SWARA – Siapa yang nggak mau kuliah di negara sepopuler Inggris? Saya juga mau. Apalagi kalau kuliah ke sana dengan bekal beasiswa. Apa pun itu, kamu tetap membutuhkan persiapan masuk kuliah di Inggris. Orang Indonesia juga cukup banyak yang menempuh pendidikan di Inggris. Mereka selalu menyiapkan hal-hal ini sebelum berada di Inggris.

 

Artikel Terkait: Rekomendasi Perguruan Tinggi dalam dan Luar Negeri untuk S2

  1. Sambil Kerja Lanjut Kuliah S2 di Universitas Negeri, Ini Rincian Biayanya
  2. Biaya Kuliah S2 Hukum di Universitas Negeri Indonesia, Ini Rincian Dananya
  3. 4 Kriteria Penting dalam Memilih Jurusan S2 di Luar Negeri

 

1. Pertimbangkan soal biaya

Persiapan ini yang pertama-tama harus diperhatikan. Mata uang di Inggris itu Poundsterling. Sekarang nilai tukar ke Rupiah mencapai belasan ribu untuk 1 Poundsterling. Oleh karena itu, modal niat saja nggak cukup. Harus didukung secara finansial. Itulah kenapa kuliah di Inggris kesannya mahal. Rata-rata memang mahal, sih.

 

Cara satu-satunya untuk mengatasi mahalnya biaya pendidikan dengan menggunakan fasilitas beasiswa. Entah yang diselenggarakan berkat jalinan hubungan bilateral, maupun yang berangkat dari universitas di Inggris. Pastinya, mahalnya biaya pendidikan tergantung kota, jurusan, dan popularitas perguruan tinggi yang kamu inginkan.

 

Biaya di luar Inggris maupun Uni Eropa, termasuk mahasiswa Indonesia umumnya mahal. Untuk program pendidikan S1 maupun S2 di Inggris bisa menghabiskan biaya sekitar 16 ribu sampai 40 ribu Poundsterling. Selain biaya kuliah, pertimbangkan pula biaya untuk bertahan hidup. Tempat tinggal saja bisa menghabiskan biaya 500 Poundsterling. Luar biasa.

 

2. Telisik kembali kemampuan bahasa inggris kamu

Menurut saya, Bahasa Inggris ala British itu lebih sulit daripada American. Nah, untuk bisa kuliah di Inggris, kamu wajib mengusai British English. Minimal nilai IELTS harus 8, khususnya untuk perguruan tinggi yang berada di pusat Kota London. Sedangkan di kota-kota pinggiran, nilai 7,5 sudah cukup. Kalau bisa, sih, lebih.

 

Kenapa persiapan masuk kuliah di Inggris ini penting? Soalnya kamu akan bersaing dengan banyak mahasiswa dari berbagai belahan dunia. Mereka juga punya cita-cita kuliah di daratan Inggris. Dengan begitu, maka secara otomatis peluang yang terbuka sangat terbatas. Sayang kalau waktu luangmu nggak digunakan untuk mempelajari British English.

 

3. Memenuhi kualifikasi secara akademik

Perguruan tinggi di Inggris sangat menjunjung tinggi-tinggi sebuah prestasi. Untuk bisa memasuki perguruan tinggi di Inggris, jurusan yang kamu tempuh harus sudah terakreditasi nilai 1 dari BAN-PT. Kalau toh nggak masuk kriteria, kamu tetap bisa kuliah di sana. Tapi harus lewat yayasan atau lembaga.

 

Program pendidikan S1 di In ggris itu berlangsung selama 3 tahun. Kemudian ditambah dengan foundation 1 tahun khusus untuk yang nggak memenuhi akreditasi A tadi. Tapi kalau kamu kuliah di Skotlandia, durasinya 4 tahun. Ketika kamu mau melanjutkan pendidikan S2, maka harus punya prestasi selama menempuh pendidikan S1.

 

Artikel Terkait: Jurusan dengan Passing Grade Tinggi

  1. 9 Jurusan Kuliah di ITB dengan Passing Grade Tinggi 2018
  2. 5 Jurusan Kuliah Saintek di UI dengan Passing Grade Tinggi 2018
  3. 9 Jurusan Kuliah Soshum di UI dengan Passing Grade Tinggi 2018

4.Siapkan visa pelajar dan mental yang tangguh

Selain paspor, visa juga wajib ada untuk digunakan sebagai lama izin kuliah di Inggris. Kalau kamu kuliahnya 3 tahun, izin saja selama 3 tahun. Jadi, sebelum waktu 3 tahun itu habis, kamu pulang dulu ke Tanah Air. Biar nggak repot nantinya. Apalagi kalau kamu berniat mau nambah kuliah beberapa tahun lagi.

 

Kemudian, persiapkan mental yang tangguh. Bukankah selama ini yang mengantarkanmu pada prestasi adalah mental dan disiplin belajar? Nggak peduli betapa besarnya perguruan tinggi yang kamu inginkan. Kalau mentalmu tangguh, saya yakin kamu bisa berhasil. Begitu pula dengan sebaliknya. Ada pepatah, bahwa “makan itu nggak gratis”.

 

Inggris menjadi bagian dari impian para mahasiswa di dunia. Ketika kamu berhasil setelah melakukan semua persiapan masuk kuliah di Inggris, saya ucapkan selamat. Negara kita masih sangat membutuhkan kontribusi dari anak-anak yang giat menempuh ilmu di mana pun berada. Apakah kamu sudah siap jadi bagian dari impian dunia?

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 

Tunaiku, KTA Mobile Site CTA


TUNAIKU    SWARA TUNAIKU