Beranda > Finansial > 7 Hal Penting Sebelum Membeli dan Memilih Investasi Unit Link

7 Hal Penting Sebelum Membeli dan Memilih Investasi Unit Link

Artikel ini ditulis oleh:
7 Hal Penting Sebelum Membeli dan Memilih Investasi Unit Linkwatermark

TUNAIKU.COM – Kabar gembira buat kamu yang hendak membeli asuransi. Soalnya saat ini sudah ada salah satu produk yang bernama investasi unit link. Manfaatnya tetap menjadi proteksi terhadap sesuatu yang kamu lindungi, sekaligus jadi investasi di masa depan berupa reksa dana. Untuk memaksimalkan investasi jenis ini, silakan cermati hal-hal berikut ini lebih dulu.

 

Artikel terkait: tips membeli saham IPO, simak untung-ruginya

  1. 7 Tips Jitu Memilih Dan Membeli Saham IPO, Wajib Baca!
  2. Simak Untung Rugi Kalau Membeli Saham IPO
  3. Pilih Strategi Ini Jika Ingin Untung dalam Membeli Saham IPO

 

1. Beli di agen pemasar yang teregulasi oleh AAJI

Keuntungan cenderung meningkat per tahunnya membuat investasi ini kian digemari oleh masyarakat. Tapi perlu diwaspadai. Di luar sana masih ada pihak-pihak yang mengambil keuntungan dengan bermaksud merugikan pihak pembeli. Oleh karena itu, belilah di agen yang bersertifikat AAJI alias Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia biar lebih aman.

2. Tahan diri saat ada yang mengiming-imingi keuntungan besar

Kenalilah, bahwa sifat dari investasi itu merupakan tabungan. Plus-plusnya itu hanya bonus. Bukan tempat untuk menggandakan uang kamu. Apalagi unit link itu merupakan kombinasi antara asuransi dengan investasi yang tentu saja sangat fluktuatif pergerakan asetnya. Harap dimaklumi, ya. Keuntungan yang didapatkan pun enggak begitu besar, tapi sekadar cukup.

3. Hindari utang

Sangat aneh, ketika seseorang berinvestasi di unit link, justru dengan utang. Maksudnya, utang di sini itu tersebab oleh adanya keinginan besar untuk membeli banyak asuransi yang sebagian enggak diperlukan. Jadi, polis asuransi pun menumpuk. Ketika keuangan memburuk, secara otomatis jadi utang. Bukannya untung, nanti kamu justru kecolongan.

Hal seperti ini pernah terjadi pada teman saya. Aslinya sudah bingungan, tapi kemudian memutuskan sesuatu tanpa perencanaan atau mufakat bersama orang lain. Ketika saya tanya, untuk apa beli asuransi ini dan itu? Jawabannya justru melayang enggak jelas. Nah, buat pengalaman, sebaiknya tentukan tujuan yang pasti dulu sebelum beli asuransi.

4. Cermati antara hak dan kewajiban yang tertera di polis

Polis dalam asuransi yang bersifat investasi unit link merupakan jejak penting yang menyangkut persetujuanmu sebagai pembeli. Di dalamnya terdapat hak dan kewajiban. Alih-alih menuntut hak, justru menurut saya, lebih baik perhatikan sisi kewajiban lebih dulu. Soal hak itu mudah diingat dibandingkan kewajiban. Biasanya gitu.

5. Data yang diberikan wajib asli

Untuk menghindari hal yang enggak-enggak, alangkah baiknya kedua pihak menyatakan diri secara profesional. Kamu kenali status agen asuransimu, dan agen asuransimu juga wajib mengenalimu secara lengkap. Dengan begitu, enggak akan muncul suatu kecurigaan apa pun. Jadi, konsekuensi atas persetujuan berbentuk polis itu bisa ditanggung bersama-sama.

Menurut saya sih, hanya agen terpercaya saja yang berani meminta identitasmu secara lengkap. Bukan bagaimana ya, sekarang ini kan rentan penipuan. Bukan hanya pihak pembeli saja yang tertipu, tapi juga pihak agen asuransi. Berikan data yang jujur, maka imbalannya yang jujur juga akan kamu dapatkan.

6. Waspadai iming-iming dalam bentuk komisi besar

Di perusahaan asuransi itu membuka pula investasi dalam bentuk komisi. Sistemnya menggunakan jaringan seperti MLM atau Multi Level Marketing. Tentu saja komisinya kecil. Nah, saat ada yang mengiming-imingi komisi besar, wajib kamu curigai tuh. Daripada ketipu kan sadar dulu lebih awal.

Artikel terkait: serba-serbi untuk kamu yang tengah bermain saham blue chip

  1. Jadikan Kelebihan Saham Blue Chip sebagai Modal Dasarmu Bermain Saham
  2. 5 Hal Penting Tentang Saham Blue Chip untuk Investor Pemula
  3. Ini Tips Jitu Agar Saham Non Blue Chip Bisa Menguntungkan

7. Produk asuransi yang dipilih wajib terdaftar di OJK

OJK merupakan pihak dari pemerintah yang bertugas mengawasi jalannya transaksi investasi dan hal-hal yang bersifat keuangan lainnya. Enggak semua produk asuransi itu terdaftar di OJK. Untuk mencari tahu apakah terdaftar atau enggak, kamu cari tahu saja di laman resmi OJK. Ingat, domain-nya wajib berinisial “go” untuk menandai government atau pemerintah.

Masyarakat yang kian dewasa rupanya terus membuka terobosan baru di bidang apa pun. Salah satunya di bidang asuransi ini. Dengan investasi unit link, memang belum bisa menjamin kebutuhan kamu sehari-hari. Jika mau bersabar, seenggaknya ada nilai surplus yang bakal kamu terima.

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett