Beranda > Karier Sukses > 7 Tips Agar Sukses Tes Wawancara Beasiswa LPDP

7 Tips Agar Sukses Tes Wawancara Beasiswa LPDP

Tunaiku
7 Tips Agar Sukses Tes Wawancara Beasiswa LPDPwatermark

TUNAIKU.COM – Saya termasuk orang yang sangat gigih dalam mencari kesempatan untuk mendapatkan beasiswa saat kuliah. Dana tambahan dalam menempuh pendidikan di perguruan tinggi bagi saya adalah akses menuju dunia masa depan yang saya impikan. Saya juga menjadi murid dari seorang mentor yang cukup veteran di bidang ini. Lalu dia mengenalkan saya pada beasiswa LPDP.

 

Saya awalnya bertanya-tanya, apa itu LPDP? LPDP adalah Lembaga Pengelola Dana Pendidikan. Akhirnya saya pun dibimbing sedemikian rupa sampai sudah hafal alur persoalannya. Saya cukup beruntung karena nama saya tercatat sebagai penerima kesempatan itu. Barangkali saya tidak akan bisa berhasil kalau tidak mengikuti tips sukses berikut ini.

 

Artikel terkait: Yuk Persiapkan Pendidikan Anak

  1. 3 Tipe Orangtua dalam Mempersiapkan Pendidikan Anak. Kamu yang Mana?
  2. 3 Kisah Murid dengan Gurunya yang Sangat Mengharukan
  3. Biaya Kuliah 10 Universitas Swasta Favorit di Indonesia

 

1. Tambahkan Sertifikat saat Proses Pengajuan Formulir

Sebetulnya, sertifikat penghargaan semasa kuliah tidak wajib diikutsertakan. Tapi kata mentor saya, apa pun sertifikat milik saya harus dicantumkan. Katanya, sertifikat itu ibarat pembuktian diri bahwa saya adalah orang yang aktif di kampus dan layak mendapatkannya. Saya memiliki tiga sertifikat berkat menang lomba skala nasional atas nama perguruan tinggi.

2

2. Bikin Esai yang Mampu Memukau Para Penyeleksi Beasiswa LPDP

Esai sudah lama menjadi sahabat saya. Bahkan sebelum kuliah saya sudah sering menulis esai untuk sejumlah surat kabar mengikuti lomba. Bahkan, satu di antara sertifikat penghargaan itu berkat menang lomba esai bertaraf nasional. Untuk mendapatkan dana insentif LPDP ini, saya membuat esai yang benar-benar masih fresh.

 

3. Sering-Sering Menjadi Pembaca Berita di The Jakarta Post

Pada sesi LN (interview), mentor saya bilang untuk melaluinya harus memiliki skill bahasa Inggris yang memadai. Saya kemudian disarankan untuk sering-sering menjadi pembaca setia The Jakarta Post jelang seleksi dimulai. Berita yang dibaca macam-macam, asalkan dalam bahasa Inggris. Tetapi saya hanya membatasi pada berita-berita terkini saja.

 

4. Pertanyaan yang Keluar saat Tes Wawancara Beasiswa LPDP

Sebetulnya pertanyaan saat tes wawancara beasiswa LPDP antarsatu peserta dengan peserta lain itu berbeda-beda. Saat saya memasuki ruang wawancara, interviewer sudah siap merekam proses wawancara. Sepanjang tes interview itu saya berkali-kali mengembuskan napas agar tenang. Pertanyaan yang diajukan pada saya seputar topik di bawah ini.

– Publikasi tulisan saya

– Keinginan saya untuk meneruskan belajar di universitas lain

– Topik esai yang saya tulis

– Pengetahuan saya tentang komputer

– Pandangan saya tentang problematika hidup masa lalu dan masa depan

– Rancangan saya untuk karier profesional saya di masa depan

– Target kelulusan dan tempat kerja impian

– Besaran gaji yang diinginkan saat sudah kerja

– Target kontribusi pasca pendidikan untuk tanah air

 

5. Sikap Terbaik saat Menjawab Pertanyaan saat Seleksi

Dari daftar tersebut ada perpaduan antara tes psikologi dengan tes berbasis keterampilan saya (uji kelayakan). Untuk menjawab semua pertanyaan itu diperlukan kejujuran dan harus cepat tanggap begitu pertanyaan selesai disampaikan. Gesture efek menjawab pertanyaan itu juga menjadi pertimbangan penyeleksi.

 

Artikel Terkait: Tengok Biaya Pendidikan di Indonesia

  1. Prediksi Biaya Kuliah di Tahun 2025 dan Cara Menyiasatinya
  2. Butuh Dana Untuk Masuk Kuliah? Ajukan Pinjaman ke Tunaiku!
  3. Ternyata 6 Jurusan Kuliah Ini Sangat Menguras Kantong!

6. Minta Izin Sekaligus Doa pada Orang Tua dan Kerabat Terdekat

Seharusnya poin ini ditempatkan di posisi teratas. Tapi tidak mengapa, yang penting kamu baca ini. Doa dari orang tua dan juga kerabat memberi suntikan semangat yang besar saat proses seleksi wawancara berlangsung. Tips ini memang tidak diberikan oleh mentor saya. Di luar itu, saya memang meyakini ada kepercayaan diri yang besar setelah minta izin dan doa dari orang tua dan kerabat.

 

7. Minta Tips Langsung dari Awardee

Awardee merupakan mereka yang sudah menerima dana insentif LPDP. Istilah yang cocok untuk tips ini adalah “belajar langsung pada orang yang berpengalaman”. Kebetulan mentor saya termasuk salah satu awardee. Jadi saya tanya banyak-banyak padanya. Semoga dia tidak bosan dengan pertanyaan saya yang bejibun itu.

 

Beasiswa LPDP memang tidak sembarangan jatuh pada siapa pun. Diperlukan tekad kuat untuk menggapainya. Sekali kamu meragukan kemampuan diri sendiri, artinya tamat alias tidak akan lolos. Keyakinan semacam ini juga sangat bagus diterapkan dalam bidang apapun yang tengah kamu tekuni.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett