Beranda > Karier Sukses > Sebelum Kuliah di Korea, Kenali Sistem Pendidikan di Sana

Sebelum Kuliah di Korea, Kenali Sistem Pendidikan di Sana

TUNAIKU
Sebelum Kuliah di Korea, Kenali Sistem Pendidikan di Sanawatermark

TUNAIKU.COM – Bekal yang pasti agar bisa kuliah dengan baik di Korea adalah dengan menguasai Bahasa Inggris. Soalnya sistem kuliah di Korea, semua mengajarkan materinya untuk mahasiswa dari luar negeri menggunakan Bahasa Inggris. Kalau kamu sudah bisa Bahasa Korea tentu lebih bagus lagi. Inilah hal-hal yang perlu kamu persiapkan ketika kamu mau kuliah di sana.

 

Artikel Terkait: Pilihan Kuliah untuk Karyawan yang Sudah Kerja

  1. Ini Pilihan Kelas Karyawan Terbaik di Medan Untuk Kamu yang Tertarik Kuliah Lagi!
  2. Kuliah Sambil Kerja, Ini Rekomendasi Kelas Kuliah Untuk Karyawan di Yogyakarta
  3. Kuliah Sambil Kerja, Ini Rekomendasi Kelas Karyawan Terbaik di Surabaya

 

1. Ketahui dulu tentang universitas swasta dan negeri

Walaupun kamu belum pernah kuliah di Korea, setidaknya tahu dulu hal ini. Di Korea itu antara universitas negeri dengan universitas swasta hanya memiliki perbedaan sedikit. Kamu bisa masuk keduanya. Namun, jalur yang biasa ditempuh itu lewat kerja sama antara Korea Selatan dengan Indonesia. Alias kuliah di universitas negeri di Korea.

 

Rata-rata program sarjananya berdurasi 4 tahun. Persis dengan yang ada di Indonesia. Pengecualian hanya untuk program kedokteran, yakni 6 tahun. Itu untuk pendidikan S1. Sedangkan untuk S2 dan selanjutnya bisa lebih singkat lagi. Universitas swastanya ada Universitas Yonsei, Ewha. Untuk yang negeri, ada KAIST, Pusan, dan lainnya.

 

2. Perhatikan tentang gelombang pendaftarannya

Sayang kalau kesempatan untuk kuliah di Korea gagal gara-gara nggak memperhatikan gelombang pendaftaran. Dalam setahun, terdapat 2 gelombang buat kamu yang mau masuk kuliah di sana. Tepatnya pada bulan Maret untuk gelombang pertama. Kemudian bulan September untuk gelombang kedua.

 

3. Bagaimana dengan semester dan liburannya?

Para mahasiswa tentu berhak mengetahui durasi liburan untuk menyegarkan otak selama menghadapi masa-masa kuliah. Masing-masing semester punya waktu sekali untuk liburan, kok. Tepatnya pada musim panas yang berada pada bulan Juli hingga Agustus. Kemudian di musim dingin pada bulan Desember hingga Februari.

 

Sistem kuliah di Korea nggak terlalu ketat. Semua tergantung dari daya serap kamu sebagai mahasiswa. Jadi pihak pemerintah Korea hanya memberikan fasilitasnya. Selama liburan, kamu boleh tetap berada di Korea ataupun pulang ke Tanah Air. Soalnya durasi liburan cukup panjang.

 

4. Bagaimana dengan biaya kuliahnya?

Inilah yang mungkin kamu tunggu-tunggu. Pemerintah Korea itu menyamakan antara kuliah bagi warga lokal maupun internasional. Standar kebijakan ini diterapkan supaya masing-masing elemen bisa saling bersinergi dengan baik. Jadi, program pendidikan yang sudah dirancang sebelumnya bisa berjalan tanpa adanya gesekan atau apa pun tentang itu.

 

Untuk biaya kuliah pendidikan S1, per semesternya dikenakan biaya rata-rata antara US$2 ribu hingga US$4.500. Sekadar informasi, bahwa biaya pendidikan yang paling murah itu jurusan sastra. Sedangkan yang paling mahal itu jurusan kedokteran. Rupanya sama ya dengan di Indonesia. Khusus untuk universitas favorit, rata-rata per semesternya US$6 ribu.

 

Artikel Terkait: Rekomendasi Les Terbaik untukmu

  1. 5 Rekomendasi Tempat Les Bahasa Mandarin Terbaik di Jakarta
  2. Pilihan Tempat Les Bahasa Mandarin Terbaik di Surabaya
  3. Rekomendasi Tempat Les Bahasa Inggris Terbaik di Bandung

 

5. Bagaimana syarat untuk mendaftar kuliah di Korea?

Setiap universitas memiliki aplikasi formulir yang bisa diisi oleh calon mahasiswa dari luar negeri. Tentu disesuaikan dengan nama perguruan tingginya. Lampirkan transkrip nilai serta STTB atau ijazah. Kemudian melampirkan bukti bahwa kamu bisa berbahasa Inggris atau Korea dengan baik. Itu harus.

 

Sedangkan persyaratan yang lain meliputi, fotokopi paspor, KTP, fotokopi KK, bukti kesanggupan membayar biaya kuliah, rencana studi, surat rekomendasi, dan lain-lain. Masing-masing universitas di Korea memang memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Namun, syarat yang sudah disebutkan tadi harus ada.

 

Saran saya, ketika kamu mau daftar kuliah ke Korea, daftarlah seawal mungkin. Biar langsung didata. Soalnya persaingan masuknya cukup sulit. Namun, untuk bisa adaptasi dengan sistem kuliah di Korea itu nggak sulit-sulit amat, kok. Semua bisa karena terbiasa. Mulai sekarang persiapkan segalanya untuk menuju pendidikan di Korea.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!  

 

2 Mobile Site CTA


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett