Beranda > Karier Sukses > 7 Hal Penting yang Dipertimbangkan Saat Pilih Preschool untuk Anak

7 Hal Penting yang Dipertimbangkan Saat Pilih Preschool untuk Anak

Setyo Kinanthi Setyo Kinanthi 
7 Hal Penting yang Dipertimbangkan Saat Pilih Preschool untuk Anakwatermark

TUNAIKU.COM – Preschool kini telah jadi prioritas pilihan bagi orang tua yang ingin memberikan anaknya rangsangan pengetahuna, emosional dan interaksi sosial sejak dini. Anak tumbuh dan berkembang tidak hanya dari pendidikan keluarga, tetapi juga lingkungan sosial. Sehingga kehadiran preschool dapat membantu anak sebelum memasuki pendidikan formal.

 

Dari salah satu penelitian yang dilakukan menyebutkan bahwa pendidikan preschool perlu karena akan berpengaruh pada proses perkembangan anak.Memang untuk bisa mendaftarkan anak ke preschool harus mempersiapkan dana yang tidak sedikit.

 

Namun, selain biaya, ada beberapa hal lain yang juga tidak kalah penting untuk dipertimbangkan.Simak hal-hal yang perlu kamu perhatikan dalam memilih preschool terbaik untuk anak :

 

Artikel terkait: Terkendala biaya untuk menempuh pendidikan?. Simak tips dan opsi beasiswa yang recomended buatmu!

  1. Beasiswa Luar Negeri Terkenal Khusus untuk Pelajar Indonesia
  2. 6 Tips Kejar Beasiswa Chevening Dengan Cara Mudah Berikut ini
  3. Yuk, Coba 5 Pilihan Beasiswa Kuliah ke Belanda Berikut!

1.Kualitas tenaga pendidik

Sikap dan pemikiran seoarang anak masih sangat labil dan butuh pengarahan yang baik. Tentunya,guru yang akan menjadi pendidik harus berkompeten. Sebelum memilih preschool, kamu perlu melakukan survei tentang kualitas guru di beberapa sekolah.

 

2. Jumlah tenaga pendidik

Idealnya, jumlah guru sebanding dengan jumlah muridnya. Setidaknya dalam satu kelas ada dua guru pengampu. Sekolah dengan jumlah tenaga pendidik yang minim, tentu membuat proses penyaluran pendidikan ke anak menjadi nggak merata.

 

3. Sarana dan fasilitas

Kenyamanan sarana dan fasilitas sangat menunjang perkemabangan anak. Kebersihan dan keamanan merupakan poin penting dari memadainya sebuah sarana dan fasilitas di sekolah. Anak akan merasa bersemangat jika sarana dan fasiliitas tersebut membuatnya betah.

 

4. Lokasi strategis

Pilihlah sekolah dengan lokasi yang strategis, dalam arti tidak terlalu jauh dari rumah. Jarak rumah ke sekolah maksimal 15-20 menit. Hal ini untuk menghindari resiko keterlamta dan anak yang gampang capek. Selain itu, lokasi yang strategis dapat mnghemat waktu dan biaya bagi kamu.

 

5. Kurikulum

Preschool biasanya punya kurikulam yang berbeda-beda. Ada yang menggunakan kurikulum pendidikan nasional, ada pula yang mengikuti kurikulum pendidikan internasional. Tak jarang juga yang menambahkan unsur-unsur keagamaaan dalam pembelajaran. Pilih preschool sesuai dengan kebutuhan pendidikan anakmu.

 

6. Program dan metode

Kamu perlu memperhatikan gambaran program dan beban pelajaran yang diberikan di setiap sekolah. Program dan metode yang ditawarkan harus sesuai dengan karakter pribadi anak. Secara umum, pilih lah sekolah yang memberikan pendidikan berorientasi pada proses, bukan hasil akhir. Buat anak bangga dengan kemampuannya.

 

7. Waktu belajar

Terkadang anak masih punya keinginan yang nggak bisa dibantah kalau dia lagi nurutin moodnya. Apalagi soal waktu belajar, kadang ingin mulai di pagi hari atau siang hari. Pahami dulu keinginan anakmu dalam sehari-harinya seperti apa. Kalau biasanya suka belajar pagi, pilihlah jadwal belajar di pagi hari. Begitu juga sebaliknya.

 

Memilih sekolah untuk anak memang butuh kesabaran dan ketelatenan. Pendidikan usia dini dapat dikatakan sebagai pintu gerbang anak mengenal dunia pendidikan dan lingkungan sosial. Semoga anak-anak mu betah dengan preschool yang dipilih ya!

 

Artikel terkait: Habiskan waktu luangmu dengan kegiatan-kegiatan menyenangkan bersama anak!

  1. Yuk, Lakukan 6 Kegiatan Seru Ini Bersama Si Kecil di Akhir Pekan!
  2. 5 Referensi Taman Bermain Anak yang Fun dan Seru di Jakarta
  3. 5 Ide Kado Menarik Untuk Anak yang Menginjak Usia 1 Tahun

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

KTA< tunaiku, pinjmanan tunai, pinjaman online, pinjaman tanpa agunan, pinjaman mudah, amar bank indonesia

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett