Beranda > Karier Sukses > 9 Jurusan Kuliah di ITB dengan Passing Grade Tinggi 2018

9 Jurusan Kuliah di ITB dengan Passing Grade Tinggi 2018

TUNAIKU
9 Jurusan Kuliah di ITB dengan Passing Grade Tinggi 2018watermark

TUNAIKU.COM – Kamu baru lulus SLTA dan bercita-cita untuk meneruskan ke Institut Teknologi Bandung atau yang akrab disebut dengan ITB? Nah, kalau iya, ada baiknya kamu cek dulu passing grade jurusan kuliah yang mau dibidik, kira-kira tinggi atau tidak ya. Total passing grade ditentukan jumlah peminat dan persaingan di tahun sebelumnya. Berikut ini, saya tampilkan sembilan jurusan ITB yang memiliki passing grade tinggi agar cita-citamu kuliah di ITB kesampaian.

 

Artikel terkait: Rekomendasi beasiswa pertukaran pelajar sampai S1

  1. Rekomendasi Beasiswa Pertukaran Pelajar untuk Mahasiswa
  2. Ini Dia 5 Beasiswa Kuliah yang Disediakan oleh Pemerintah
  3. Beasiswa di Tahun 2018 buat Kamu yang Mau Melanjutkan S1

 

1. Teknik Informatika (TI)

Jurusan Teknologi Informatika lumayan menjadi jurusan yang paling diminati oleh para kandidat mahasiswa ITB. Di TI, kamu nantinya akan banyak diajarkan hal-hal yang berhubungan dengan matematika, seperti algoritma, aljabar, database, dan lain-lain. Nilai passing grade untuk jurusan ini sebanyak 64,97%. Walau terkesan tinggi, namun prospek kerja ke depannya sangat cerah.

 

2. Teknik Elektro

Setingkat di bawahnya, passing grade jurusan ini sebesar 61,93%. Mahasiswa yang diterima di jurusan ini akan banyak diajarkan materi tentang listrik. Program yang tersedia meliputi rekayasa elektronik, mekatronik, teknologi suara, dan mikroelektronik. Nantinya, selepas lulus dari ITB, kamu akan banyak berkontribusi untuk masyarakat dan negara.

 

3. Teknik Kimia

Kemudian ada teknik kimia. Passing grade jurusan Teknik Kimia adalah 61,83%. Program utama jurusan ini akan banyak memberikan pengetahuan dan praktik yang berkaitan dengan proses produksi obat-obatan, bahan bakar, dan lainnya. Beberapa posisi kerja untuk lulusan Teknik Kimia meliputi plastics engineer, metallurgical engineer, dan lain-lain.

 

4

4. Farmasi

Jurusan Farmasi dikhususkan untuk para penggemar ilmu tentang obat-obatan, kosmetik, sabun, vitamin, dan sebagainya. Prospek kerja selepas lulus sangat bagus, soalnya bisa dengan mudah menempati Dinas Kesehatan, puskesmas, apotek, maupun industri. Tidak heran kalau passing grade-nya sampai 54,44%.

 

5. Teknik Lingkungan

Jurusan Teknik Lingkungan ini sering disebut-sebut berpotensi memiliki gaji tinggi ketika sudah bekerja sesuai dengan bidangnya. Prospek kerjanya bisa meliputi konsultan lingkungan, manajer lingkungan, petugas daur ulang, dan sebagainya. Passing grade di jurusan ini adalah 54,82%.

 

6. Teknik Perminyakan

Nilai passing grade jurusan ini cukup tinggi, yakni 60,2%. Jurusan ini khusus untuk mempelajari sumber minyak dan gas yang berada di bawah permukaan bumi. Selain itu, jurusan ini juga memiliki misi untuk terus menghasilkan energi alternatif yang lebih bersih. Tanpa menghasilkan banyak emisi karbon yang berbahaya. Apakah kamu tertarik?

7. Teknik Pertambangan

Nyaris sama dengan teknik perminyakan. Hanya saja, fokus jurusan Teknik Pertambangan meliputi seluruh barang tambang. Terutama jenis tambang mineral berharga dan batubara. Apa saja mineral berharga itu? Sebut saja emas, perak, platina, dan lainnya. ITB sudah menjalin relasi dengan banyak perusahaan. Jadi tidak heran kalau passing grade-nya mencapai 54,2%.

 

8. Teknik Mesin

Jurusan ini memiliki fokus kerja untuk bagian manufaktur. Jadi, buat kamu yang suka dengan mesin sekaligus komponennya, boleh tuh masuk Teknik Mesin. Tipe mesin yang dipelajari di jurusan ini meliputi motor bakar, mesin fluida, sistem termal, dan lain-lain. Ada pula program yang memuat rancangan gambar teknik, modelling, dan sebagainya. Passing grade-nya 53,4%.

 

Artikel terkait: Mau dapat beasiswa LPDP? Simak ini dulu

  1. 7 Tips agar Sukses Tes Wawancara Beasiswa LPDP
  2. Hindari 8 Kesalahan dalam Mendapatkan Beasiswa LPDP
  3. 10 Kesalahan Mengajukan Beasiswa yang Sering Dilakukan

 

9. Teknik Sipil

Seorang yang belajar di jurusan Teknik Sipil, nantinya akan mempelajari bagaimana cara menata infrastruktur, renovasi gedung, dan sebagainya. Mata kuliahnya meliputi Mekanika Teknik, Statistik, Struktur Beton, Struktur Baja, dan lain-lain. Ke depannya, kamu berpotensi jadi kontraktor profesional, PNS, pegawai BUMN, dan lain-lain. Passing grade-nya 51,7%.

 

Sedikit sekali lulusan ITB itu yang menganggur. Wajar saja, sebab untuk masuk dan menjadi bagian dari ITB saja perlu usaha yang sangat keras. Buat kamu yang meminati jurusan kuliah yang disebutkan di atas, mulai sekarang belajar yang rajin, ya. Terus tingkatkan pengetahuan tentang jurusan impianmu tanpa terpengaruh oleh omongan orang lain.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett