Beranda > Karier Sukses > Sambil Kerja Lanjut Kuliah S2 di Universitas Negeri, Ini Rincian Biayanya

Sambil Kerja Lanjut Kuliah S2 di Universitas Negeri, Ini Rincian Biayanya

NOBERTA JEANIENoberta Jeanie
Sambil Kerja Lanjut Kuliah S2 di Universitas Negeri, Ini Rincian Biayanyawatermark

TUNAIKU.COM – Saya termasuk orang yang sangat mengutamakan pendidikan. Setelah berhasil lulus S1 tahun lalu, saya selalu berpikir untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2. Terlebih bisa meneruskan pendidikan Master ini di Universitas Negeri. Awalnya, sih, saya ingin mencoba mencari beasiswa pascasarjana. Sayangnya, saya belum berhasil untuk mendapatkan beasiswa.

 

Artikel Terkait: Kembali Kuliah

  1. Lulus D3, Lebih Baik Lanjut Kuliah atau Langsung Bekerja
  2. 5 Alasan yang Salah Ketika Kamu Memutuskan untuk Lanjut S2
  3. 5 Tips Sukses Kembali Kuliah Setelah Cuti Cukup Lama

 

Untungnya, keinginan saya untuk melanjutkan pendidikan nggak hilang begitu saja. Saya pun berencana untuk bekerja sambil kuliah.  Hitung-hitung nggak nyusahin orangtua lagi buat biaya kuliah, ya kan?

 

Dari masukan keluarga, teman dan orang-orang di sekitar, ada 3 universitas negeri yang sudah terbayang di kepala saya, yaitu Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada-Kampus Jakarta (UGM) dan Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung-Kampus Jakarta (SBM-ITB). Alasannya, karena ketiga universitas negeri ini memiliki program pascasarjana manajemen yang terbaik.

 

Saya sendiri memilih jurusan manajemen bukan tanpa alasan, lho. Setelah menjalani kehidupan kantoran, alias bekerja selama setahun, saya sadar bahwa kemampuan manajemen yang baik sangat dibutuhkan. Memang sih, kemampuan itu bisa dipelajari secara langsung di dunia kerja, tapi ada baiknya juga, kan, mempelajarinya lebih dalam di lembaga pendidikan.

 

Oleh karena itu, tak perlu berlama-lama, saya pun mulai mencari informasi tentang rincian biaya kuliah di ketiga universitas tersebut. Berikut ini informasi yang saya dapat, semoga bermanfaat buat kamu, juga ya.

 

1. Universitas Indonesia

 

Program Studi: MM & MM-MBA (dual degree). Berada di Lokasi: Kampus UI Salemba. Untuk waktu Kuliah (kelas khusus): Senin – Kamis pk. 19:00 – 21:30 WIB (tidak ada kuliah weekend). Sementara soal akreditasi, kampus ini sudah terakreditasi BAN PT dan ABEST. Untuk jumlah sistem kredit semester total SKS yang harus diselesaikan sebanyak 42 SKS.

 

Biaya yang dibutuhkan berupa BOP (Biaya Operasional Pendidikan) Magister Manajemen dibayarkan sejumlah Rp28.300.000,00 untuk kelas reguler dan Rp24.300.000,00 untuk kelas khusus. DP (Dana Pengembangan) yang hanya dibayarkan saat awal masuk kuliah sebesar Rp7.000.000,00 dan khusus untuk peminatan MM-MBA sebesar Rp25.000.000,00. BOP kelas khusus MM-MBA sebesar Rp38.880.000.

 

Website: http://mm.fe.ui.ac.id/

 

2. Universitas Gajah Mada – Kampus Jakarta

 

Program Studi: MBA, berlokasi di Kampus UGM Jakarta, Tebet. Menawarkan opsi dua waktu bagi mahasiswanya. Yaitu, Eksekutif A: perkuliahan yang berlangsung sejak Senin hingga Jumat malam dan Eksekutif B dimana perkuliahan baru dimulai pada Jumat malam dan Sabtu pagi sampai sore. Kampus ini mendapatkan akreditasi AACSB, BAN PT, ABEST21, Nibes, AUN, AAPBS, dan APMMI. Mahasiswa wajib menyelesaikan sistem kredit semester dengan total nilai 48 SKS.

 

Biaya yang dibutuhkan bagi yang tertarik masuk dalam Kelas Eksekutif A total biaya normal yaitu Rp 103.000.000,00. Sementara untuk Kelas Eksekutif B total biaya normal yaitu Rp 112.000.000,00.

 

Website: http://mm.feb.ugm.ac.id/id/

 

Artikel Terkait: Biaya Kuliah

  1. Berapa Biaya Kuliah di 10 Universitas Favorit di Indonesia
  2. Prediksi Biaya Kuliah di Tahun 2025 dan Cara Menyiasatinya
  3. Biaya Kuliah 10 Universitas Swasta Favorit di Indonesia

3. Sekolah Bisnis & Manajemen Institut Teknologi Bandung – Kampus Jakarta

 

Program Studi: MBA (Business Leadership Executive MBA / BLEMBA). Berlokasi di Kampus SBM-ITB Jakarta, Kuningan. Waktu kuliah yang diselenggarakan setiap 2 minggu sekali pada Jumat hingga Minggu pagi sampai sore (tidak lebih dari 14 hari Jumat dalam setahun). Soal akreditasi, kampus ini mengantongi akreditasi BAN PT, SICS, dan ABEST21 (dalam proses menuju sertifikasi AACSB, EQUIS, dan AMBA). Dalam perkuliahan mahasiswa wajib menyelesaikan dengan total sks 36.

 

Untuk biaya yang dibutuhkan apabila kamu tertarik mengambil program Master di kampus ini maka kamu harus mulai menyiapkan dana  +-95 juta Rupiah (BLEMBA).

 

Website: http://www.sbm.itb.ac.id/mba

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp 2-15 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-15 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

ajukan pinjaman

 

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.,-Nett

Butuh Pinjaman Cepat dan Mudah?

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.,-Nett