SWARA – Bekerja dari rumah memang ada sisi positif dan negatifnya. Salah satu sisi positifnya, kamu bisa lebih nyaman dalam bekerja karena memang berada di rumah sendiri. Kerja pun lebih fleksibel dan bebas. Saya sendiri berencana untuk menjadi freelancer dan bekerja dari rumah karena alasan ini.

 

Namun, perlu saya akui, tantangan terbesar bekerja dari rumah adalah bagaimana kau bisa tetap produktif. Nggak ada atasan yang mengawasi dan kamu sendiri yang bikin jadwal kerja, kadang justru membuatmu jadi malas-malasan dan nggak produktif.

 

Coba lakukan 7 cara ini agar bisa lebih produktif saat bekerja dari rumah.

 

Artikel Terkait: Tips untuk Selalu Produktif

  1. 5 Langkah Lebih Produktif dalam Bekerja, Apa Sajakah?
  2. Biar Makin Produktif dan Fokus Kerja, Coba Sambil Dengerin 4 Jenis Musik Ini, Deh!
  3. Yuk, Lakukan 5 Kegiatan Ini Biar Kamu Tetap Produktif Saat Musim Penghujan!

 

1. Ciptakan lingkungan yang kondusif untuk bekerja

Namanya bekerja dari rumah, kadang kamu nggak punya beberapa barang penting yang dibutuhkan untuk bekerja. Kalau kerja di kantor, biasanya barang-barang ini sudah disiapkan oleh perusahaan.

 

Nah, sebisa mungkin buat lingkungan rumah lebih kondusif untuk bekerja. Misalnya, kamu menyiapkan alat tulis, kopi, camilan, printer, dan lainnya sebelum mulai bekerja.Jangan sampai kamu terusik dengan rasa lapar dan berhenti bekerja di tengah jalan karena harus ke luar rumah.

 

2. Siapkan makanan sehat

Ini dia kesempatan emas untuk membuat makanan sehat! Jika sebelumnya kamu sering jajan di luar, kini kamu berkesempatan untuk masak menu makananmu sendiri.

 

Lokasi dapur juga dekat, sehingga nggak ada alasan untuk malas makan dan memasak menu sehat. Selalu stok sayuran, buah, dan camilan sehat di dalam kulkas. Kalau kamu butuh, tinggal ambil dari kulkas dan memasaknya.

 

3. Jaga ruangan tetap dingin

Menurut sebuah penelitian Barkeley Lab dari University of California, 21 derajat celsius adalah suhu ideal untuk bekerja lebih produktif. Jika suhu ruangan nggak terlalu dingin atau terlalu panas, kamu jadi lebih nyaman bekerja.

 

Namun, kamu bebas menyesuaikan dengan kondisi sekitar, sih. Kalau memang cuaca lagi panas-panasnya, menurunkan suhu AC juga nggak masalah. Buat lingkungan kerja senyaman mungkin.

 

4. Menghias ruangan dengan warna yang cocok

Warna dekorasi ruangan ternyata mampu memengaruhi produktivitas seseorang, lho. Sebelum menghias ruangan, pastikan kamu memilih warna yang sesuai dengan kebutuhan.

 

Kalau ingin fokus dalam bekerja, kamu bisa memilih warna biru. Bisa juga memilih warna kuning jika ingin meningkatkan kreativitas. Lalu, bagaimana kalau ingin kerja secara efisien dalam waktu yang lama? Bisa memilih warna hijau, nih.

 

5. Istirahat

Jangan terlalu memaksa diri untuk terus bekerja. Kalau dipaksa, bukannya produktif, kamu malah bisa kehilangan ide-ide cemerlang, lho. Idealnya, kamu perlu istirahat selama 17 menit setelah bekerja selama 52 menit. Setelah istirahat, otak akan kembali segar dan bisa berpikir lebih jernih.

 

6. Jaga komunikasi dengan rekan kerja

Menjaga komunikasi yang baik dengan rekan kerja sangatlah penting ketika bekerja di rumah. Dengan cara ini, kamu selalu tahu info terbaru dari perusahaan.

 

Kamu bisa memanfaatkan berbagai media komunikasi seperti video call, email, dan aplikasi chatting (Slack, Line, Whatsapp, dll.). Hubungi mereka secara berkala agar komunikasi tetap terjaga.

 

Artikel Terkait: Kebiasaan yang Menghambat Produktivitas

  1. Stop Lakukan 7 Kesalahan Ini di Pagi Hari Agar Kamu Lebih Produktif!
  2. Bingung Kenapa Sulit Produktif Saat Bekerja? Ini Lho Alasannya…
  3. 8 Kebiasaan Ini Bikin Millennial Gampang Stres dan Kurang Produktif

 

7. Nyalakan musik

Saya masuk tipe orang yang bisa produktif  kalau bekerja sambil mendengarkan musik. Biar tetap efisien, buat playlist lagu kesukaan sebelum mulai bekerja. Jadi, kamu nggak perlu gonta-ganti lagu saat bekerja karena bisa memecah konsentrasi.

 

Selain itu, pilih lagu yang sesuai dengan mood untuk bekerja. Sebagai contoh, kalau kamu sedang menyunting tulisan, disarankan untuk mendengarkan musik bergenre EDM. Wah, bisa banget, nih, dicoba!

 

Ini dia 7 cara untuk lebih produktif saat bekerja di rumah. Rumah pun bisa jadi tempat bekerja yang asik tanpa mengurangi produktivitas.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 

KTA, tunaiku, pinjaman tunai, pinjaman online, pinjaman tanpa agunan, pinjaman tanpa jaminan, pinjaman mudah dan cepat, amar bank indonesia, jangan resign

 

 

 

 

 

 


DEWI AYU NURJANAH

DEWI AYU NURJANAH