Beranda > Karier Sukses > Ini Tips Sukses Dapatkan Pekerjaan di Sektor NGO

Ini Tips Sukses Dapatkan Pekerjaan di Sektor NGO

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
Ini Tips Sukses Dapatkan Pekerjaan di Sektor NGOwatermark

TUNAIKU.COM – Non Government Organization (NGO) atau yang biasanya dikenal dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) bukanlah organisasi ecek-ecek semata. Banyak LSM yang skalanya nasional hingga internasional berdiri di Indonesia. Jumlahnya cukup banyak dan tersebar enggak hanya di kota besar, tapi juga di kota kecil.

 

Sebagai organisasi yang memiliki kegiatan banyak kegiatan sosial, tentu mereka membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni. Karena jumlahnya yang banyak, menjadikan permintaan terhadap SDM LSM juga banyak.

 

Artikel terkait: Lakukan ini agar lolos seleksi kerja

  1. 6 Tips Sukses Saat Interview Pekerjaan Lagi Setelah Lama Berhenti Kerja
  2. Nggak Perlu Minder Jadi Fresh Graduate Tanpa Pengalaman, Yuk, Lakukan 5 Hal Ini Agar Bisa Dapat Kerja!
  3. Ingin Sukses Wawancara Kerja? Kenakan 3 Warna Pakaian Ini!

 

Nah, kalau tertarik pada kegiatan yang berhubungan dengan sosial, kamu bisa lho, bekerja di LSM. Namun, tentu proses penerimaannya juga enggak mudah. Namun, tenang. Berikut tips agar kamu bisa diterima bekerja di NGO.

 

1. Bidik sesuai minat

Ada banyak bidang yang ditekuni oleh NGO. Ada NGO yang menekuni gender, kenakalan remaja, HIV AIDS, kelestarian lingkungan, dan lain sebagainya. Nah, kamu sendiri menyukai isu dalam bidang apa? Pastikan kamu mendaftarkan NGO yang bergerak sesuai dnegan minatmu, ya. Karena selain menjadi poin plus bisa diterima, juga akan mempermudahmu saat bekerja nanti.

 

2. Punya pengalaman kegiatan sosial

Sebagai organisasi yang bergerak di bidang sosial, memiliki pegalaman kegiatan sosial tentu menjadi nilai lebih bisa diterima. Ada banyak kegiatan sosial yang bisa kamu ikuti selama kuliah. Kegiatan-kegiatan di BEM atau kegiatan volunteer di luar kampus contohnya. Nah, buat kamu yang sudah aktif dalam kegiatan sosial ini, enggak ada salahnya mencoba peruntungan di sini.

 

3. Integritas

Totalitas dalam bekerja menjadi kunci bekerja di LSM. Untuk itu, menunjukkan kesungguhanmu untuk bekerja sangat diperlukan. Yakinkan pada HRD kalau kamu memang memiliki integritas dan berkomitmen untuk kegiatan LSM. Ceritakan pengalaman kegiatan volunteer-mu saat wawancara kerja. Kamu bisa menceritakan kegiatan dan kontribusi yang sudah kamu berikan selama kegiatan tersebut.

 

4. Toleransi budaya

Bekerja di LSM yang sudah besar, membuatmu harus siap dipindahkan ke kota lain, pulau lain, bahkan negara lain. Beda wilayah tentu memiliki kebudayaan yang berbeda. Pun dengan sesama karyawan yang bekerja sama denganmu, tentu berasal dari latar belakang yang berbeda-beda. Untuk itu, sangat diperlukan toleransi budaya dalam bekerja dan melakukan kegiatan agar semuanya lancar tanpa adanya kesenjangan.

 

1

Mobile Site CTA

5. Mampu berbahasa asing

Karena kamu juga harus siap berpindah negara, otomatis kamu harus menguasai bahasa asing. Ya sebenarnya kemampuan bahasa asing enggak hanya ditujukan untuk mereka yang ingin bekerja di LSM ya, tapi juga perusahaan dengan bidang lain. Untuk saat ini, minimal kamu bisa menguasai bahasa Inggris dan Mandarin.

 

Artikel terkait: Tempat belajar bahasa asing

  1. Pilihan Tempat Les Bahasa Mandarin Terbaik di Surabaya
  2. 5 Rekomendasi Tempat Les Bahasa Mandarin Terbaik di Jakarta
  3. Rekomendasi 5 Tempat Les Bahasa Jepang Terbaik di Jakarta

 

Itulah lima hal yang harus kamu siapkan jika ingin diterima bekerja di LSM. Tentu enggak hanya berhenti pada tahap lolos seleksi kerja, ya. PR selanjutnya adalah bagaimana agar kamu amanah dan survive di sana.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett