SWARA-Jurusan Arsitektur merupakan salah satu jurusan yang paling nge-hits dalam beberapa tahun terakhir. Khususnya sejak Presiden Joko Widodo naik status jadi orang nomor 1 di Indonesia. Hanya jurusan Arsitektur terbaik yang mampu menghasilkan lulusan terbaik. Berdasarkan pengamatan saya, ketujuh universitas ini masuk dalam kriteria terbaik.

 

  1. Artikel terkait: tertarik kuliah di luar negeri? Simak ini
  2. Tertarik Kuliah di Jepang? Kenali Sistem Pendidikan dan Cek Persiapannya
  3. Sebelum Kuliah di Korea, Kenali Sistem Pendidikan di Sana
  4. Wajib Tahu! Inilah Persiapan Masuk Kuliah di Inggris

 

1. Universita Sumatera Utara (USU)

USU memiliki daya tarik tersendiri dengan menerapkan seleksi super ketat untuk calon mahasiswanya. Universitas negeri ini sudah didirikan sejak tahun 1952. Saat ini USU menempati rangking ke 2.975 untuk kategori universitas terbaik sedunia. Itulah kenapa lulusan Arsitektur dari USU memiliki prospek kerja yang bagus.

 

Biaya kuliah Arsitektur di USU kira-kira Rp40 juta. Rinciannya SPP minimal Rp1,5 juta hingga RP6,5 juta dan biaya rata-rata tahunan sebesar Rp8 juta. Setara dengan kesempatan kerja yang begitu tinggi sekarang. Ketika sudah jadi arsitek, kamu akan lebih banyak menjelajahi titik-titik penting di Indonesia atau bersentuhan dengan lapangan langsung.

 

2. Universitas Hasanuddin (Unhas)

Agak ke sebelah timur wilayah Indonesia, kita menemukan universitas negeri yang potensial lainnya. Unhas saat ini sudah mendiami rangking ke 2.558 sebagai PTN terbaik sedunia. Walaupun biaya kuliah Arsitektur tiap tahunnya bertambah, tapi secara keseluruhan biayanya sangat minim. Rata-rata sekitar Rp22 juta saja.

 

Alasan saya merekomendasikan Unhas karena selama ini sudah banyak melahirkan mahasiswa berprestasi. Salah satunya bernama Yunita Ekasari Bahrun. Secara heroik, beliau pernah meninggalkan pekerjaannya di PT Inco Tbk yang bergerak di pertambangan nikel, demi kemajuan Arsitektur di Makassar.

 

3. Universitas Sam Ratulangi (USR)

Universitas asal Sulut ini juga cukup berprestasi akhir-akhir ini. USR didirikan tahun 1965 dan saat ini menduduki peringkat ke 4.859 di seluruh dunia. Biaya kuliahnya sekitar Rp38 juta untuk keseluruhan. Mungkin ini rahasia kenapa sekarang pembangunan di Sulut cukup maju. Hanya di tangan orang-orang kreatiflah sebuah wilayah bisa maju.

 

4. Universitas Indonesia (UI)

Kalau yang ini sih enggak diragukan lagi kapasitasnya. Didirikan pada tahun 1947, rupanya membuat universitas negeri ini menduduki peringkat ke 909 di dunia sekarang. Luar biasa. Biaya kuliah jurusan Arsitektur terbaik di UI sekitar Rp65 juta. Pas sekali dengan lengkapnya fasilitas yang ada serta pembimbing profesional yang dimilikinya.

 

5. Universitas Gajah Mada (UGM)

Peringkat UGM di dunia hampir setara dengan UI, yakni sekarang menduduki angka ke 781. Biaya kuliahnya lebih tinggi, yakni Rp70 jutaan untuk jurusan Arsitektur. Kelebihan jurusan Arsitektur di UGM adalah memiliki prospek kerja yang bagus. Banyak pula beasiswa selama mahasiswa belajar di UGM. Sudah sejak tahun 1962, UGM memiliki prestasi di jurusan ini.

 

6. Universitas Udayana (Unud)

Berlokasi di Denpasar, Bali, rupanya membuat Unud populer. Saat ini, Unud menempati rangking ke 2.858 di seluruh dunia. Biaya kuliahnya sekitar Rp25 juta untuk keseluruhan. Fakultas yang menjadi markas bagi mahasiswa jurusan Arsitektur sudah berdiri sejak tahun 1965. Sejak tahun itu, banyak lulusan yang bekerja di skala lokal dan nasional.

 

Artikel terkait: mau kuliah di luar negeri? Ini tips lewati tes biar lolos

  1. Mau Kuliah di Luar Negeri? Kenali Tes Masuknya Lebih Dulu
  2. 7 Tips Agar Sukses Tes Wawancara Beasiswa LPDP
  3. Rekomendasi Beasiswa Pertukaran Pelajar untuk Mahasiswa

 

7. Universitas Brawijaya (Unbraw)

Unibraw yang ada di Malang ini juga perlu dipertimbangkan kapasitasnya. Pasalnya, sekarang menempati peringkat ke 1.517 di seluruh dunia. Biaya rata-rata untuk jurusan untuk jurusan ini adalah Rp37 juta. Unibraw menjadi salah satu yang diincar oleh calon mahasiswa di seluruh Indonesia karena kapasitasnya yang bagus. PG-nya juga lumayan tinggi.

 

Ketujuh universitas dengan jurusan Arsitektur terbaik tersebut telah menelurkan banyak arsitek andal. Statusnya sebagai yang terbaik rupanya enggak membuat kualitasnya turun. Justru tiap tahunnya selalu rajin menyumbangkan arsitek-arsitek yang berkontribusi membangun negeri ini, yang salah satunya mungkin ada di sekelilingmu.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


TUNAIKUTUNAIKU