Beranda > Karier Sukses > Wajib Tahu, Ini Bedanya Sekolah Nasional, Nasional Plus dan Internasional

Wajib Tahu, Ini Bedanya Sekolah Nasional, Nasional Plus dan Internasional

Setyo Kinanthi Setyo Kinanthi 
Wajib Tahu, Ini Bedanya Sekolah Nasional, Nasional Plus dan Internasionalwatermark

TUNAIKU.COM – Dunia pendidikan sampai kapan pun akan terus berkembang dan dinamis sesuai perkembangan zaman. Tidak heran, banyak sekali program pendidikan baik yang dicanangkan oleh pemerintah ataupun swasta.Semuanya berupaya untuk meningkatkan kualitas pelajar serta menjadikan pendidikan lebih baik.

Dalam praktiknya, ada 3 jenis sekolah berdasarkan perbedaan kurikulumnya yakni, Nasional Plus (NasPlus), Nasional, dan Internasional. Buat kamu yang mungkin butuh informasi seputar pendidikan terkini. Coba mulai kenali berbagai kurikulum dan penerapannya di sekolah-sekolah ini yuk!

 

Artikel terkait: Sedang mempersiapkan anak ke jenjang pendidikan selanjutnya?. Perhatikan hal-hal berikut sebelum memilih!

  1. 7 Hal Penting yang Dipertimbangkan Saat Pilih Preschool untuk Anak
  2. Anak Pilih Kuliah di Luar Kota?6 Hal Ini Wajib Dipersiapkan dengan Baik
  3. Ingin Kuliah Kedokteran di Singapura? Ini Perkiraan Biayanya!

 

1. Sekolah Berstandar Nasional

Dilihat dari pengembangan kurikulumnya, sekolah ini menerapkan kurikulum yang menjadikan passing grade sebagai tolok ukur kemampuan calon siswa yang akan masuk. Kurikulum ini sangat dominan dipakai diseluruh sekolah di Indonesia lho. Sekolah-sekolah negeri maupun swasta pada umumnya menerapkan kurikulum ini, yang ditetapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Tingkat kelulusannya sendiri diukur dari hasil Ujian Nasional (UN).

 

2. Sekolah Berstandar Nasional Plus (NasPlus)

Istilah sekolah ini mungkin kurang familiar di telinga kamu. Ya, sebetulnya sekolah berstandar NasPlus ini cuma sebutan informal saja. Konon katanya penerapan kurikulum nggak jauh beda dengan sekolah berstandar nasional. Mereka menggunakan kurikulum standar nasional, namun mengadopsi kurikulum yang diakui internasional. Sebagian orang menyebutnya dengan istilah Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI). Contohnya kurikulum International Baccalaureate (IB) dan Cambridge International Examinations (CIE). Dalam kegiatan belajar mengajar sehari-hari, pengantar yang digunakan sudah menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa inggris lho. Untuk kelulusan, masih berpatok pada hasil UN sama seperti yang berstandar nasional.

 

3. Sekolah Internasional

Cambridge Examinations, International Baccalaureate (IB), atau Global Assessment Certificate (GAC), merupakan beberapa standar kurikulum yang dipakai oleh sekolah-sekolah internasional. Pengantar yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar seluruhnya menggunakan bahasa inggris, karena sebagian besar gurunya adalah native speaker. Anak belajar bahasa inggris lebih seru karena ngobrol langsung dengan yang berpengalaman. Dibandingkan dengan sekolah nasional dan NasPlus, mata pelajaran di sekolah internasional tidak banyak. Mereka hanya berfokus pada math, physics, chemistry, english, mandarin, dan beberapa pelajaran pilihan lho. Otomatis jam belajar lebih lama dan mendalam.

 

Masing-masing kurikulum tentu akan mencetak karakter lulusan yang berbeda. Idealnya, pilih sekolah dengan standar kurikulum yang sesuai dengan kondisi si anak. Bisa dari segi kemampuan, minat, atau tujuan masa depan anak itu sendiri. Soal pendidikan, harus lebih jeli dalam mempersiapkan ya!

 

Artikel terkait: Yuk, jaga terus kekompakkan bersama keluarga dengan tips dan trik dibawah ini!

  1. Ini 5 Tips Agar Selalu Kompak Dengan Saudara Kandung Sendiri
  2. 5 Cara Atasi Perbedaaan Pendapat Jika Kakek dan Nenek Ikut Mengasuh Anak
  3. Kerennya Gigi Hadid dan Bella yang Selalu Terlihat Kompak, Ini Lho Rahasianya

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku.

Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!

KTA


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett