Beranda > Finansial > 7 Tips Jitu Memilih Dan Membeli Saham IPO, Wajib Baca!

7 Tips Jitu Memilih Dan Membeli Saham IPO, Wajib Baca!

WINNY WITRA MAHARANI TUNAIKUWinny Witra Maharani
7 Tips Jitu Memilih Dan Membeli Saham IPO, Wajib Baca!watermark

TUNAIKU.COM – Tren investasi di IPO menunjukkan geliat yang baik di tahun 2018. Diakui memang, IPO bisa memberikan peluang profit bagi investor. Namun, iming-iming menggiurkan jangan sampai bikin kamu gegabah dan asal beli IPO. Karena faktanya, nggak semua saham yang ditawarkan oleh perusahaan yang saat IPO layak beli.

 

Artikel terkait: jika ingin menjajal investasi IPO

  1. Pilih Strategi Ini Jika Ingin Untung dalam Membeli Saham IPO
  2. 5 Langkah Penting Sebelum Berinvestasi Saham IPO, Perhatikan dan Pertimbangkan!
  3. Simak Untung Rugi Kalau Membeli Saham IPO

 

Jika berniat membeli saham IPO, ada beberapa tips mendasar yang harus kamu jadikan pegangan seperti dilansir dari Detik Finance Berikut!

 

1. Mengobservasi nilai saham IPO

Untuk melihat kinerja saham, biasanya yang dilakukan para investor adalah dengan melihat grafik historinya. Tapi, karena IPO belum memiliki histori harga, yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengobservasi dari prospektus dan riset-riset terkait yang tersebar di media massa.

 

2. Lihat besar jumlah saham yang dilepas ke publik

Umumnya, semakin besar jumlah saham yang dilepas –di atas 30%, akan semakin baik. Karena ini berarti makin banyak masyarakat yang bisa memiliki saham dan secara teori, transaksi saham akan lebih likuid pada pasar sekunder.

 

3. Porsi alokasi saham

Cek perbandingan alokasi saham yang dialokasikan kepada investor asing dan investor lokal, pun untuk investor institusi dan investor ritel. Seharusnya nggak timpang ke satu pihak alias cukup seimbang.

1

Mobile Site CTA

4. Rekam jejak penjamin emisi

Sebagai investor, wajib hukumnya kamu tahu track record kinerja penjamin emisi calon emiten. Track record ini diantaranya bisa dinilai dari tingkat kesuksesan dan nilai oversubscribe (yang berarti bahwa saham itu banyak peminatnya). Selain itu, ada baiknya juga kamu mengecek track record penjamin emisi pasca listing. Jadi, jika harga saham emiten naik, berarti strategi sang penjamin emisi memang patut diandalkan.

 

5. Laporan keuangan

Harus banget, nih. Jangan sampai kamu terkecoh beli saham IPO yang laporan keuangannya awut-awutan. Seenggaknya cek laporan keuangan dalam 3 tahun terakhir dan bandingkan juga dengan kinerja calon emiten dengan perusahaan lain yang sejenis. Beberapa indikator untuk dicek misalnya  price earning ratio (PER), price book value (PBV), serta net asset value (NAV).

 

6. Profil peminat yang memilih saham IPO

Simpelnya, semakin banyak peminatnya, indikasi saham itu semakin baik. Apalagi kalau yang berburu adalah investor asing. Berarti mereka melihat ada potensi besar di saham IPO tersebut.

 

7. Awasi tren pasar

Ditilik dari catatan historis di bursa, beberapa saham IPO dengan fundamental bagus bisa jadi merosot gara-gara ia release saat tren pasar sedang negatif. Kenapa? Karena naik turunnya saham IPO sangat dipengaruhi oleh daya beli trader dan investor saat itu. Makanya, kamu harus awas dengan tren pasar ya.

Membeli saham IPO itu sama artinya dengan ikut serta memiliki perusahaan. Maka, kalau kamu ingin untung, harus pilih perusahaan yang sehat supaya masa depannya cerah. Selamat mencoba!

Artikel terkait: Kalau mau investasi tanpa risiko rugi besar

  1. Ikuti Langkah Tepat Berinvestasi Ini Tanpa Cemas Kehilangan Uang
  2. Investasi Uang dalam Jumlah Kecil Tapi Mau Untung Besar, Lakukan Langkah Ini
  3. Ini Dia 10 Jenis Investasi Risiko Rendah tapi Menguntungkan. Yuk, Dicoba!

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett