Beranda > Karier Sukses > Yuk, Introspeksi, Mungkin Ini Penyebab Perusahaan Menolak Lamaranmu!

Yuk, Introspeksi, Mungkin Ini Penyebab Perusahaan Menolak Lamaranmu!

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
Yuk, Introspeksi, Mungkin Ini Penyebab Perusahaan Menolak Lamaranmu!watermark

TUNAIKU.COM – Pasti sebagian besar dari kamu pernah mengalami bagaimana rasanya ditolak dalam bekerja. Bukan hanya sekali, beberapa kali malah. Ada yang gagal dalam tahapan rekruitmen saat wawancara, tes kesehatan, bahkan nggak lolos administrasi saat mengumpulkan CV.

 

Setiap perusahaan, tentu memiliki alasan saat menolakmu. Inilah yang harus kamu tahu untuk menghindari kesalahan berikutnya. Toh, kamu nggak mau selamanya ditolak dalam bekerja, kan? Dengan mengetahui penyebabnya, kamu pun jadi bisa melakukan introspeksi harus bertindak seperti apa selanjutnya.

 

Setidaknya, ada hal-hal yang sering jadi penyebab perusahaan menolak lamaran kerja dari jobseeker. Apa saja?

 

Artikel Terkait: Jobseeker, Baca Ini Saat Menjalani Tes Kerja

  1. Lakukan 7 Cara Ini untuk Bangkit Kembali Setelah Gagal Mendapat Pekerjaan Impian
  2. Ini Tips Sukses Dapatkan Pekerjaan di Sektor NGO
  3. 8 Kiat Sukses Wawancara Kerja Melalui Telepon

 

1. Email nggak profesional

Kamu masih memiliki email yang namanya, masihmencintaimu@yahoo.com? Saya jamin, nggak akan ada perusahaan yang membuka aplikasi kerja yang kamu kirimkan lewat email. Bisa jadi HRD perusahaan mengira kamu salah kirim atau langsung bisa menilai bahwa kamu masih labil, kekanak-kanakan, dan nggak profesional. Selain itu, akun email  ini hanya akan jadi bahan guyonan di meja meeting para bos besar.

 

Cobalah membuat email menggunakan nama panjangmu. Misalnya kamu bernama Fery Saputra, lalu email-mu adalah Ferysaputra@gmail.com. Setidaknya kamu lolos dalam seleksi pembacaan email terlebih dahulu.

 

2. Typo

Kesalahan tik atau typo juga menjadi hal yang diperhatikan HRD. Ketelitian dalam hal ini menandakan kamu orang yang teliti dan peduli pada detail kecil. Hal seperti inilah yang dibutuhkan perusahaan.

 

Typo menunjukkan kamu orangnya kurang berhati-hati. Selain itu juga membuat mata HRD sakit dan kurang nyaman saat membacanya. Jadi mulai sekarang, cobalah lebih berhati-hati dalam membuat CV. Perhatikan juga spasi dan pengaturan paragraf. Kerapian tanda baca, minimnya typo, spasi serta paragraf akan membuat HRD betah berlama-lama memerhatikan CV-mu.

 

3. Nggak sesuai kualifikasi

Jika sejak awal kualifikasi yang disyaratkan adalah lulusan teknik, pasti perusahaan akan mencari kandidat yang merupakan lulusan teknik. Walau lulusan dari jurusan psikologi universitas paling tersohor di negeri ini dan meraih predikat lulusan terbaik, dijamin kamu nggak akan lolos. Jadi, biasakan tertib mengikuti kualifikasi, ya.

 

Dalam beberapa kasus, kurang sesuai dengan kualifikasi ini disebabkan karena kurang teliti saat membaca informasi penawaran kerja. Untuk itu mulai sekarang cobalah lebih tepiti dan mematuhi keterangan dari kualifikasi, ya.

 

Artikel Terkait: Peluang Kerja Jurusan Kuliah

  1. 8 Peluang untuk Bekerja di Kementerian dan Lembaga Bagi Lulusan STAN
  2. Ini 5 Pekerjaan Seru Bagi Lulusan Jurusan Pariwisata
  3. 9 Pekerjaan Seru untuk Lulusan Jurusan Musik di Dunia

 

4. Kualifikasimu melebihi yang diharapkan

Kualifikasi yang lebih dari yang disyaratkan pun menjadi kendala buatmu. Misalnya yang disyaratkan adalah D3 sedangkan kamu lulusan S2. Dalam memberikan kriteria tentu HRD sudah tahu suatu posisi sangat cocok untuk jenjang pendidikan mana. Jadi, meskipun pendidikanmu lebih tinggi, kamu tetap nggak lolos.

 

Selain itu, biasanya perusahaan jadi takut sendiri dalam mempekerjakanmu. Sebagai lulusan S2 pastilah calon tenaga kerja meminta upah lebih besar dari D3. Sedangkan perushaaannya nggak besar-besar amat. Jadi ya, kemungkinan besar kamu ditolak.

 

5. Beda pengalaman pekerjaan

Salah satu kelebihan dalam CV adalah adanya pengalaman kerja. Masukkan pengalaman kerja yang sekiranya sesuai dengan posisi yang ditawarkan. Jika posisi yang ditawarkan adalah Akuntan sedangkan kamu memiliki pengalaman jadi editor selama 3 tahun ya nggak akan ada gunanya. Beda cerita jika kamu punya pengalaman magang sebagai akuntan saat kuliah. Walau hanya 3 bulan pasti berguna. Pun pengalaman berorganisasi di kampus sebagai ketua selama satu tahun lebih diperhitungkan daripada 3 tahun sebagai editor tadi.

 

Itu dia kesalahan yang menyebabkan kamu ditolak. Yuk, lekas diperbaiki agar kamu bisa segera mendapatkan karier impian.

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku. Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!

 

CTABARU1

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett