Beranda > Gaya Hidup > 5 Tips Aman Berolahraga yang Sesuai dengan Usia

5 Tips Aman Berolahraga yang Sesuai dengan Usia

PAULUS RISANGPaulus Risang
5 Tips Aman Berolahraga yang Sesuai dengan Usiawatermark

TUNAIKU.COM – Para ahli kesehatan kerap menandaskan, kalau salah satu syarat memiliki tubuh yang sehat adalah dengan berolahraga. Namun, sayangnya semakin berumur, makin banyak orang yang berhenti melakukan olahraga. Salah satu alasannya, karena merasa sudah “tidak mampu” berolahraga. Padahal, jenis olahraga untuk tiap usia berbeda-beda itu berbeda-beda, lho. Gerakan olahraga untuk orang yang berumur 30-an berbeda dengan orang yang berumur 40-an dan 50-an. Orang yang usia lanjut nggak dibolehkan melakukan olahraga berat dan kalau dipaksakan, bisa terjadi cedera.

 

Menurut para ahli, tubuh kita mulai berubah dan toleransi terhadap jenis olahraga pun ikut berubah juga. Maka dari itu, perhatikan jenis olahraga yang sesuai dengan usia agar terhindar dari cedera. Berapa usiamu sekarang? Yuk cocokkan dengan jenis olahraga yang sesuai dengan usia berikut ini.

 

1. Usia 20-an

Untuk orang usia 20-an, olahraga yang bagus dilakukan adalah yang berhubungan dengan kardio. Cobalah untuk melakukan lari seminggu lima kali dengan durasi 30 menit.

 

Selain kardio, kamu bisa juga memilih yoga. Berdasarkan penelitian dari JAMA Internal Medicine, orang pada usia 20-an banyak mengalami permasalahan hidup. Berlatih yoga mampu mengurangi kecemasan, mengurangi stres, mengurangi depresi, dan membantu orang yang susah tidur. Lakukan yoga selama dua kali seminggu.

 

Artikel Terkait: Manfaat Rajin Berolahraga

  1. Alasan Mengapa Hobi Berolahraga Bisa Membuat Hidup lebih Bahagia
  2. Anak Nggak Suka Olahraga? Cara Jitu Ini Bisa Kamu Coba!
  3. Dear Moms, Ini Manfaat Mengenalkan Olahraga untuk Anak Usia Dini

 

2. Usia 30-an

Gejala orang usia 30-an adalah metabolisme menurun dan gampang menggendut. Dalam setahun berat badan bisa naik sampai dua kilogram. Olahraga yang tepat adalah interval training dengan melakukan angkat beban. Lakukan angkat beban dengan dua sampai tiga set dan berfokus pada dada, kaki, dan pundak.

 

“Angkat beban dipilih karena mampu membangun massa otot yang hilang. Berbeda dengan pilates atau kelas boot camp yang hanya menjaga massa otot saja.” kata Mike Siemens selaku director of exercise physiology Canyon Ranch Health Resort.

 

3. Usia 40-an

Masuk usia 40-an, badan sudah nggak seprima waktu muda. Walau begitu, yang namanya olahraga masih harus tetap dilakukan. Berdasarkan penelitian dari Medicine & Science in Sports Exercise, latihan dapat melindungi telomer atau bagian ujung DNA yang semakin pendek seiring berjalannya usia. Disarankan untuk melakukan jogging, angkat beban, berjalan, dan bersepeda.

 

Tunaiku

Tunaiku

 

4. Usia 50-an

Kepadatan tulang menurun ketika masuk usia 50-an. Maka olahraga yang cocok bagi usia 50-an adalah tenis, hiking, dan menari. Latihan ini bisa menjaga kekuatan tulang agar aktivitas nggak terganggu.

 

Masuk usia 50-an penting untuk menjaga kesehatan kaki. Penelitian dari Gerontology mengatakan kalau memiliki kaki yang kuat berbanding lurus dengan kemampuan otak yang baik. Dari penelitian tersebut, sangat disarankan untuk lari, skipping, dan menari.

 

Artikel Terkait: Ragam Olahraga Unik yang Bisa Kamu Coba

  1. 7 Pilihan Olahraga Ekstrem yang Pacu Adrenalin, Berani Coba?
  2. Ini Dia Rekomendasi Olahraga Air Buat yang Mau Liburan ke Bali
  3. Ragam Pilihan Hobi Olahraga Air Selain Renang yang Bisa Kamu Jalani

 

5. Usia 60-an

Untuk orang dengan umur 60++, latihan yang disarankan adalah angkat beban dengan berat sedang. Lakukan gerakan variasi angkat beban yang mampu menjangkau seluruh tubuh. Lakukan dua kali seminggu selama 40 menit.

 

Sembari itu, juga harus aktif beraktivitas seperti berkebun atau jalan-jalan. Hal tersebut dapat menghindari dari diabetes, kanker, dan penyakit hati. Disarankan untuk bergerak selama 30 menit sehari.

 

Setelah kamu mengetahui semua jenis olahraga berbagai usia, penting untuk melakukan olahraga sesuai dengan kondisi tubuhmu. Jangan memaksakan diri karena usia nggak bisa dibohongi. Tetap jaga kesehatan ya!

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett