Beranda > Karier Sukses > 8 Kiat Sukses Wawancara Kerja Melalui Telepon

8 Kiat Sukses Wawancara Kerja Melalui Telepon

Setyo Kinanthi Setyo Kinanthi 
8 Kiat Sukses Wawancara Kerja Melalui Teleponwatermark

TUNAIKU.COM – Beberapa perusahaan menggunakan metode wawancara via telepone untuk para pelamarnya. Kamu bisa mengikuti wawancara ini, jika kebetulan kamu sedang berada di luar kota atau sedang sibuk dengan aktivitas tertentu.

Walaupun hanya menyampaikan pesan suara, wawancara kerja via telepone juga ada tata krama nya lho. Waancara kerja melalui media apapun tetap harus kamu pelajari caranya, karena nggak segampang yang kamu kira. Kamu harus bisa meyakinkan pewawancara artinya kamu mesti tampil melebihi kandidat lain karena wawancaramu nggak bertatap muka secara langsung. Nah, jangan sampai wawancaramu gagal hanya karena hal-hal sepele. Yuk, pahami cara-cara dibawah ini!

 

Artikel terkait: Sukseskan prosesmu membangun karir dengan hati-hati terhadap hal-hal berikut yuk!

  1. Saatnya Tegas, Inilah 5 Hal yang Nggak Bisa Ditoleransi Terjadi di Kantor!
  2. Hati-Hati! 5 Body Language Ini Bisa Bikin Orang Salah Paham dan Menjauhimu
  3. 5 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Negosiasi Gaji

 

1. Siaga menjawab telepon masuk

Kamu perlu mempersiapkan diri dan siaga jika sewaktu-waktu ada telepon masuk. Apabila memang jadwal wawancara sudah ditentukan, sebaiknya cari tempat yang tenang dan yang jelas bikin kamu nyaman untuk berbicara. Saran tambahan, jangan melakukan wawancara di tempat kerjamu, tentunya sungkan banget kalau perusahaan tempatmu bekerja, tahu kamu cari pekerjaan lain.

 

2. Siapkan catatan kecil

Jauh sebelum wawancara dilakukan, kamu tentu sudah mencari tahu informasi terkait perusahaan yang kamu lamar dan nggak lupa juga mempelajari berkas lamaranmu kembali. Nah, menjelang waktu wawancara, baiknya kamu buat catatan-catatan kecil, mengingat daya ingat manusia terbatas.

 

3. Memiliki  jawaban yang diplomatis untuk pertanyaan umum

Nah, ada hal-hal penting yang perlu kamu perhatikan ketika menghadapi wawancara kerja secara detail. Terutama soal prediksi pertanyaan yang bakal dilontarkan pewawancara kepada mu. Kamu bisa mempelajarinya dari berbagai sumber lho, misal internet, kelas karir, atau dari teman-temanmu yang sudah berpengalaman mengikuti wawancara kerja.

 

4. Tetap tersenyum

Menampakkan wajah senyum nggak hanya dapat kamu lakukan saat tatap muka, tetapi juga lewat telepon. Tersenyum dapat mempengaruhi nada suaramu yang secara langsung dapat memperlihatkan kesan antusias saat wawancara. Kamu bisa gunakan alat bantu seperti cermin, agar selalu ingat untuk tersenyum.

 

5. Fokus pada bahasa dan suaramu

Jaga intonasi bicaramu, jangan terlalu cepat atau terlalu lambat. Nggak lupa juga untuk menggunakan bahasa dan kata-kata yang sopan, nggak menyinggung orang lain, dan menunjukkan antusiasme. Hindari aktivitas makan dan minum atau yang lain saat wawancara berlangsung.

 

6. Jangan mendominasi percakapan

Terkadang karena terlalu bersemangat, kamu jadi nggak sadar ingin mendominasi pembicaraan. Memang betul kamu diminta untuk memberikan semua jawaban, tetapi kamu juga harus menunjukkan bahwa kamu juga bisa menjadi pendengar yang baik.

 

7. Manfaatkan kesempatan bertanya

Biasanya menjelang wawancara diakhiri, kamu diberi kesempatan utuk mengajukan pertanyaan kepada pewawancara. Gunakan lah kesempatan tersebut untuk bertanya hal-hal seputar tahap seleksi berikutnya atau perusahaan. Jadi, kamu masih punya kesempatan buat menggali lebih dalam informasi pekerjaan yang kamu lamar.

 

8. Ucapkan terima kasih

Hal ini sederhana, namun seringkali terlupakan. Ucapkanlah terima kasih setelah wawancara selesai. Ini menunjukkan bahwa kamu orang yang menghargai orang lain dan bertata krama. Selain itu, bisa memberikan nilai positif bagi kamu. Nah, sudah cukup memberikan gambaran kan?. Menggunakan alat komunikasi yang agak terbatas untuk wawancara kerja, memang membutuhkan persiapan yang lebih matang. Apapun caranya dan media apapun yang digunakan perusahaan untuk melihat potensimu, tunjukkan semaksimal mungkin ya!

 

Artikel terkait: Coba intip rahasia kesuksesanmu melalui zodiak!

  1. Awas,Coba Cek Zodiak Pembawa Bad Luck dan Penghambat Kesuksesan Ini
  2. Merasa Insecure dan Terhambat Sukses? Yuk, Cari Tahu Jawabannya Lewat Zodiak
  3. 12 Cara Meningkatkan Kualitas Hidup Berdasarkan Zodiak

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!

Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

KTA


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett