SWARA – Saat yang paling didambakan khususnya bagi pekerja kantoran adalah long weekend, karena terdapat perpanjangan waktu untuk libur kerja. Banyak orang yang menggunakan long weekend-nya untuk berlibur bersama keluarga atau sekadar beristirahat di rumah. Tetapi yang seringkali menjadi permasalahan adalah besarnya godaan untuk terus bermalas-malasan dan suasana liburan yang masih menempel bahkan sampai ke meja kerjamu. Maka, bagaimana caranya untuk mengumpulkan semangat kerja supaya performa kamu tetap produktif saat kembali bekerja nanti? Berikut tips-tipsnya!

 

1. Datanglah ke tempat kerjamu lebih awal

Mungkin terdengar mustahil, namun percayalah, hal pertama yang dapat kamu lakukan supaya kamu dapat bekerja dengan produktif adalah dengan datang ke tempat kerjamu lebih awal. Dengan datang lebih pagi, kamu memberikan dirimu kesempatan lebih kecil untuk bermalas-malasan dan membuatmu memulai hari kerja dengan semangat baru.

 

Artikel terkait: Rekomendasi tempat berlibur saat long weekend

  1. 7 Rekomendasi Glamping Seru Bareng Keluarga di Akhir Pekan
  2. Weekend Getaway ke Cirebon, Solusi Liburan Murah Meriah
  3. Kamu yang di Surabaya Bisa Weekend Gateway di 5 Tempat Ini!

 

2. Memeriksa kembali agenda kerjamu dan membuang hal yang nggak penting

Apakah kamu terbiasa untuk membuat to-do-list atau agenda pekerjaanmu dalam satu hari, satu minggu, atau bahkan satu bulan? Kalau kamu terbiasa melakukan hal ini, janganlah membuat to-do-list yang terlalu Panjang. Karena, ujung-ujungnya akan membuat tingkat stresmu bertambah apalagi kalau banyak pekerjaan belum selesai. Selain itu, dengan adanya liburan panjang, pastinya minggu kerjamu akan berkurang. Jadi, sebisa mungkin jangan buat janji meeting atau membuat jadwal kerja yang terlalu padat. Hal tersebut secara nggak langsung dapat membuat seluruh rangkaian pekerjaanmu menjadi kurang maksimal.

 

Maka, kalau kamu baru saja kembali dari libur panjang, cobalah untuk menyederhanakan dan buanglah hal-hal kurang penting dari agendamu. Dengan membuang poin-poin yang kurang penting, kamu bisa lebih sedikit rileks dalam bekerja dan lebih produktif.

 

 

3. Mampu me-manage e-mail pekerjaan dengan baik

Ketika kamu sedang menjalani masa liburan, sudah pasti disarankan bagi kamu untuk menjauhkan dirimu e-mail pekerjaan, karena secara otomatis itu akan membuat waktu dan kualitas liburanmu menjadi berkurang. Tetapi, ketika kamu kembali bekerja setelah libur panjang, biasanya e-mail pekerjaanmu akan menumpuk dan membuatmu kewalahan dalam membalas dan mengaturnya. Disarankan bagi kamu untuk mengeceknya perlahan-lahan dan balaslah e-mail yang memiliki tingkat urgensi lebih tinggi dari yang lain. Nanti seiring berjalannya hari kerjamu, kamu bisa membalas e-mail lainnya.

 

4. Mengecek rekan kerja dan klien

Ketika kamu dan rekan-rekan kerja serta klien baru saja melewati liburan panjang, tunjukkanlah perhatianmu kepada mereka dan ajaklah mereka mengobrol santai. Jangan lupa untuk mengatakan bahwa kamu sudah kembali dan siap untuk bekerja secara produktif. Apabila libur panjangmu sampai hari senin, yang biasanya adalah hari terpopuler untuk mengadakan meeting, buatlah meeting-mu cepat dan kondusif serta nggak bertele-tele supaya kamu dan rekan kerjamu juga dapat bekerja secara efektif.

 

Selain itu, kalau kamu berurusan dengan klien, cobalah hubungi mereka sesampainya kamu di kantor dan katakanlah bahwa kamu sudah siap untuk kembali bekerja serta menawarkan dirimu untuk membantu apabila klienmu mendapatkan kesulitan. Hal ini mungkin terkesan sederhana, namun klien akan merasa dihargai sekaligus menunjukkan profesionalitasmu dalam bekerja.

 

Artikel terkait: Yuk, ikuti langkah ini agar lebih produktif dalam pekerjaanmu

  1. 5 Langkah Lebih Produktif dalam Bekerja
  2. 7 Langkah Menghabiskan Minggu yang Produktif di Kantor
  3. Tips Supaya Meja Kantor Tetap Membuatmu Produktif Bekerja

 

5. Berorientasi pada pekerjaan

Jangan pernah kamu meremehkan pentingnya liburan panjang, karena sesekali kamu membutuhkan waktu liburan yang benar-benar berkualitas, apalagi karena sibuknya pekerjaan kamu jadi kurang ada waktu bersama dengan keluarga besar dan teman-teman. Akan tetapi, kalau kamu mulai bekerja kembali, kamu harus cepat menyesuaikan diri dengan ritme kerja kantormu supaya hasil kerjamu tetap maksimal. Memang sulit, tetapi kalau kamu melakukan poin-poin di atas dengan baik, setelah beberapa kali kesempatan kamu akan dapat dengan mudah menyesuaikan diri.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


TimotiusTIMOTIUS TRISETIAWAN