SWARA – Novel bergenre misteri dan thriller adalah bacaan favorit saya sejak kanak-kanak. Sewaktu kecil, saya mengoleksi puluhan judul dari serial Goosebumps yang nge-hits di tahun 90-an. Kegemaran itu masih terbawa sampai sekarang, tentunya dengan level bacaan yang lebih berat, seperti misteri detektif maupun suspense yang melibatkan teka-teki yang rumit seperti karya-karya Dan Brown.

Kalau kamu nggak punya banyak waktu luang untuk membaca, ada sejumlah judul novel misteri yang tebalnya nggak sampai 300 halaman dan bisa dihabiskan dalam sekali duduk. Nah, ini dia rekomendasi judul novel misteri singkat yang cocok untuk mengisi akhir pekanmu.

 

1. Lalu Semuanya Lenyap (And Then There Were None) oleh Agatha Christie

Agatha Christie merupakan salah satu penulis cerita misteri yang paling berpengaruh di abad 20. Karya-karyanya masih seru dinikmati hingga sekarang. Salah satu novelnya yang sangat menarik untuk kamu baca berjudul Lalu Semuanya Lenyap (And Then There Were None).

 

Buku setebal 296 halaman ini mengisahkan sepuluh orang yang diundang ke sebuah rumah mewah di pulau kecil. Tapi, pulau yang indah itu berubah jadi mencekam ketika mereka tewas satu per satu. Novel ini bisa kamu dapatkan di toko buku dengan harga Rp55ribu. Kamu juga bisa membacanya secara online di Google Play Books dengan harga Rp75 ribu.

 

Artikel terkait: Rekomendasi bacaan dari Tunaiku

  1. Buku Bacaan Seputar Kencan dan Hubungan yang Insightful
  2. 5 Pilihan Buku Seputar Finansial yang Cocok untuk Hadiah Natal
  3. Buku Bacaan Soal Traveling yang “Laki” Banget!

 

2. The Perfect Nanny oleh Leila Slimani

Ahli hukum brilian bernama Myriam bermaksud untuk bekerja lagi, jadi ia dan suaminya memutuskan untuk mencari pengasuh untuk dua anaknya. Ketika mereka merasa menemukan pengasuh yang ideal, semua berubah menjadi mimpi buruk.

Itulah sedikit cuplikan dari The Perfect Nanny yang dinarasikan secara mendebarkan dalam novel setebal 240 halaman ini. Buku ini belum memiliki versi terjemahan bahasa Indonesia, tapi kamu bisa mendapatkannya versi cetak maupun ebook-nya yang berbahasa Inggris dengan harga sekitar Rp150ribu hingga Rp200 ribuan.

 

3. Malice oleh Keigo Higashino

Malice merupakan seri keempat kisah Detektif Polisi Kyoichiro Kaga karya novelis asal Jepang, Keigo Higashino. Pada buku ini, kamu akan diajak untuk mengungkap kasus pembunuhan seorang novelis yang ditangani oleh Detektif Kaga. Meski hanya setebal 288 halaman, ceritanya bakal bikin kamu berdebar-debar dan terus penasaran sampai akhir.

Seperti novel yang saya sebutkan sebelumnya, novel yang ini juga belum ada versi bahasa Indonesianya. Tapi, kamu bisa memperoleh versi cetak berbahasa Inggris di situs buku impor dengan harga Rp300 ribuan atau beli versi ebook-nya di Google Play dengan harga Rp150 ribu saja.

 

4. Katarsis oleh Anastasia Aemilia

Belum lengkap rasanya kalau belum memasukkan novel misteri dari penulis Indonesia. Katarsis merupakan novel misteri psycho-thriller yang mengisahkan tentang Tara Johandi, gadis berusia 18 tahun yang menjadi satu-satunya korban selamat dari perampokan berdarah yang terjadi di rumah pamannya. Ketika Alfons, seorang psikiater, tengah berusaha menyembuhkan trauma Tara, muncul serangkaian pembunuhan yang misterius. 

Novel setebal 264 halaman ini ditulis dengan bahasa yang apik sekaligus mencekam, membuat kamu enggan beranjak dari buku itu sebelum mencapai halaman terakhir. Buku ini bisa kamu dapatkan di toko buku maupun situs jual beli online dengan harga Rp40 ribuan.

 

Artikel terkait: Baca ini biar produktif!

  1. Baca 7 Buku Ini Sebelum Tidur untuk Menenangkan Pikiran
  2. 5 Buku Ilustrasi Karangan Penulis Indonesia yang Bisa Dibaca untuk Mengurangi Stres
  3. 5 Buku Inspiratif yang Wajib Dibaca Para Milenial Sebelum Berusia 30 Tahun

 

Itu dia judul-judul bacaan bergenre misteri di bawah 300 halaman yang layak jadi teman akhir pekanmu. Kalau kamu punya rekomendasi lain, bagikan di komentar, dong!

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

1


PAULUS RISANGPAULUS RISANG