bisa mempunyai otot dan tulang yang lebih kuat. Misalnya, nih, dengan sering beraktivitas saat bekerja. Tanpa disadari, kamu sudah melatih otot dan tulang, lho.

 

Jika dilakukan secara rutin, kamu akan memiliki tulang yang padat dan otot yang kuat serta kencang. Jadi, kamu nggak perlu khawatir terserang penyakit osteoporosis saat tua kelak.

 

4. Terbiasa berpikiran positif

Dengan melakukan aktivitas yang positif seperti olahraga, maka kamu akan memiliki pikiran yang positif juga. Daripada mengisi waktu luang dengan bengong dan mikir macem-macem, segera bikin jadwal nge-gym atau jogging bareng teman.

 

Niscaya, kamu akan lebih positif, baik dari segi fisik maupun emosional. Satu lagi, saat olahraga, tubuh akan melepaskan hormon endorfin. Hormon ini dipercaya bisa bikin orang lebih bahagia, lho!

 

5. Jarang sakit

Dulu, saya paling anti dengan yang namanya olahraga. Saya lebih suka baca buku atau nonton film di kamar seharian ketimbang olahraga. Karena gaya hidup yang nggak bagus, saya pun gampang sakit. Dalam sebulan, bisa tiga kali pergi ke dokter. Dokter pun menyarankan untuk rutin olahraga agar punya daya tahan tubuh yang bagus.

 

Artikel Terkait: Tips Mengatasi Sakit

  1. Supaya Anak Nggak Gampang Sakit di Musim Hujan Seperti Ini, Yuk Terapkan 5 Tips Praktis Berikut!
  2. 7 Cara Mengatasi Kaki Sakit Karena Terlalu Lama Memakai High Heels
  3. Bebas Sakit Maag Saat Puasa? Lakukan 5 Tips Ampuh Ini Aja!

 

Karena pengin sehat, saya rutin jogging dan renang saat weekend. Alhasil, saya sudah jarang banget sakit. Walau banyak kesibukan, badan selalu bugar, fresh dan nggak gampang stres.

 

4

 

 

 

 

Mobile Site CTA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6. Refleks yang bagus

Karena rutin dilatih dengan berolahraga, respons otot akan jadi lebih cepat dan spontan. Artinya, kamu bakal punya refleks yang bagus. Saat ada hal yang mengancam, kamu bisa menyelamatkan diri secara cepat. Misalnya, saat menghindari jalanan berlubang atau saat berusaha menangkap barang yang jatuh dari meja.

 

7. Belajar menyelesaikan masalah

Umpamakan olahraga itu sama dengan permasalahan hidup.Dengan begini, kamu akan belajar untuk menyelesaikan masalah saat berolahraga. Kalau bisa rutin olahraga, maka kamu sanggup menaklukkan segala permasalahan yang ada dalam kehidupan. Pikiranmu akan lebih jernih dan cenderung melakukan hal yang sama saat dihadapkan pada suatu masalah.

 

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meraih kebahagiaan. Dan salah satu cara termudah dan termurah untuk bahagia adalah dengan berolahraga. Selalu sisipkan agenda olahraga setiap minggu untuk menjaga kesehatan tubuh dan mental.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett