Beranda > Finansial > Pilih Strategi Ini Jika Ingin Untung dalam Membeli Saham IPO

Pilih Strategi Ini Jika Ingin Untung dalam Membeli Saham IPO

KENNY CAROLINEKenny Caroline
Pilih Strategi Ini Jika Ingin Untung dalam Membeli Saham IPOwatermark

TUNAIKU.COMInitial public offering atau penawaran umum perdana (IPO) sudah nggak asing lagi di telinga. IPO biasanya dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang ingin membuka kepemilikan saham untuk investor umum atau publik luas. Biasanya perusahaan hanya menerbitkan saham pertama. Tapi nggak tertutup kemungkinan pula bagi perusahaan untuk menjual saham kedua.

Konon, membeli saham dalam IPO mendatangkan banyak keuntungan. Tapi sebenarnya nggak semudah itu. Walau kamu sudah berusaha mendapatkan saham IPO, kemungkinan besar kamu nggak akan dapat sangking banyaknya yang berminat saat saham tersebut melantai di lantai bursa.

Tapi sebenarnya membeli saham IPO itu bukan sekedar cepet-cepetan lho. Ada beberapa strategi yang harus kamu lakukan agar kamu bisa mendapatkan saham IPO sekaligus meraih banyak keuntungan. Simak caranya.

1. Menghindari membeli saham pada hari pertama IPO

Biasanya, pada hari perdana, banyak saham IPO yang terkesan menjanjikan. Harganya naik tajam, hingga lebih dari 20 persen. Walau menggiurkan, tahan diri kamu untuk membelinya. Sebab, saham seperti ini biasanya banyak yang mengincar dan bisa-bisa kamu nggak kebagian padahal udah terlanjur niat. Alasan lain kamu harus menahan diri adalah, meskipun saham naik hingga 3-5 hari ke depan, kemungkinan besar harganya akan jatuh pada minggu berikut.

Nah, strategi yang bisa kamu jalankan adalah menunggu hingga harga saham IPO yang kamu incar sudah mulai stabil. Stabil dalam konteks ini berarti saham tersebut sudah nggak memiliki over demand beli, dan harganya pun nggak turun terlalu tajam. Kamu bisa memulai saham ini, baik di bawah satu minggu maupun untuk jangka waktu yang cukup lama.

 

Artikel Terkait: Belajar istilah dunia investasi.

  1. Perbedaan Antara Direct Listing dan IPO
  2. Apa Sih Keuntungan Punya AKSes KSEI?
  3. Ingin Memahami Cryptocurrency Si Mata Uang Digital? Ini Penjelasan Lengkapnya!

 

2. Memperhatikan tren saham IPO

Memang menguntungkan, tapi ketahuilah bahwa nggak semua saham IPO itu bagus untuk trading. Karena itu mata kamu harus jeli dalam memperhatikan dan menganalisis pergerakan dan tren saham-saham IPO. Kalau ada saham IPO yang harganya terus-terusan turun dari hari pertama hingga beberapa pekan kemudian, maka sebaiknya kamu menghindari membeli saham tersebut.

Tren IPO yang baik untuk investasi adalah saham yang memiliki kecenderungan naik atau fluktuaktif, serta memiliki bid-offer yang likuid. Saham yang sehat seperti ini bisa kamu trade atau hold. Sebaliknya hindari membeli saham yang cenderung volatil.

1

Mobile Site CTA

3. Memanfaatkan momentum scalping trading

Scalping trading adalah sebuah strategi membeli saham dalam tempo waktu yang cepat atau tiktok. Saham yang dibeli biasanya bersifat volatil dengan tujuan memperoleh keuntungan dalam waktu cepat. Terkadang waktu jangka waktu scalping trading ini berkisar 15 menit saja. Itu pun sudah waktu maksimal.

 

Strategi ini memang cukup beresiko. Kesannya malah seperti gambling. Karena itu strategi ini harus dilakukan oleh orang yang benar-benar mengerti saham dan seluk-beluknya. Tapi banyak juga pemain saham yang menjalankan strategi ini. Mereka biasanya trader yang ingin dapat untung cepat tanpa melihat risiko mempertimbangkan pengetahuan mereka terhadap saham yang diincar.

 

Nah, terkait IPO, biasanya beberapa minggu setelah dibuka, ada beberapa saham yang berpotensi untuk dimanfaatkan dalam scalping trading. Walaupun pergerakan saham sudah nggak seliar hari-hari pertama IPO, tapi pergerakan saham biasanya sudah cukup stabil sehingga bagus untuk scalping trading.

 

Artikel Terkait: Memahami seluk-beluk instrumen investasi.

  1. 5 Jenis Investasi Saham yang Sebaiknya Dihindari di Tahun 2018 Ini!
  2. 4 Pilihan Investasi untuk Ibu Rumah Tangga
  3. Walau Bergaji Kecil, Kamu Tetap Bisa Investasi kok! Ini Tipsnya!

Itulah beberapa strategi membeli saham IPO bila ingin mendapatkan keuntungan. Memang sih kamu harus mengerti seluk-beluk saham sebelum terjun ke dalam trading-nya. Daripada buta arah saat mencoba, lalu rugi besar, ya mending beri waktu pada diri kamu untuk belajar dahulu. Tetap semangat ya!

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett