Beranda > Finansial > Simak Untung Rugi Kalau Membeli Saham IPO

Simak Untung Rugi Kalau Membeli Saham IPO

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
Simak Untung Rugi Kalau Membeli Saham IPOwatermark

TUNAIKU.COM – Dalam dunia investasi dikenal adanya investasi saham IPO. Sudah tahu dan familiarkah kamu dengan jenis investasi ini?

 

IPO merupakan kepanjangan dari Initial Public Offering. Investasi saham IPO merupakan sarana bagi perusahaan untuk menaikkan ke level perusahaan terbuka dan juga lebih akuntabel. Bahasa mudahnya adalah perusahaan menawarkan saham perdananya pada publik.

 

Artikel terkait: Hal-hal seputar investasi saham

  1. 4 Tips Bagi Milenial yang Ingin Berinvestasi Saham
  2. 5 Jenis Investasi Saham yang Sebaiknya Dihindari di Tahun 2018 Ini!
  3. 7 Pertanyaan Tentang Investasi Saham, Terjawab!

 

Dalam setiap jenis investasi, dikenal risiko alias untung rugi. Begitu juga dengan investasi IPO, pasti berisiko untung dan rugi.

 

Keuntungan

Investasi ini memiliki beberapa keuntungan yang tentu menarik perhatian investor. Bahkan, beberapa investor memilih saham IPO dibanding investasi saham di bursa efek. Beberapa keuntungan yang dimiliki investasi ini antara lain:

 

1. Keuntungan saham tinggi

Dalam skema investasi saham dikenal adanya bullish atau tren yang mengalami kenaikan. Dengan demikian, kamu yang memiliki saham di suatu perusahaan pun memiliki peluang untung lebih besar dan banyak.

 

2. Kelonggaran masa pembelian

Masa pembelian di saham IPO berbeda dengan bursa efek. Dalam investasi saham IPO, pembeli sendirilah yang menentukan tanggalnya.

 

3. Harga saham IPO lebih longgar

Apabila membeli saham di bursa, pembeli sendiri yang harus menentukan akan beli di harga berapa. Nah, dalam investasi saham IPO ini bersifat longgar karena sudah ada patokannya.

 

4. Analisis dilakukan sebatas animo pasar

Di bursa efek, pemain sendiri yang harus memahami analisis dan strategi yang akan diterapkan. Nah, di investasi saham IPO ini analisis dilakukan sebatas kisaran animo pasar.

 

Kekurangan

Sayangnya, risiko juga dimiliki oleh jenis investasi ini. Risiko inilah yang menjadikan kekurangan dari investasi saham IPO. Beberapa kekurangan tersebut antara lain:

 

1. Ada rentang waktu

Dalam pembelian saham IPO, ada rentang waktu seminggu sebelum withdrawal atau penarikan dana. Jadi, mau nggak mau kamu harus sabar menunggu kurang satu pekan sebelum refund.

 

Artikel terkait: Risiko dalam berinvestasi

  1. Ingin Mulai Berinvestasi? Kenali 7 Jenis Risiko Investasi Ini
  2. Ini Dia 10 Jenis Investasi Risiko Rendah tapi Menguntungkan. Yuk, Dicoba!
  3. 7 Produk Investasi Risiko Rendah yang Bisa Kamu Coba

 

2. Lot sudah ditentukan

Adapun jumlah lot sudah dietentukan penerbit, bukan pembeli atau investor. Jadi, kamu hanya bisa membeli yang ditentukan mereka. Apabila kamu ingin membeli 200 lot tapi mereka cuma menjual 100 lot, ya kamu hanya bisa mendapatkan 100 lot.

 

Selain kelebihan, investasi saham IPO juga memiliki kekurangan. Nah, sekarang kamu sudah tahu kan, apa saja kelebihan dan kekurangan investasi ini. Agar aman, untuk menyiasatinya kamu bisa memaksimalkan kelebihannya dan me-manage kekurangannya. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett