SWARA –  Berdasarkan data  Pusat Hidrografi dan Oseanografi Angkatan Laut pada 2017 lalu, Indonesia diketahui memiliki 17.500 pulau.  Jika dihitung-hitung,  kamu butuh waktu sekitar 40 tahun untuk bisa mengunjungi setiap pulau di Indonesia.

 

Inilah kenapa saya yakin kamu nggak kehabisan destinasi liburan di Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke, ada ribuan pulau indah yang bisa kamu kunjungi. Tergantung, kamu maunya yang seperti apa.

 

Kali ini, saya akan berikan rekomendasi 5 pulau romantis serpihan surga di Indonesia yang bisa kamu kunjungi bersama pasanganmu. Semoga bisa jadi inspirasi honey moon, ya!

 

Artikel Terkait: Mau Kemana Liburan Tahun Ini?

  1. 5 Hotel Instagramable di Bangka Belitung dengan Tarif Murah
  2. Mau Traveling? Ini 5 Destinasi Wisata Musim Semi Terbaik di Asia
  3. 10 Tempat Paling Bahagia di Dunia dan Harus Dikunjungi

 

1. Takabonerate di Pulau Selayar

Takabonerate, taman nasional berupa atol terbentang di sebelah selatan pulau Sulawesi, lebih tepatnya di Pulau Selayar, Sulawesi Selatan. Sebagai atol terbesar ketiga di dunia, Takabonerate memiliki kekayaan alam dengan biodervisitas biota dan terumbu karang yang tinggi. Makanya, Takabonerate bisalah disandingkan dengan Wakatobi untuk urusan wisata diving.

 

Apa kegiatan menarik lain yang bisa kamu lakukan? Bercengkrama dengan anakan hiu yang jinak dengan memberi mereka makanan potongan ikan segar. Atau sekadar berjalan telanjang kaki menyusui pesisir pantai berpasir putih dan laut membentang sejauh mata memandang.

 

Untuk mencapai Takabonerate dari Makassar, kamu harus menyewa mobil menuju Bira, dan dilanjutkan dengan kapal feri menuju Pulau Selayar. Dari beberapa  travel agent yang saya baca, harga paket trip ke Takabonerate berkisar antara Rp2 juta hingga Rp3 juta/orang dengan titik keberangkatan dari Makassar.

 

Oh iya, waktu terbaik untuk mengunjungi Takabonerate adalah sepanjang bulan April hingga Mei dan Agustus sampai November. Silakan booking tiket dari sekarang, ya!

 

2. Pulau Moyo

Nggak banyak yang familiar dengan nama Pulau Moyo. Padahal, pulau yang terletak di sebelah utara Pulau Sumbawa ini masih terbilang sepi dan pantai serta air terjunnya pun cantik-cantik!

 

Ada Ai Manis yang terkenal sebagai spot diving dan snorkerling juara dengan pemandangan bawah laut luar biasa indah. Ai Manis berbatasan langsung dengan hutan tropis di mana kamu bisa hiking dan menyaksikan langsung biota asli seperti burung koakkao, burung gosong, bahkan rusa liar. Kebayang nggak, sih, jalan-jalan santai sama pasangan di sini? Romantis, ya?

 

Nggak hanya pantai,  ada pula air terjun yang namanya Air Terjun Mata Jitu yang terletak di kawasan hutan. Airnya jernih, suasananya asri, dan bahkan kamu bisa mendengar kicauan burung liar. Surgawi, deh!

 

Tentang bujet, ternyata ke Pulau Moyo itu affordable banget, lho! Dari salah satu artikel di kitaina.id, seorang pelancong menyebut total bujet Rp5,5 juta/orang. Dan ini sudah mencakup pesawat ke Lombok, penginapan, dan transportasi selama di sini.

 

Oh iya, tahukah kamu? Pasangan halyu Rain dan Kim Tae Hee pun memilih Pulau Moyo sebagai destinasi honey moon. Bahkan Lady Diana sempat juga menjejakkan di sini. Kamu nggak mau?

 

3. Pulau Kanawa

Satu lagi pulau cantik yang ada di kawasan Nusa Tenggara. Pulau Kanawa, yang terletak di dalam Taman Nasional Komodo. Untuk mencapai pulau ini, kamu bisa menggunakan kapal dari Labuan Bajo yang berangkat pukul 12.00 setiap harinya. Saat kapal mendekat, alihkan pandangan ke bawah dan kamu akan melihat hamparan karang cantik plus anakan ikan hiu yang bebas berenang. Mengarah ke depan, terlihat latar belakang bukit dengan rerumputan kuning. Sungguh eksotik dan menenangkan.

 

Untuk akomodasi ada yang cukup unik. Alih-alih hanya menawarkan hotel, di sini kamu bisa memilih beberapa alternatif. Ada yang berupa tenda dome a la camping yang paling ekonomis. Ada yang berupa bungalow biasa. Pun ada gazebo yang disewakan lengkap dengan kasur bantal, lampu, dan stop kontak listrik!

 

Perkiraan biaya untuk liburan ke Pulau Kanawa kurang lebih samalah jika berkunjung ke Labuan Bajo. Rata-rata dimulai dari Rp3 jutaan dihitung dari titik keberangkatan Labuan Bajo.

 

4. Pulau Cinta

Pulau Cinta, Maldives-nya Indonesia ada di Provinsi Gorontalo. Pulau Cinta ini terutama terkenal karena Eco Resort, yaitu 15 cottage yang mengelilingi pulau. Harga sewanya memang cukup pricey sih, sekitar Rp3 juta sampai Rp5 juta per malam. Namun, ini sudah termasuk biaya transportasi dan makan tiga kali sehari.

 

Bisa ngapain aja di Pulau Cinta? Well, selain tentunya bermalas-malasan memandangi langit dan laut yang seakan menyatu sembari melupakan masalah dunia, ada hal aktivitas lain yang bisa kamu coba. Antara lain, trekking hutan sembari menyapa penduduk lokal dan tentunya, snorkeling, dan diving.

 

Di salah satu travel agent, ada paket honey moon ke Pulau Cinta yang dibanderol mulai dari Rp8 juta untuk 3 hari dua malam. Oh ya, dinamakan Pulau Cinta karena pulai ini memang berbentuk hati saat dilihat dari atas, lho. Well, namanya sudah Pulau Cinta, ya. Pastilah ini cocok untuk destinasi honey moon!

 

Artikel Terkait: Liburan dengan Pasangan

  1. 5 Pantai Paling Menawan yang Layak Kamu Kunjungi Bareng Pasangan
  2. 5 Pilihan Tempat Wisata yang Cocok Untuk Manula
  3. Tips Traveling Bareng Pasangan yang Menjalani Long Distance Relationship

 

5. Pulau Bintan

Beralih ke Indonesia bagian barat, ada Pulau Bintan, Kepulauan Riau yang bisa kamu incar. Konon, Pulau Bintan ini sudah terkenal sebagai destinasi  bulan madu sejak zaman kolonial lho. Pantai-pantainya bersih, air jernih, kendaraannya nggak terlalu ramai, dan ada banyak spot yang bisa kamu kunjungi bareng pasangan.

 

Ada pantai Lagoi, yang berhadapan langsung dengan Singapura dan Malaysia. Pulau Penyengat dan Pulau Senggarang, yang bisa dikunjungi dengan perjalanan 15 menit menyeberangi laut menggunakan pompong (perahu motor).  Kedua pulau ini punya kekhasan masing-masing, di mana Pulau Penyengat kental dengan kultur Islam, sedangkan Pulau Senggarang adalah pemukiman warga Tionghoa.

 

Alternatif lain, kamu bisa mencoba aktivitas menyusuri Hutan mangrove atau sekadar bersantai di Crystal Lagoon, kolam terbesar se-Asia Tenggara. Dari situs weddingku.com, paket honey moon di Bintan dibanderol mulai dari harga Rp7 juta untuk 4 hari 3 malam.

 

Hmm, semuanya menarik hati ya? Coba deh, mulai didiskusikan dengan pasangan dari sekarang mau honey moon ke mana. Jadi  bisa nyiapin bujet dan itinerary maksimal!

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku. Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!

 

KTA, tunaiku, pinjaman tunai, pinjaman online, pinjaman tunai mudah dan cepat tanpa agunan, pinjaman tanpa jaminan, amar bank indonesia, kredit mudah dan cepat tanpa agunan, kredit tanpa jaminan, camping ground, camping ground di malang, liburan seru di malang

 

 

 


WINNY WITRA MAHARANI TUNAIKU   WINNY WITRA MAHARANI